Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Simak 5 Rekomendasi Vitamin D yang Aman untuk Anak

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Simak 5 Rekomendasi Vitamin D yang Aman untuk Anak

Beragam rekomendasi vitamin D untuk anak bisa Anda pilih sebagai tambahan asupan nutrisi penting untuk si kecil. Penuhi asupan harian vitamin D buah hati Anda dengan rekomendasi produk dari kami.

Cara kami memilih rekomendasi vitamin D untuk anak

multivitamin gummy untuk anak

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, kebutuhan vitamin D untuk bayi usia 0-12 bulan adalah 10 mcg (400 IU) per hari, sedangkan untuk anak di atas usia 1 tahun adalah 15 mcg (600 IU) per hari.

Dengan mempertimbangkan hal ini, kami memilih produk dengan kandungan vitamin D yang tidak lebih dari 400 IU di setiap satu takarannya.

Satu takaran ini nantinya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan asupan vitamin D berdasarkan usia anak.

5 rekomendasi vitamin D untuk anak

Bagi ayah dan ibu yang sedang mencari pilihan produk vitamin D untuk anak, berikut telah kami siapkan rekomendasi vitamin D untuk anak yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Imedco Kid D3

Tak hanya menjadi salah satu pilihan vitamin D yang bagus untuk anak-anak, produk vitamin D merek Imedco Kid D3 juga bisa dikonsumsi oleh orang usia dewasa.

Imedco Kid D3 merupakan suplemen vitamin D3 yang termasuk dalam golongan vitamin D yang digunakan untuk suplementasi vitamin D. Setiap 1 ml Imedco Kid D3 mengandung vitamin D3 400 IU.

Vitamin D yang dibentuk di kulit atau yang diresorpsi melalui usus akan dirubah oleh hati menjadi 25-hydroxycholecalcipherol, yang kemudian oleh ginjal akan dirubah menjadi 1,25 dihydroxycholecalciferol ( 1,25 dihydroxy vitamin D3= 1,25 DHCC ) yang merupakan suatu hormon dan berperan pada metabolisme tulang.

Peran utama dari 1,25 dihydroxyvitamin D3 adalah dalam hal meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfat dari usus untuk kebutuhan mineral tersebut pada pembentukan tulang.

Nomor registrasi BPOM: SD211616961

2. Childlife Organic Vitamin D

Adapun merk vitamin D yang bagus untuk anak berikut ini adalah Childlife Organic Vitamin D.

Childlife Organic Vitamin D merupakan produk vitamin D dengan kandungan D3 400 IU.

Vitamin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D anak yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

Produk Childlife Organic Vitamin D juga memiliki klaim dapat dikonsumsi oleh bayi sejak lahir hingga berlanjut selama masa remaja.

Dosis penggunaan Childlife Organic Vitamin D yang tepat adalah berikut:

  • Bayi 0-1 tahun: 6 tetes setiap hari
  • Anak usia >1 tahun: 8 tetes setiap hari

Nomor registrasi BPOM: SI214606591

3. Scott’s Emulsion Vita

Sedikit berbeda dengan produk vitamin D sebelumnya, Scott’s Emulsion Vita memiliki beragam kandungan utama selain vitamin D.

Selain memiliki kandungan vitamin D 85 IU, Scott’s Emulsion Vita terbuat dari kandungan minyak ikan kod rasa jeruk dengan vitamin A dan kalsium.

Dengan beragam kandungan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dan D pada anak, produk ini dapat membantu memelihara perkembangan kesehatan anak dan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Dosis vitamin D untuk anak Anda yang ingin mencoba produk ini adalah berikut:

  • 1-6 tahun: 1 kali sehari, 1 sendok makan penuh (15 ml)
  • 7-12 tahun: 2 kali sehari, 1 sendok makan penuh (15 ml)
  • >12 tahun: 3 kali sehari, 1 sendok makan penuh (15 ml)

Nomor registrasi BPOM: SI114602631

4. Youvit Multivitamin Gummy

Youvit Multivitamin Gummy menjadi satu varian baru untuk anak-anak yang tersedia dalam tiga pilihan rasa yaitu stroberi, jeruk dan nanas.

Sesuai namanya, produk ini tak hanya memiliki kandungan vitamin D 200 IU, tapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral lainnya, seperti:

  • vitamin A, C, E, dan B kompleks,
  • selenium, serta
  • iodium

Produk ini cukup unik karena tersedia dalam bentuk gummy berkarakter monster yang lucu dan menggemaskan sehingga cocok dikonsumsi anak-anak.

Anda dapat memberikan vitamin ini pada anak dengan dosis 1 tablet gummy sehari.

Nomor registrasi BPOM: MD224510108115

5. Defend D Drops

Satu lagi rekomendasi vitamin D untuk anak yang patut Anda jadikan pilihan. Defend D Drops merupakan suplemen vitamin D tetes yang cocok untuk bayi, anak-anak, dan dewasa karena tidak berasa dan berbau.

Di setiap satu tetesnya terdapat kandungan vitamin D sebanyak 330 IU. Kandungan vitamin D yang ada pada Defend D Drops dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.

Tak hanya itu, produk ini juga dapat membantu menjaga kesehatan otot dan metabolisme kalsium anak sehingga anak tidak mudah kelelahan dan terhindar dari masalah pelunakan pada tulang.

Produk ini dapat diteteskan langsung ke mulut atau dicampurkan ke makanan. Dosis pemakaiannya, 1-3 tetes per hari atau sesuai petunjuk dokter.

Nomor registrasi BPOM: SI214685791

Suplemen vitamin tambahan bisa menunjang daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit.

Rekomendasi vitamin D untuk anak yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda dapatkan di apotek atau toko online langganan. Yuk, jaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah sakit!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Parent information: Vitamin D. (2016). Retrieved from https://www.fhs.gov.hk/english/health_info/child/30078.html 

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia. (2019). Retrieved from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf 

Vitamin D deficiency in kids. (2021). Retrieved from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/nutrient-rich-foods/vitamin-d-deficiency-in-kids 

Vitamin D in children’s health. (2014). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4928729/ 

Vitamin D. (2021). Retrieved from https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/vitamins-minerals/vitamin-d.html 

Vitamin D: On the double. (2016). Retrieved from https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Vitamin-D-On-the-Double.aspx#:~:text=All%20non%2Dbreastfed%20infants%2C%20as,a%20supplement%20containing%20that%20amount 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui 2 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto