Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak hati ikan kod. Produknya kini sudah banyak di pasaran sehingga mudah ditemukan. Tak jarang, banyak ibu yang memberikan minyak hati ikan kod pada anaknya karena dipercaya dapat mendukung petumbuhan dan perkembangan anak. Sebenarnya, apa saja manfaat dan minyak hati ikan kod dan apakah anak perlu diberi minyak ini? Yuk, lihat penjelasannya berikut ini.

Apa sih manfaat dari minyak hati ikan kod?

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Spesies ikan kod yang terkenal adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. Selama ini, minyak hati ikan kod telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Ya, minyak hati ikan kod dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega-3, seperti asam eikosapentanoik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Berikut ini merupakan manfaat minyak hati ikan kod.

1. Melindungi kesehatan mata anak

Minyak ikan kod kaya akan sumber vitamin A. Dalam satu sendok makan minyak ini terkandung 4080 mikrogram vitamin A, di mana jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A anak dalam segala usia.

Selain dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, jantung, paru-paru, dan ginjal. Vitamin A yang terkandung dalam minyak hati ikan kod ini juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata, seperti glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang bisa merusak saraf optik, sehingga bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan.

Selain vitamin A, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam minyak ini juga dapat membantu menjaga aliran darah ke mata. Hal ini membuat penglihatan normal anak tetap sehat dari waktu ke waktu.

2. Mencegah rakitis

Minyak ikan kod juga mengandung vitamin D yang tinggi. Dalam satu sendok makan mengandung vitamin D sebanyak 1360 IU. Jumlah ini juga lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak setiap hari.

Vitamin D sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak karena dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan rakitis, yang menyebabkan tulang gagal untuk melakukan proses mineralisasi. Hal ini membuat tulang menjadi lunak dan bentuk tulang mengalami kelainan. Nah, minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit ini.

3. Melindungi kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan kod merupakan nutrisi yang baik untuk melindungi kesehatan jantung anak. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak tidak jenuh yang dapat melindungi jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida. Selain untuk kesehatan jantung, asam lemak dalam minyak ikan kod juga dapat mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Minyak ikan kod ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak menjadi tidak mudah sakit. Seperti dikutip dari Livestrong, vitamin A dalam minyak hati ikan kod dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian dalam Journal of American College of Nutrition 2010 juga melaporkan bahwa minyak ikan kod dapat mengurangi risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Apakah anak perlu diberi minyak hati ikan kod?

Melihat banyaknya manfaat yang dimiliki minyak ikan kod, Anda sebagai orangtua mungkin merasa perlu memberikan minyak tersebut pada anak. Namun, pemberian minyak hati ikan kod dalam dosis yang berlebihan juga dikhawatirkan dapat menyebabkan kelebihan asupan vitamin A pada anak. Vitamin A yang larut dalam lemak dapat tersimpan di tubuh dalam jumlah berlebih dan mengakibatkan dampak buruk.

Jadi, jika anak sudah diberi minyak hati ikan kod, sebaiknya anak tidak diberikan suplemen vitamin lainnya, terutama yang mengandung vitamin A.

Selain itu, jika anak dirasa sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya dari berbagai jenis makanan – seperti sayuran dan buah yang kaya vitamin A, susu yang kaya vitamin D, dan ikan berlemak dan kacang-kacangan yang kaya asam lemak omega-3-, anak mungkin tidak perlu lagi mengonsumsi minyak hati ikan kod. Sebelum memberi anak minyak hati ikan kod, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Baca Juga:

Sumber
Arinda Veratamala, S.Gz Gizi Ibu dan Anak
Arinda Veratamala adalah ahli gizi lulusan program studi Ilmu Gizi dari Universitas Indonesia. Bakatnya di bidang penulisan mendorongnya untuk menelurkan buku berjudul "Gizi Anak dan Remaja" bersama dengan kedua dosennya di 2017. Kecintaannya pada dunia gizi, terutama gizi untuk ibu, bayi, anak, sampai remaja, membuatnya ingin terus menghasilkan karya tulisan yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini karena ia sadar bahwa fase ibu dan anak adalah fondasi awal untuk menciptakan generasi yang hebat.
Selengkapnya
Artikel Terbaru