Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 13 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 13 minggu?

Berikut beberapa perkembangan bayi 13 minggu yang harus Anda ketahui:

  • Mengenali wajah dan suara orang-orang yang sering berinteraksi dengannya.
  • Mengenali aroma di sekitarnya, termasuk aroma tubuh Anda.
  • Tersenyum kepada orang asing, terutama saat orang lain melihat langsung ke matanya, bermain atau berbicara dengannya.
  • Mulai bisa melakukan kontak mata dengan Anda. Ketika Anda tidak ada, bayi akan berusaha mencari.
  • Menaikkan kepalanya 45 derajat saat telungkup.

Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 13 minggu?

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering berbicara dengan orangtua akan memiliki IQ tinggi dan memiliki kosakata yang lebih banyak  saat mereka beranjak dewasa daripada anak-anak yang tidak sering diajak berbicara.

Jadi, penting untuk berinteraksi dengan bayi Anda. Ajaklah bicara bayi Anda kapanpun dan di mana pun. Bayi mungkin tidak bisa menjawab pertanyaan Anda secara langsung, tapi dia mampu menangkap dan mengingat semua informasi yang Anda berikan padanya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 13 minggu?

Kebanyakan dokter tidak akan membuat janji pertemuan dan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi bayi usia 13 minggu. Namun, Anda bisa selalu menghubungi dokter jika ingin bertanya tentang kekhawatiran perkembangan bayi Anda.

Apa yang harus saya ketahui saat menghadapi perkembangan bayi 13 minggu?

Ruam karena popok

Ruam popok biasanya diakibatkan popok basah atau popok menggesek kulit. Urin, keringat, serta kotoran pada popok bayi jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kulit bayi iritasi, meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur, serta terkadang infeksi kulit (dermatitis).

Menjaga bayi di lingkungan yang bersih dan kering adalah cara terbaik untuk mengobati ruam karena popok. Sering-seringlah mengganti popok bayi dan jangan biarkan bayi Anda menggunakan popok kotor atau lembap dalam waktu yang lama. Anda bisa menggunakan salep untuk meringankan iritasi dan infeksi yang dialami bayi.

Daripada menggunakan tisu toilet, cobalah menggunakan semprotan air hangat untuk membersihkan area popok bayi tanpa menggosoknya. Bila kotoran pada pantat bayi sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan kain atau kapas yang lembut untuk membersihkannya.

Anda juga bisa menggunakan sabun lembut supaya lebih harum. Sesekali, Anda tidak perlu memakaikan popok ketika bayi di dalam boks atau bermain di halaman. Anda bisa menaruh bayi di atas matras tahan air.

Jika bayi mengalami ruam serius karena jamur, segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Sindrom kematian mendadak pada bayi (Sudden death syndrome in infants/SIDS)

Bayi sangat rentan mengalami sindrom kematian mendadak. Namun jika Anda terus mengawasi mereka, maka risiko bayi mengalami sindrom ini akan lebih rendah.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan pada perkembangan bayi 13 minggu?

Buat jadwal yang teratur

Banyak bayi sama sekali tidak memiliki jadwal teratur, sekalipun sudah berumur lebih dari 3 bulan. Tidak ada waktu pasti kapan bayi makan atau tidur. Padahal, penting membuat jadwal yang teratur untuk si kecil.

Dalam situasi seperti ini, Anda harus memutuskan apakah Anda akan mengambil inisiatif untuk mengatur sendiri jadwal bayi atau menuruti keinginan bayi Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca