Perkembangan Bayi 35 Bulan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 35 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan?

Pada masa perkembangan bayi 35 bulan atau  2 tahun 11 bulan, ada beberapa hal yang umumnya sudah dicapai anak di usia itu. Kemampuan tersebut di antaranya:

  • Menyeimbangkan tubuh dengan satu kaki selama 1-2 detik.
  • Melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya.
  • Melempar bola dengan menggunakan kedua tangan.
  • Menendang bola.
  • Mulai mengerti arti kata sifat meski belum mahir.
  • Mengucapkan satu warna.
  • Membuat menara dari 6-8 buah balok.
  • Menggoyangkan jempol.
  • Berusaha menyikat gigi sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kemampuan motorik kasar

Tahap perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan dari segi kemampuan motorik kasar sudah berkembang cukup cepat dibanding usia sebelumnya, terlihat dari pergerakan si kecil yang semakin aktif.

Dalam grafik perkembangan anak Denver II ditunjukkan bahwa perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan meliputi, mampu melempar bola dengan menggunakan kedua tangannya, melompat lebih jauh dari jarak sebelumnya, menyeimbangan tubuh dengan satu kaki selama 1-3 detik. 

Di perkembangan bayi 35 bulan, Anda harus benar-benar mengawasi pergerakannya karena tenaga anak seakan tidak ada habisnya. Si kecil senang berlari, melompat, sampai memanjat apapun yang ada di depannya. Saat anak bermain, pastikan tempatnya aman dan si kecil tetap bergerak dalam pantauan Anda.

Kemampuan motorik halus

Biarkan si kecil asyik dengan balok kayu untuk mendukung perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan dari aspek kemampuan motorik halus.

Di usia ini, anak sudah mahir menyusun balok menjadi menara setinggi 6-8 balok, membuat garis lurus dari mainannya, dan menggoyangkan jempolnya. Terlihat sepele, tapi ini sangat penting dalam perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan.

Kemampuan sosial dan emosional

Jangan masukkan ke hati jika anak Anda mulai merasa lebih nyaman dengan orangtua temannya dibandingkan dengan Anda. Demikian juga, jika ia memutuskan hanya mau dibacakan dongeng sebelum oleh ayah, bukan ibu. Ini adalah salah satu tahap perkembangan bayi 35 bulan atau  2 tahun 11 bulan yang umum dihadapi oleh anak.

Apa alasannya? Sederhananya, anak merasa bosan. Bila Anda rutin menemani si kecil selama seharian, si kecil memiliki rasa bosan karena yang dilihat sehari-hari hanya Anda.

Ketika ada orang lain atau ayahnya pulang, ia akan memilih bermain bersamanya karena satu harian sudah tidak bertemu. Begitu juga sebaliknya. 

Selain sudah bisa merasa bosan, di perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan dari segi kemampuan sosial dan emosional, kemandirian anak semakin terlihat dalam melakukan aktivitas. Si kecil sudah mampu memakai pakaian sendiri, berusaha menyikat gigi sendiri tanpa bantuan orang lain, mencuci tangan dan mengeringkan tangan sendiri.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Seperti apa perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan bila dilihat dari kemampuan bahasa? Grafik perkembangan anak Denver II menggambarkan, perkembangan bahasa pada bayi sudah mencapai beberapa tahap.

Si kecil saat ini sudah mampu mengombinasikan 2-4 kata menjadi satu kalimat, meski belum begitu jelas. Ucapan si kecil mulai jelas dan mudah dipahami, mampu mengucapkan satu jenis warna dan enam bagian tubuhnya.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan?

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, antara lain:

Latih kemandirian anak dengan membiarkannya bermain sendiri 

Jika pada masa perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, Anda merasa bosan bermain peran, membangun menara balok, atau memainkan permainan lain bersama anak, jangan merasa tidak enak untuk mendorong  anak bermain sendiri sesekali. Hal ini membangun kemandirian. 

Cari alternatif lain yang dapat Anda berdua lakukan tanpa menghilangkan kesenangan Anda, seperti memasak, atau berjalan-jalan. Anda juga bisa membiarkan anak Anda meniru aktivitas Anda saat bekerja, misalnya, pada membuat sendiri atau bermain masak-masakan. Ini bisa membantu perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan.

Hargai anak ketika berkata jujur

Dalam perkembangan bayi 35 bulan, apakah anak Anda menyoret dinding, lantai, dan peralatan rumah lainnya? Bila si kecil sudah jujur bahwa itu ulahnya, hindari untuk memarahinya karena ini bisa membuat anak kapok untuk berkata jujur di kemudian hari.

Daripada memarahinya, Anda bisa memintanya untuk membersihkan cat atau krayon yang ia coret. Selain itu, Anda juga menunjukkan pada si kecil bahwa tempat untuk menggambar adalah kertas atau buku yang sudah disediakan.

Untuk mencairkan suasana, Anda bisa bercanda bersama ketika sedang membersihkan bekas coretan anak di dinding atau lantai. Ini untuk membantu perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan..

Bermain sepeda untuk melatih motorik anak

Di perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, kebanyakan anak sudah ahli naik sepeda beroda tiga antara usia 2 dan 3 tahun. Kegiatan ini membutuhkan tenaga otot yang besar dan koordinasi untuk mengaturnya.

Melansir dari Baby Center, Anda bisa mengawali dengan model sepeda yang rendah dan terbuat dari bahan plastik yang dapat membuat anak Anda merasa lebih aman dan kakinya dapat tergantung. 

Lalu Anda bisa menggantinya ke sepeda anak yang lebih tinggi. Untuk sepeda roda dua, anak akan membutuhkan keseimbangan dan koordinasi untuk sepeda roda dua. Sebagian anak bisa melakukan latihan sepeda beroda 2 sebelumnya, namun biasanya di usia 4 tahun. 

Untuk membantu anak belajar sepeda roda dua pada perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, Anda bisa menggunakan dua roda tambahan yang akan membantu menyeimbangkan sepeda saat digunakan.

Kesehatan Anak Usia 35 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan?

Di perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, memang sulit untuk menjauhkan bakteri dari anak Anda jika ia bermain dan selalu ingin tahu. Kemungkinan hal ini menyebabkan anak sakit perut, batuk, ruam, muntah, dan bahkan demam.

Anda mungkin sangat mengenali gejala ini, namun hanya dokter yang dapat menentukan penyakit sebenarnya dari gejala tersebut. Maka, segera berkonsultasi ke dokter agar perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan tidak terganggu.

Apa yang harus diketahui di perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan?

Dalam perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, Anda harus memastikan anak Anda telah menerima semua dosis vaksin yang dianjurkan.

Apakah saat ini sedang musim flu? Biasanya musim flu mulai dari Oktober hingga Mei. Waktu ini sangat tergantung dari iklim. Dokter mungkin menganjurkan ia untuk divaksin flu.

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui agar perkembangan bayi 35 bulan tidak terganggu akibat flu:

  • Flu dapat lebih serius dari pilek biasa.
  • The Centers of Disease Control (CDC) merekomendasikan anak untuk menerima vaksin setiap tahun, dimulai dari usia 6 bulan.
  • Direkomendasikan untuk Anda dan siapapun yang mengasuh anak Anda sehari-hari untuk juga ikut divaksin.
  • Normal jika anak mengalami demam ringan setelah vaksin. Jika gejala memburuk, beritahukan dokter segera.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan tentang perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan?

Setidaknya ada dua hal yang harus Anda perhatikan pada masa perkembangan bayi 35 bulan, yaitu:

Cari cara untuk membuat anak nyenyak tidur

Pada perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan, anak Anda akan mengalami transisi dari satu fase tidur ke yang lain, ia akan lebih sering terbangun saat sedang tidur.

Ini alasan pentingnya ia belajar untuk menenangkan dirinya sendiri untuk kembali tidur. Anda dapat mencoba beberapa teknik baru untuk membantunya tidur nyenyak dan membantu perkembangan bayi 35 bulan, seperti:

  • Memindahkannya ke tempat tidur yang lebih besar dan memujinya saat ia melakukannya.
  • Mengantisipasi semua permintaannya dan libatkan ia dalam rutinitas sebelum tidur.
  • Berikan kecupan selamat malam.

Pertimbangan dengan matang sebelum memutuskan memiliki anak lagi

Di perkembangan bayi 35 bulan atau 2 tahun 11 bulan melihat si kecil yang semakin mandiri, pernahkah Anda terpikir untuk memberinya adik? Melansir dari Theplab, banyak orang tua dan ahli kesehatan percaya, jeda waktu terbaik untuk memiliki anak lagi adalah 2-3 tahun.

Di usia ini, anak Anda juga sudah mengerti kehadiran bayi baru di dunia ini. Anda bisa memikirkan hal ini dengan pasangan. Namun, penting untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskannya.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 36 bulan?

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Januari 29, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca