Bulan 35

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 35?

Jangan masukkan ke hati jika ia mulai merasa lebih nyaman dengan orangtua temannya dibandingkan dengan Anda. Atau jika ia memutuskan bahwa ia hanya mau dibacakan dongeng oleh ayah, bukan ibu. Biasanya kebiasaan adalah alasannya: Jika ibu yang merawatnya setiap hari, akan menjadi lebih istimewa jika Ayah yang melakukannya. Orangtua yang baru saja bepergian lama biasanya juga dijauhi. Ini cara anak Anda berkata, “Aku sangat, sangat rindu padamu dan aku tidak menyukainya. Aku takut jika ayah/ibu melakukannya lagi.”

Untuk anak prasekolah, batas antara fantasi dan kenyataan tidak jelas. Ini menjelaskan kecenderungan mereka untuk berbohong. Maksud mereka bukan untuk menipu Anda.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 35?

Jika Anda merasa bosan saat pesta teh bersama anak, membangun menara balok, atau memainkan permainan lain, jangan merasa tidak enak untuk mendorong anak Anda bermain sendiri sesekali. Hal ini membangun kemandirian. Cari alternatif lain yang dapat Anda berdua lakukan tanpa menghilangkan kesenangan Anda, seperti memasak, atau berjalan-jalan. Atau biarkan anak Anda meniru aktivitas Anda saat bekerja, misalnya, pada “meja” nya sendiri atau bermain masak-masakan.

Anak selalu ingin mengatakan hal yang dapat menyenangkan Anda – walau sering kali ia salah. Doronglah ia untuk selalu mengatakan hal yang benar dan menghindari kebohongan, dengan cara tidak memarahinya sat ia berkata jujur. Misalnya, jika ia tidak menyangkal menggambar di tembok, dengan tenang bantu ia membersihkannya dan  menunjukkan bahwa krayon adalah untuk mewarnai buku dan kertas. Lelucon juga dapat menjadi respon yang berguna. Buatlah kisah panjang yang Anda tambahkan sendiri dengan beberapa kebohongan, dan anak Anda mungkin akan menangkap bagian mana yang tidak benar.

Kebanyakan anak sudah ahli naik sepeda beroda tiga antara usia 2 dan 3. Kegiatan ini membutuhkan tenaga otot yang besar dan koordinasi untuk mengaturnya. Awali dengan model rendah dari bahan plastik yang dapat membuat anak Anda merasa lebih aman dan kakinya dapat tergantung. Lalu Anda bisa menggantinya ke sepeda yang lebih tinggi jika Anda mau. Anak Anda tidak membutuhkan keseimbangan dan koordinasi untuk sepeda roda dua (beberapa anak dapat menangani latihan sepeda beroda sebelumnya, namun biasanya di usia 4 tahun).

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 35?

Memang sulit untuk menjauhkan bakteri dari anak Anda jika ia bermain dan selalu ingin tahu. Anak Anda mungkin mudah mengalami sakit perut, batuk, ruam, muntah, dan bahkan demam. Anda mungkin sangat mengenali gejala ini, namun hanya dokter yang dapat menentukan penyakit sebenarnya dari gejala tersebut.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 35?

Anda harus memastikan anak Anda telah menerima semua dosis vaksin yang dianjurkan.

Apakah saat ini sedang musim flu? Biasanya musim flu mulai dari Oktober hingga Mei. Waktu ini sangat tergantung dari iklim. Dokter mungkin menganjurkan ia untuk divaksin flu. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui:

  • Flu dapat lebih serius dari pilek biasa.
  • Vaksin flu biasanya diberikan untuk anak 2 tahun atau lebih namun ada beberapa jenis vaksin flu yang dapat diberikan di usia 6 bulan atau lebih. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.
  • The Centers of Disease Control (CDC) merekomendasikan anak untuk menerima vaksin setiap tahun, dimulai dari usia 6 bulan.
  • Direkomendasikan untuk Anda dan siapapun yang mengasuh anak Anda sehari-hari untuk juga ikut divaksin.
  • Setelah menerima vaksin, adalah normal jika anak mengalami demam ringan. Jika gejala memburuk, beritahukan dokter segera.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 35?

Karena anak Anda akan mengalami transisi dari satu fase tidur ke yang lain, ia akan lebih sering terbangun dari Anda. Ini alasan pentingnya ia belajar untuk menenangkan dirinya sendiri untuk kembali tidur. Anda dapat mencoba beberapa teknik baru untuk membantunya tidur nyenyak seperti:

  • Memindahkannya ke tempat tidur yang lebih besar dan memujinya saat ia melakukannya.
  • Mengantisipasi semua permintaannya dan libatkan ia dalam rutinitas sebelum tidur.
  • Berikan kecupan selamat malam.
Sumber
Yang juga perlu Anda baca