Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hemihiperplasia

Definisi|Tanda-Tanda dan Gejala|Penyebab|Diagnosis dan Pengobatan|Pencegahan
Hemihiperplasia

Definisi

Apa itu hemihiperplasia?

Hemihiperplasia adalah kelainan bawaan langka yang menyebabkan salah satu sisi tubuh berkembang secara abnormal dibandingkan dengan sisi lain. Akibatnya, penampilan tubuh menjadi asimetris. Hemihiperplasia disebabkan oleh kelebihan produksi sel. Dulu, kondisi ini dikenal sebagai hemihipertrofi.

Pada tubuh yang normal, terdapat program “pintar” yang akan mencegah sel berkembang semakin membesar begitu sudah mencapai ukuran tertentu. Namun, pada orang denga hemihipertrofi, sel pada salah satu sisi tubuh tidak dapat berhenti berkembang. Hal ini menyebabkan area tubuh terus berkembang secara abnormal.

Kondisi ini biasanya hanya menyerang salah satu anggota tubuh, jari, kaki, wajah, atau seluruh setengah tubuh termasuk setengah otak dan organ internal.

Umumnya, hemihiperplasia adalah kondisi yang tidak membahayakan meski tetap harus melihat bagian tubuh mana yang terpengaruh. Kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya kanker.

Seberapa umum hemihipertrofi?

Kondisi ini sangat umum terjadi dan umumnya menyerang anak-anak. Kondisi dapat menyerang laki-laki ataupun perempuan.

Hemihipertrofi dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hemihiperplasia?

  • Gejala paling jelas dari hemihiperplasia adalah kecenderungan salah satu sisi tubuh lebih besar daripada sisi lainnya
  • Tangan atau kaki dapat lebih panjang atau lebih besar dalam diameter
  • Pada beberapa kasus, tubuh atau wajah pada salah satu sisi lebih besar
  • Kadang kondisi tidak terlalu nampak jelas kecuali individu berbaring di tempat tidur atau permukaan datar (disebut bed test)
  • Pada kasus lain, perbedaan postur dan cara berjalan dapat terlihat
  • Anak-anak dengan hemihipertrofi berisiko lebih tinggi untuk tumor, terutama pada perut. Tumor adalah pertumbuhan abnormal yang mungkin jinak (tidak berpotensi kanker) atau ganas (kanker).
  • Pada hemihipertrofi, sel yang membentuk tumor sering kali kehilangan kemampuan untuk menghentikan atau “mematikan” mekanisme pertumbuhan. Wilms’ tumor, yaitu kanker yang muncul pada ginjal, paling umum ditemukan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kondisi ini?

Belum diketahui secara pasti apa penyebab kondisi ini meski dipercaya bahwa hemihipertrofi diturunkan dar keluarga. Mutasi genetik juga dipercaya menjadi penyebab terutama mutasi pada gen 11. Kelainan ini juga tidak dapat diprediksi karena keterlibatan genetik terbukti berbeda pada masing-masing orang.

Munculnya kondisi ini pada anak-anak tampak terkait dengan sindrom genetik lain, seperti sindrom Beckwith-Weidemann dan sindrom genetika lainnya.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana hemihypertrophy didiagnosis?

Pemeriksaan fisik biasanya dilakukan. Gejala terkait dengan kondisi lain, seperti Beckwith-Wiedemann syndrome (BWS), Proteus syndrome, Russell-Silver syndrome, dan Sotos syndrome.

Tes pencitraan mungkin diperlukan untuk memeriksa kemungkinan keberadaan tumor.

Karena kelainan ini langka dan sering terabaikan, disarankan agar diagnosis dilakukan dengan ahli genetik klinis yang familier dengan kondisi.

Bagaimana hemihiperplasia ditangani?

Hemihiperplasia biasanya tidak membahayakan nyawa kecuali saat jika terkait dengan jenis kanker lainnya.

Anak-anak yang lahir dengan hemihipertrofi biasanya lebih berisiko terhadap kanker terutama pada perut.

Tidak ada penyembuhan untuk kondisi ini. Perawatan terpusat pada pemeriksaan pertumbuhan tumor dan mengatasi tumor. Untuk ukuran anggota tubuh yang abnormal, perawatan ortopedik dan sepatu korektif dapat direkomendasikan.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan secara mandiri untuk mengatasi hemihipertrofi?

Karena kebanyakan kanker terjadi pada perut, direkomendasikan agar anak-anak dengan hemihiperplasia menerima pemeriksaan ultrasonik perut setiap 3 bulan hingga usia 7 dan, setidaknya, pemeriksaan fisik setiap 6 bulan hingga pertumbuhan berhenti.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hemihypertrophy. http://www.childrensortho.com/our-services/limb-deformity-and-lengthening/limb-length-discrepancy/hemihypertrophy/. Accessed April 8, 2017

Causes, Symptoms, Treatment, and Diagnosis of Hemihypertrophy. https://hubpages.com/health/Hemihypertrophy. Accessed April 8, 2017

Hemihyperplasia (Formerly Hemihypertrophy). http://www.healthline.com/health/hemihypertrophy-hemihyperplasia#next-steps-after-diagnosis6. Accessed April 8, 2017.

Hemihyperplasia. http://www.chop.edu/conditions-diseases/hemihyperplasia. Accessed Aug 1, 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rena Widyawinata Diperbarui 18/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x