Jangan Kehabisan Akal, Sontek Menu Makanan Ini untuk Bayi Usia 11 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020
Bagikan sekarang

Asupan nutrisi bayi merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian para orangtua. Nah, kebutuhan gizi bayi sendiri bisa tercukupi dengan baik bila ia makan beragam makanan. Oleh karena itu, sebaiknya perkenalkan bayi dengan aneka jenis makanan sejak dini melalui pemberian menu yang menarik, termasuk di usia 11 bulan ini. Simak inspirasi menu makanan sehari yang bisa Anda terapkan untuk si kecil di rumah.

Makanan seperti apa yang baik untuk bayi 11 bulan?

menu makanan bayi 9 bulan

Memasuki usia hampir satu tahun ini, kemampuan makan buah hati Anda tentu sudah jauh lebih baik ketimbang saat pertama kali belajar makan di usia enam bulan.

Hanya saja, tekstur makanan bayi usia 11 bulan masih serupa dengan makanan saat usianya 10 bulan. Berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi usia 11 bulan sudah mampu makan makanan dengan tekstur yang beragam.

Tekstur makanan tersebut meluputi dicincang halus (minced), dicincang kasar (chopped), dan makanan jari (finger foods).

Bahkan, si kecil bisa lebih sering lagi diberikan makanan yang seukuran dengan jarinya (finger foods) untuk membantunya belajar bereksplorasi.

Namun, jangan lupa bahwa sekarang si kecil masih makan makanan pendamping ASI (MPASI). Jadi, jika masih memungkinkan, pastikan Anda tidak melewatkan pemberian ASI.

ASI bisa diberikan dengan menyusu langsung melalui payudara maupun dari botol dot hasil dari memompa ASI. Sumber makanan yang bisa Anda berikan untuk si kecil pun beragam guna memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Kebutuhan karbohidrat dapat dipenuhi dari beras, jagung, kentang, hingga ubi. Sementara protein dan lemak dapat Anda cukupi dengan memberikan daging ayam, daging merah, hati, tahu, tempe, serta telur.

Mentega dan minyak sayur juga bisa dicampur dalam menu makanan harian bayi 11 bulan untuk membantu menambah asupan lemaknya.

Jangan lupa juga untuk memberikan sayur dan buah-buahan sebagai asupan serat, vitamin, dan mineral bayi. Indra perasa bayi usia 11 bulan sedang sangat berkembang.

Maka itu, pastikan Anda memperkenalkan bayi dengan aneka makanan satu per satu untuk agar ia suka dan terbiasa.

Jika dalam masa perkenalannya si kecil menunjukkan penolakan terhadap makanan tertentu, sebaiknya Anda jangan menyerah.

Memang biasanya butuh 10-15 kali percobaan perkenalan dengan makanan baru untuk menyimpulkan bahwa si kecil tidak menyukainya.

Inspirasi menu makanan bayi 11 bulan

Sumber: Budget Bytes

Mungkin Anda pernah menghadapi si kecil yang kadang menolak masakan Anda. Sebenarnya bukan tidak menyukainya, tetapi ia mungkin merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Supaya tidak kehabisan akal, berikut contoh menu makanan yang bisa Anda olah dan sajikan untuk bayi usia 11 bulan:

Menu makanan sarapan bayi 11 bulan

Sebelum makan makanan padat, di pagi hari biasanya bayi mendapatkan asupan ASI sebagai pembuka. Selang beberapa jam setelahnya, si kecil boleh makan sarapan paginya.

Dari sekian banyak menu makanan, salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan untuk diberikan kepada bayi 11 bulan yakni sup krim jagung dengan kentang dan keju.

Buat sup krim dengan tambahan jagung yang sudah dihaluskan dulu sebelumnya sehingga menciptakan tekstur yang agak kental.

Selanjutnya beri tambahan keju dan kentang yang dipotong kecil-kecil sesuai ukuran tangan dan mulut bayi. Pastikan Anda memasak sampai semua bahan empuk dan matang agar mudah dimakan oleh si kecil.

Meski berbentuk sup, biasanya saat memakannya pun si kecil tetap akan menggunakan tangannya secara langsung alias mengaduk-aduk sup dan isinya.

Menu makanan siang bayi 11 bulan

Tiba di jam makan siangnya, kini Anda bisa berkreasi dengan membuat menu makanan yang mungkin sudah pernah atau bahkan belum dicoba bayi usia 11 bulan.

Ambil contohya, coba buat menu nasi tim dengan kaldu ayam isi jamur dan seledri. Olah nasi seperti biasa sampai memiliki tekstur agak kasar sehingga membantu bayi untuk belajar mengunyah.

Setelah itu, rebus ayam sampai menghasilkan kaldu. Jika sudah matang, sisihkan ayam dan isi kaldu tersebut dengan menambahkan jamur dan seledri.

