Catat Baik-baik! Begini Cara Pilih dan Memakaikan Popok yang Aman Bagi Kulit Bayi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Maret 28, 2018
Bagikan sekarang

Popok merupakan salah satu kebutuhan dasar bayi. Popok sekali pakai seringkali menjadi pilihan favorit banyak orangtua dibanding popok kain atas alasan kepraktisan. Tapi jangan salah dalam memilih dan memakaikan popok bayi. Cara memakaikan popok bisa membuat si kecil tidak nyaman bergerak hingga bahkan menyebabkan ruam popok. Simak tips dan triknya di bawah ini.

Tips memilih popok bayi yang baik bagi kulitnya

Sebelum memilih popok, kenali dulu beberapa jenis popok yang ada. Terdapat dua jenis popok yang bisa Anda pilih untuk dipakaikan ke bayi, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Jenis popok yang Anda pilih tentu memengaruhi pemakaian popok kepada bayi.

Nah, berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih popok bayi.

1. Pilih popok sesuai ukuran bayi Anda

Jika Anda memilih popok kain, jangan terlalu kencang atau ketat memakaikan popok pada bayi. Sedangkan, jika Anda memilih popok sekali pakai, pilihlah popok yang sesuai dengan ukuran bayi Anda. Popok yang terlalu ketat tentu membuat bayi menjadi kurang nyaman. Selain itu, juga dapat membuat pantat bayi menjadi lebih lembab. Hal ini tidak baik.

Jika Anda menemukan bekas karet popok pada kulit bayi Anda di sekitar paha dan pinggang, artinya ukuran popok bayi kekecilan. Anda harus menggantinya dengan ukuran yang lebih besar sesuai ukuran bayi Anda.

2. Pilih popok yang aman bagi kulit bayi

Jika kulit bayi di sekitar paha dan pinggang menjadi kemerahan atau muncul ruam setelah pakai popok, artinya kulit bayi mungkin sensitif terhadap popok tersebut. Beberapa bayi mungkin lebih sensitif terhadap merek popok tertentu. Sebaiknya, pilih popok sekali pakai yang tidak mengandung pewangi.

Sementara, jika Anda memilih popok kain, sebaiknya Anda juga tidak mencuci popok tersebut dengan detergen yang mengandung pewangi. Umumnya, pewangi dapat menyebabkan ruam pada kulit bayi, terutama pada kulit bayi yang sensitif.

Agar tidak salah saat memakaikan popok bayi

Setelah memilih popok bayi, jangan asal memakaikannya ke bayi. Ada juga hal-hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Jangan langsung memakaikan popok bayi

Sebelum memakaikan popok, sebaiknya cuci tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air. Bersihkan pantat bayi dari bagian depan ke belakang dan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Selanjutnya, Anda bisa memakaikan popok ke bayi. Setelah itu, cuci tangan lagi agar kuman yang menempel di tangan Anda tidak menyebar.

Ingat, jangan pernah membersihkan pantat bayi dari belakang ke depan, terutama pada anak perempuan. Ini dapat membuat kuman-kuman yang ada di anus bayi berpindah ke saluran kemih, sehingga bisa menyebabkan infeksi saluran kencing.

2. Perhatikan posisi penis bayi

Jika memakaikan popok untuk bayi laki-laki, Anda harus meletakkan penis ke bawah sebelum memakaikan popok. Tujuannya adalah agar jika bayi pipis, kebocoran air pipisnya tidak sampai di atas lingkar pinggang.

3. Memakaikan bedak sebelum pakai popok, apa boleh?

Kebiasaan ini mungkin sudah dilakukan turun-temurun dengan maksud agar kulit bayi tidak gatal karena pemakaian popok terus-menerus. Tapi ternyata kebiasaan ini salah. Memakaikan bedak bayi sebelum memakaikan popok justru dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit bayi, seperti dilansir dari Baby Center. Kulit bayi bisa menjadi kemerahan dan gatal.

Iritasi ini bisa terjadi karena bedak cenderung akan akan menggumpal, terutama jika pantat bayi masih basah atau lembap karena pemakaian popok. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian bedak pada pantat bayi. Anda bisa mengganti bedak dengan lotion, krim, atau minyak untuk menjaga agar kulit bayi tidak kering atau untuk meredakan gatal pada kulit bayi.

4. Jangan membuang popok kotor sembarangan

Setelah mengganti popok kotor bayi dengan yang bersih, jangan langsung membuang popok kotor. Sebaiknya bungkus popok kotor tersebut dalam plastik sebelum membuangnya, hal ini bertujuan agar kuman-kuman yang ada di popok tidak menyebar luas. Selain itu, sebaiknya Anda juga rutin membuang sampah rumah Anda yang penuh dengan popok bayi setiap minggu atau setiap hari jika memungkinkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Penjelasan Mengapa Kulit Bayi Lebih Lembut Daripada Orang Dewasa

Banyak orang dewasa yang ingin kulit mereka lembut seperti bayi. Namun, mengapa kulit bayi lebih lembut daripada orang dewasa? Temukan jawabannya di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Kulit Bayi, Parenting Maret 9, 2020

Perlukah Anak Pakai Skin Care? Seperti Apa Produknya?

Skin care sangat dibutuhkan jika ingin memiliki wajah yang sehat dan bersih. Lantas apakah penggunaan skin care disarankan pada anak?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Kesehatan Anak, Parenting Maret 2, 2020

5 Obat Salep yang Ampuh Menyembuhkan Ruam Popok Bayi

Ruam popok umum membuat bayi rewel karena kesakitan. Eits, tenang dulu. Beberapa obat berupa salep ini ternyata ampuh untuk mengobati ruam popok bayi!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Kulit Bayi, Parenting Februari 29, 2020

4 Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Kulit Bayi, Parenting Februari 28, 2020

Direkomendasikan untuk Anda

Cara Memilih Sabun untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Cara Memilih Sabun untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Mei 1, 2020
Bu, Ini Cara yang Benar untuk Mencuci Popok Kain

Bu, Ini Cara yang Benar untuk Mencuci Popok Kain

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal tayang April 1, 2020
Bagaimana Cara Agar Kulit Bayi Putih?

Bagaimana Cara Agar Kulit Bayi Putih?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal tayang Maret 24, 2020
4 Penyakit yang Menimbulkan Bentol Berair pada Kulit Bayi

4 Penyakit yang Menimbulkan Bentol Berair pada Kulit Bayi

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Maret 14, 2020