5 Tips Jitu Merawat Bayi Agar Tak Mudah Tertular Infeksi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Infeksi bisa berbahaya bagi anak-anak, terutama untuk bayi kecil atau anak yang tergolong rentan kesehatannya. Anak-anak dapat dengan mudah tertular infeksi di sekolah atau melalui saudara maupun pengasuh mereka.

Jadi, bagaimana menjaga anak-anak tetap sehat dan bebas infeksi?

1. Jaga kebersihan pribadi

Kebersihan yang baik adalah hal penting bagi anak-anak untuk tetap sehat dan bebas infeksi. Kebersihan tangan adalah bagian penting dari kontrol infeksi, jadi ajarkan pada anak Anda untuk mencuci tangan secara teratur.

Mikroba dapat hidup di setiap permukaan dari beberapa menit hingga beberapa bulan—pada saklar lampu, keyboard computer, tombol lift. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dan anak dengan air dan sabun selama setidaknya 20 detik setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, setelah bersin atau batuk. Jika tidak tersedia air dan sabun, gel pembersih tangan yang berbasis alkohol boleh digunakan.

Memotong kuku anak secara teratur juga penting untuk mencegah akumulasi kotoran dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme di bawah kuku. Jika Anda memiliki pengasuh, penting untuk memberi tahu mereka untuk mencuci tangan sebelum melakukan kontak dengan anak kecil

2. Dapatkan semua vaksin di waktu yang tepat

Mengikuti jadwal vaksinasi adalah satu cara terpenting untuk melindungi anak Anda dari penyakit orang lain. Setiap dosis vaksin penting karena semua melindungi terhadap penyakit menular yang merupakan ancaman di saat ini.

3. Ajari anak untuk tidak menyentuh mata, hidung, mulut

Kebiasaan buruk yang umum ini dapat menyebabkan penyebaran sejumlah infeksi. Banyak mikroorganisme penyebab sakit yang memilih ilngkungan hangat dan lembab di dalam hidung dan permukaan yang dilapisi lendir lainnya seperti mulut dan mata.

4. Jangan biarkan anak berbagi sikat gigi

Berbagi barang pribadi dapat menjadi sumber infeksi. Orangtua harus sering mengingatkan anak mengenai jenis barang yang tidak boleh digunakan bersama orang lain seperti: sikat gigi, handuk, alat cukur, sapu tangan, dan gunting kuku.

5. Jangan sembarangan pegang binatang

Infeksi dapat menular dari hewan ke orang. Berbagai jenis hewan liar dapat membawa penyakit seperti rabies atau kutu, flu burung. Pastikan bahwa hewan peliharaan Anda mendapatkan check-up rutin dan vaksinasinya up-to-date. Rutin bersihkan kotak kotoran hewan dan jauhkan anak kecil dari feses hewan.

Bersihkan rumah secara teratur dan jaga semak dan belukar di sekitar rumah tetap terpangkas dengan baik untuk mencegah tikus dan hewan pengerat lainnya. Selalu pastikan anak-anak  untuk mencuci tangan mereka setelah bersentuhan dengan hewan.

6. Ajarkan anak untuk tutup mulut ketika batuk atau bersin

Untuk kebanyakan infeksi, mikroba penyebab penyakit telah mulai tumbuh dan menggandakan diri jauh sebelum gejala apapun mulai tampak. Batuk atau bersin dapat menyebarkan kuman tersebut melalui tetesan mikroskopik di udara. Ajari anak untuk batuk atau bersin ke tisu atau ke lengan dalam baju, daripada menggunakan tangan mereka, yang dapat menyebarkan kuman dengan cepat. Cuci tangan setelah batuk dan bersin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Menjelaskan Rasisme kepada Anak Sejak Dini

Rasisme bukanlah topik yang sederhana. Namun, penting bagi orangtua untuk menjelaskan rasisme kepada anak sejak dini untuk mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Parenting, Tips Parenting 12/06/2020 . 5 mins read

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 mins read

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 mins read

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 mins read
akibat anak terlalu sering dibentak

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 mins read
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16/06/2020 . 5 mins read