Ayam yang direbus hingga menghasilkan kaldu dapat menghasilkan sehingga membantu menyumbang asupan lemak bagi si kecil.

Menu makanan malam bayi 11 bulan

Sementara untuk menu makanan bayi 11 bulan malam harinya bisa diolah dari sumber karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Menu makan malam ini berupa finger food dari kentang, kacang polong, wortel, buncis, dan telur yang hanya perlu Anda rebus dan tambahkan bumbu.

Menambahkan bumbu berupa garam, gula, dan micin ke dalam menu MPASI si kecil sebenarnya sah-sah saja selama jumlahnya tidak terlalu banyak.

Ketimbang tidak diberikan bumbu sama sekali dan justru membuat si kecil malas makan, menambahkan perasa setidaknya dapat membantu melezatkan rasa masakan.

Dengan begitu, buah hati Anda diharapkan mampu makan lebih banyak dan lahap.

Menu makanan selingan bayi 11 bulan

Di samping makanan utama, Anda juga dapat memberikan makanan selingan atau camilan untuk bayi.

Pemberian makanan selingan ini bertujuan untuk mengganjal perut si kecil bila tiba-tiba ia lapar dan ingin makan tetapi belum masuk waktu makan utamanya.

Tujuan lainnya juga bisa membantu menambah energi si kecil selain dari waktu makan utama. Membiasakan bayi makan tepat pada waktunya membantu ia untuk mengenal tanda lapar dan kenyang.

Salah satu camilan yang bisa Anda sajikan untuk si kecil yakni potongan kecil buah stroberi dan leci yang dicampur bersama yoghurt.

Selain menu makanan manis, pilihan camilan lain untuk bayi 11 bulan juga bisa diolah dari kentang goreng yang Anda buat sendiri. Agar rasanya lebih menarik, Anda dapat menambahkan mayones pada kentang goreng.

Frekuensi dan porsi makanan untuk bayi 11 bulan

makanan bayi 10 bulan

WHO sebagai badan kesehatan dunia membagi frekuensi dan porsi makan bayi berdasarkan kelompok umurnya.

Bagi bayi usia 11 bulan, frekuensi makan yang dianjurkan WHO untuk sehari yakni 3-4 kali makanan utama dengan 1-2 kali makanan selingan.

Namun, pemberian makanan selingan nantinya dapat Anda sesuaikan dengan nafsu makan dan keinginan si kecil.

Begitu pula dengan porsi makan sekitar ½ dari ukuran mangkuk 250 mililiter (ml). Bukan hanya frekuensi dan porsi makan yang harus Anda perhatikan, tetapi juga waktu makannya.

Idealnya, 30 menit merupakan waktu paling lama bagi bayi untuk menghabiskan makannya. Jika sudah lebih dari 30 menit, biasanya fokus si kecil mulai hilang dan ia cenderung lebih ingin bermain daripada makan.

Di sisi lain, Anda juga tidak disarankan untuk memaksa bayi untuk menghabiskan makanannya saat ia sudah merasa kenyang.

Alih-alih memaksa, sebaiknya biarkan buah hati Anda yang menentukan sendiri apakah ia akan menghabiskan makanannya atau tidak.

Cara ini akan membantu bayi untuk belajar mengerti kapan ia merasa kenyang dan memahami seberapa banyak porsi makan yang ia butuhkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menerapkan Jadwal MPASI Usia 6-24 Bulan Beserta Aturannya

Sejak dini bayi sebaiknya punya jadwal MPASI yang teratur. Agar lebih optimal, ortu perlu tahu seperti apa jadwal makan yang tepat untuk bayi.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Aneka Macam Resep Makanan Bayi yang Sehat dan Menggugah Selera

Menyajikan menu makanan bayi dalam masa MPASI sebenarnya tidak sulit. Berbekal resep ini, mari buat aneka makanan yang sehat dan lezat untuk bayi yuk, Bu!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Bayi Kurang dari 6 Bulan Diberikan Makanan, Boleh atau Tidak, Ya?

Bayi yang belum genap 6 bulan seharusnya masih menyusu ASI. Namun, bolehkah memberikan makanan untuk bayi di bawah 6 bulan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Panduan Menyiapkan dan Memberikan Makanan Bayi Sampai Usia 2 Tahun

Pemberian makanan untuk bayi penting guna memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Namun, jangan asal, pahami dulu berbagai hal penting seputar makanan si kecil.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan lemak untuk bayi

Tidak Selalu Buruk, Ini Jumlah Kebutuhan Lemak untuk Bayi yang Harus Dipenuhi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020
kebutuhan protein bayi

Memahami Kebutuhan Protein Bayi dan Pilihan Sumbernya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
menu makanan bayi 7 bulan

Agar Lebih Bervariasi, Begini Cara Membuat Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020
jadwal makan bayi di bawah 6 bulan

Ketika Sudah Mulai MPASI, Ini Jadwal Makan Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020