5 Langkah Antirepot Mengganti Popok Bayi Laki-laki

    5 Langkah Antirepot Mengganti Popok Bayi Laki-laki

    Mengganti popok bayi kelihatannya sepele. Namun kalau sebelumnya tidak pernah latihan, apalagi jika Anda baru jadi orangtua, pekerjaan ini bisa membuat Anda kewalahan. Yuk, simak baik-baik caranya ganti popok bayi di bawah ini.

    Langkah demi langkah ganti popok bayi laki-laki

    1. Siapkan peralatan

    Siapkan 1 buah popok ganti, lap lembap atau tisu basah, handuk kering, body lotion bayi, dan lainnya. Pastikan semua peralatan ini sudah siap sedia dekat jangkauan Anda. Untuk bayi baru lahir atau yang mengalami ruam popok, sebaiknya gunakan bola kapas yang dicelup air hangat.

    Pastikan juga meja tempat Anda ganti popok bayi sudah dialasi alas karet atau alas plastik sebelum menidurkan bayi di sana.

    Untuk memudahkan memasang popok baru, sebaiknya lepaskan baju bayi terlebih dahulu. Pakaikan lagi atau ganti dengan yang baru setelah selesai.

    2. Pegang bayi dengan satu tangan

    Saat mulai ganti popok bayi, pastikan Anda sudah siap memegang bayi dengan satu tangan. Tangan ini bertugas untuk mengangkat kaki bayi agar ia tidak banyak bergerak, sementara tangan yang satunya melepas popok lama, membersihkan bokongnya, serta menyelipkan popok yang baru.

    3. Bersihkan bokong bayi

    Angkat bokong bayi dari pergelangan kakinya agar Anda bisa menarik popok kotor, dan segera lipat bagian depan popok agar kotorannya tidak menempel pada kulit bayi. Usapkan lap lembap atau tisu basah bayi mulai dari penis, buah zakar (testis), dan daerah sekitarnya sebelum akhirnya pindah ke pantat.

    Sebelum membersihkan bokongnya, Anda bisa tutup penisnya dengan lap bersih agar ia tidak mengencingi Anda selama sedang diganti popoknya.

    Untuk membersihkan pantat bayi, mulai dari atas ke bawah. Jangan lupa juga untuk menyeka setiap lipatan dan kerutan kulit. Selanjutnya pakaikan lotion dan tepuk-tepuk pantat bayi hingga kering, jangan digosok.

    4. Tarik popok kotor dan pasang yang baru

    Masih dalam posisi bokong bayi terangkat dari pergelangan kakinya, segera tarik popok kotor keluar dengan tangan yang nganggur. Segera selipkan popok bersih ke bawah pantatnya hingga sejajar pinggang bayi.

    Luruskan penis bayi ke arah bawah, kemudian rekatkan popok dengan rapi tapi jangan terlalu ketat. Pastikan Anda dapat memasukan dua jari di antara popok dan pinggang bayi.

    5. Buang popok lama

    Lipat dan rekatkan popok lama Anda kuat-kuat agar isinya tidak tumpah. Masukkan ke dalam kantong plastik khusus sebelum membuangnya ke tempat sampah.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 13/09/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan