Perkembangan Bayi 33 Bulan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Bayi Usia 33 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan?

Perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan sudah semakin baik dan mampu melakukan banyak hal. Umumnya, perkembangan si kecil sudah memiliki kemampuan:

  • Mahir melempar bola.
  • Melompat dengan jarak lebih jauh dari sebelumnya.
  • Menyeimbangkan tubuh dengan mengangkat kaki selama 1 detik.
  • Ucapan mulai cukup jelas dan mudah dimengerti.
  • Menunjuk dan mengucapkan gambar.
  • Mengetahui kegiatan yang sedang ia lakukan.
  • Membuat menara memakai 8 balok.
  • Menggoyangkan jempol.
  • Mengombinasikan dua kata menjadi satu kalimat.

Kemampuan motorik kasar

Anak Anda senang melempar bola dan menangkapnya kembali? Itu adalah salah satu tahap perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan dari aspek motorik kasar. Di fase ini, anak semakin aktif menggerakkan tubuhnya dan mampu melakukan beberapa aktivitas. 

Berdasarkan grafik Denver II, perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan yang lain yaitu  melempar bola dan melompat. Kemampuan yang masih berusaha si kecil asah pada usia ini adalah menyeimbangkan tubuh dengan satu kaki selama 1-2 detik dan melompat dengan jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.

Kemampuan motorik halus

Dalam tahap perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan dari aspek kemampuan motorik halus, antara lain kemampuan si kecil membuka buku yang lembarannya lebih tipis. Saat ini, si kecil udah semakin mahir menyusun balok menjadi menara 6-8 tingkat.

Kemampuan berhitung dapat dimulai saat anak Anda menghitung langkahnya. Di perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan, anak dapat diperkenalkan dengan angka 1, meskipun belum paham artinya.

Di usia 2 tahun, anak dapat berhitung hingga 2, dan di usia 3 tahun, ia dapat berhitung hingga 3. Sebagian anak dapat berhitung hingga 10, walaupun mungkin sebenarnya ia belum mengerti dan mengenal jumlah yang ia sebut.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Jangan heran kalau si kecil semakin cerewet dan banyak bicara. Bila dilihat dari grafik perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan)dari aspek kemampuan bahasa, sudah lancar mengenal dan mengucapkan 6 bagian tubuh.

Selain itu, ucapan si kecil semakin jelas dan mudah dimengerti, bahkan sudah bisa mengucapkan 4 gambar yang ia tunjuk. 

Perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan  berjalan sangat cepat. Pada umumnya, anak sudah bisa merangkai 2 kata menjadi satu kalimat. Meski begitu, ada beberapa anak yang sudah mampu merangkai 3-4 kata sekaligus. Meski ini masih belum lancar dan katanya belum tersusun dengan baik.

Kemampuan sosial dan emosional

Imajinasi anak sedang berkembang sangat pesat di tahap perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan. Imajinasi anak dapat dilakukan dengan memakai barang sederhana yang ada di sekitar, misalnya menjadi naga saat di balik selimut, monster, hantu, atau mahluk misterius lainnya.

Melansir Babycenter, ini yang membuat anak merasakan takut ketika berada di kegelapan karena sudah bisa membayangkan mahluk misterius yang ada di dalam kepalanya. Tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut termasuk dalam perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan.

Selain itu, kemampuan sosial dan emosional anak sudah sampai tahap sering melakukan banyak hal sendiri. Si kecil sudah mampu menyikat gigi sendiri meski masih diarahkan oleh orang lain, memakai dan melepas baju, bahkan mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.

Anda akan cukup terkejut dengan perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan menunjukkan kemandirian anak.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan?

Dalam perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan, anak sudah mulai mengerti rasa takut dan tidak aman pada lingkungannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan si kecil yang sedang ketakutan, yaitu:

Tidak menyepelekan rasa takut anak

Hindari meledek atau menertawakan rasa takut anak karena itu membuat dia merasa tidak dipercaya dan dihargai oleh orang lain. 

Tidak gunakan logika saat menjelaskan tentang rasa takut

Bila dilihat dari penjelasan logis, tidak mungkin monster dapat hidup di lemari. Namun, penjelasan itu akan meyakinkan si kecil pada masa perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan.

Posisikan diri Anda dari sudut pandang si kecil, mungkin ada bayangan aneh yang terlihat seperti jaring laba-laba, yang membuatnya takut.

Nyalakan lampu

Dalam perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan, anak mulai takut dengan ruang yang minim cahaya atau gelap. Ketika ia merasa ketakutan, nyalakan lampu yang ada di sekitar si kecil. Cahaya lampu akan membuat anak lebih tenang dan bisa melihat keadaan sekitar.  

Berikan kasih sayang lebih

Rasa takut sering terjadi karena anak merasa cemas dengan keadaan. Ia mungkin hanya membutuhkan pelukan dan perhatian dari Anda.

Buat waktu khusus untuk si kecil yang Anda hanya fokus padanya, misalnya tidur siang, makan, atau bermain imajinasi bersama.

Kenalkan anak dengan angka

Bila Anda ingin memperkenalkan matematika sejak dini untuk mendukung perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan, bukan dengan mengajarikan berhitung. Cukup dengan sisipkan angka di dalam permainannya, misalnya hitunglah langkah saat berjalan atau hitung balok saat bermain.

Sediakan puzzle dalam berbagai bentuk, seperti lingkaran, kotak, segitiga. Mengenal bentuk ini adalah jenis lain dari fase belajar membaca yang mampu meningkatkan perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan.

Membuat jam tidur yang baik

Untuk mendukung perkembangan bayi 33 bulan menjadi lebih baik, Anda perlu membuat jam tidur yang baik. Biasanya, anak di usia ini butuh tidur 11-12 jam di malam hari dan 1-3 jam di siang hari. Bila ditotal, kebutuhan tidur anak setiap harinya adalah 13-14 jam.

Anda bisa membuat jadwal tidur yang disesuaikan dengan waktu bermain anak. Tidur siang setelah makan siang dan di malam hari tidur sebelum jam 8 malam.

Kesehatan Anak Usia 33 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan?

Anak mengompol merupakan salah satu kondisi yang sering dialami anak pada masa ini. Tidak jelas alasan mengapa anak mengompol setiap saat tidur, tapi ini sering terjadi khususnya pada anak laki-laki dan anak yang sedang dalam proses toilet training.

Meski ini wajar terjadi pada perkembangan bayi 33 bulan, tapi mengompol dapat mengganggu tidur nyenyak anak.

Teori menyebutkan beberapa penyebabnya adalah akibat tidur amat nyenyak, kandung kemih yang kecil, dan perkembangan sistem saraf pusat yang lambat. Mengompol dapat juga disebabkan faktor genetik. Konsultasikan ke dokter untuk agar menemukan solusi dari kebiasaan mengompol si kecil.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan?

Dalam perjalanan perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan, mungkin Anda merasa anak Anda terlambat bicara atau tiba-tiba perkembangannya terlihat mengalami kemunduran. Jika hal ini terjadi, segera beritahukan pada dokter.

Skrining pendengaran dan penilaian gangguan bicara-bahasa dapat mengetahui apakah ada gangguan lain seperti tuli dan dapat dilakukan intervensi dini untuk membantu perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan?

Dalam perkembangan bayi 33 bulan atau 2 tahun 9 bulan ini, si kecil mungkin mengalami demam ringan Bisa jadi ini karena tumbuhnya gigi susu terakhir, gigi geraham, yang biasanya hadir antara masa perkembangan bayi 20 bulan hingga 33 bulan.

Gigi geraham cenderung lebih sakit karena gigi ini besar. Hal ini bahkan dapat membuat anak yang tenang saat tidur terbangun menangis di malam hari.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 34 bulan?

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Januari 28, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca