Perkembangan Bayi 13 Minggu atau 3 Bulan 1 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/06/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 13 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu, umumnya sudah mencapai hal-hal berikut ini:

  • Menggerak-gerakkan tangan dan kaki secara bersamaan.
  • Mengangkat kepalanya sendiri, sekitar 90 derajat.
  • Mulai bisa duduk sendiri.
  • Bayi belajar berguling sendiri.
  • Menunjukkan respons saat mendengar suara bel atau lonceng.
  • Mengucapkan “ooh” dan “aah”.
  • Bayi mulai tertawa.
  • Memekik kencang.
  • Menyatukan kedua tangan.
  • Melihat dan memandang wajah orang di sekitarnya.
  • Bayi tersenyum sendiri.
  • Tersenyum kembali saat diajak bercanda.

Kemampuan motorik kasar

Kini, pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu, si kecil sudah mampu melakukan cukup banyak hal. Seperti menggerakkan kedua tangan dan kakinya bersamaan, hingga mengangkat kepalanya sendiri sampai 90 derajat.

Selain itu, di usianya sekarang Anda juga akan melihat bayi mampu duduk sendiri meski masih harus bersandar, atau setidaknya ditahan oleh tangan Anda. Ini karena bayi telah mampu mengangkat kepalanya dengan baik di perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu.

Kemampuan duduk si kecil pun tampak sudah semakin baik dan cukup mantap. Terbukti, dengan tidak terlihat adanya getaran pada bagian atas tubuhnya, termasuk kepala pada perkembangan bayi 13 minggu.

Tandanya, tubuhnya telah mampu menahan berat kepala dan tubuh bagian atas. Selain itu, bayi juga makin ahli berguling-guling di kasur di perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Pada usia 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini, perkembangan dalam keterampilan komunikasi dan bahasa tidak hanya sekadar bayi menangis lagi. Sebagai cara untuk menunjukkan keinginannya akan suatu hal, bayi sudah dapat mengatakan “ooh” dan “aah” mulai perkembangan bayi 12 minggu atau 3 bulan.

Misalnya saat Anda mengajaknya bicara dan becanda, si kecil akan meresponsnya dengan berbagai cara. Mulai dari tertawa, memekin kegirangan, sampai mengatakan “ooh” seperti tertarik dengan obrolan yang Anda sampaikan.

Meski ia belum sepenuhnya memahami apa yang Anda bicarakan, tapi teruslah mengajaknya bercanda dan ajak bayi bericara. Selain membuat bayi tahu bahwa ia diperhatikan, melakukan hal tersebut juga membantu melatih perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu.

Kemampuan motorik halus

Setelah berhasil menggerak-gerakkan tangannya dengan cukup handal, di perkembangan bayi 13 minggu ini Anda juga akan melihat bayi bisa menempelkan atau menyatukan kedua tangannya. Misalnya, ia akan terus membuka dan menutup tangannya berkali-kali.

Kemampuan sosial dan emosional

Selain mampu memandang, di perkembangan usia 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu, bayi Anda biasanya juga sudah handal dalam mengenali siapa saja orang-orang yang sering berada di dekatnya.

Di sisi lain, senyuman manisnya juga masih akan Anda lihat tiba-tiba saat si kecil sedang mengamati sesuatu, maupun saat diajak bicara dan bercanda pada perkembangan 13 minggu.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi usia 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu?

Anak-anak yang sering diajak bicara oleh orangtuanya sejak dini diduga bisa memiliki IQ tinggi. Hal ini biasanya karena si kecil telah memiliki kosakata yang lebih banyak  saat mereka beranjak dewasa daripada anak-anak yang tidak sering diajak berbicara.

Jadi, penting untuk berinteraksi dengan bayi Anda bahkan sebelum perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu. Ajaklah bicara bayi Anda kapanpun dan di mana pun, meski bayi mungkin tidak bisa menjawab pertanyaan Anda secara langsung.

Namun, setidaknya dia mampu menangkap semua informasi yang Anda berikan padanya. Kemudian di perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini ia belajar untuk meresponsnya sebaik mungkin.

Kesehatan Bayi Usia 13 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter terkait perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu?

Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan perkembangan bayi pada usia 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di perkembangan bayi usia 13 minggu alias 3 bulan 1 minggu, yaitu:

1. Ruam popok

Ruam popok pada bayi biasanya diakibatkan popok basah atau popok menggesek kulit. Urin, keringat, serta kotoran pada popok bayi jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan kulit bayi iritasi.

Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur, serta terkadang infeksi kulit (dermatitis). Menjaga bayi di lingkungan yang bersih dan kering adalah cara terbaik untuk mengobati ruam popok.

Sering-seringlah mengganti popok bayi dan jangan biarkan bayi Anda menggunakan popok kotor atau lembap dalam waktu yang lama. Anda bisa menggunakan salep untuk meringankan iritasi kulit bayi dan infeksi yang dialami bayi.

Daripada menggunakan tisu toilet, cobalah menggunakan semprotan air hangat untuk membersihkan area popok bayi tanpa menggosoknya. Bila kotoran pada pantat bayi sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan kain atau kapas yang lembut untuk membersihkannya.

Anda juga bisa menggunakan sabun lembut supaya lebih harum. Sesekali, Anda tidak perlu memakaikan popok bayi ketika ia berada di dalam boks atau bermain di halaman. Anda bisa menaruh bayi di atas matras tahan air.

Jika di perkembangan 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini bayi mengalami ruam serius karena jamur, segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

2. Sindrom kematian mendadak pada bayi (Sudden death syndrome in infants/SIDS)

Bayi sangat rentan mengalami sindrom kematian bayi mendadak, terlebih saat sedang tidur. Penting untuk diperhatikan karena sindrom kematian mendadak pada bayi ini biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda yang spesifik, tak terkecuali pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini.

Namun jika Anda terus mengawasi mereka, kemungkinan risiko bayi untuk mengalami sindrom ini pada perkembangan 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu akan lebih rendah.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu?

Beberapa hal yang sebaiknya diketahui pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu, yakni:

1. Buat jadwal yang teratur

Banyak bayi sama sekali tidak memiliki jadwal teratur sekalipun sudah berumur lebih dari 3 bulan, seperti di perkembangan 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini. Tidak ada waktu pasti kapan bayi makan atau tidur. Padahal, penting membuat jadwal yang teratur untuk bayi pada perkembangan 13 minggu.

Sebagai contohnya, kapan bayi harus menyusu, jadwal bayi tidur, dan lain sebagainya. Cara ini akan membantu perkembangan bayi 13 minggu terbiasa dengan pola harian yang tertib dan teratur. Dengan sendirinya, ia akan mengerti kapan waktunya ia harus menyusu, tidur, terjaga, dan lainnya.

2. Jadwal menyusu bayi

Seiring bertambahnya usia bayi, jadwal bayi menyusu ASI biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Di usia 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ini, frekuensi menyusu bayi juga mengalami perkembangan.

Dalam sehari, umumnya bayi pada masa perkembangan 13 minggu bisa menyusu ASI sekitar 7-8 kali. Sedangkan jarak antar waktu menyusui kurang lebih sekitar 2,5-3,5 jam.

3. Bantu si kecil selama masa tumbuh kembangnya

Pada dasarnya, semua bayi itu unik dengan perkembangan yang berbeda-beda antara satu dan lainnya, termasuk pada perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu. Pedoman perkembangan sesuai usia bayi, bertujuan untuk membantu Anda mencari tahu kemampuan apa yang seharusnya sudah berhasil dilakukan si kecil di usianya ini.

Apabila hal tersebut belum mampu dilakukan si kecil sekarang, artinya sebaiknya sesegera mungkin bisa dilakukannya. Namun, untuk bayi prematur, biasanya ia membutuhkan lebih banyak waktu untuk mampu melakukan apa yang seharusnya sudah bisa dilakukan anak seusianya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait perkembangan bayi 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu, silakan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 14 minggu?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 menit baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 menit baca

Bayi 6 Bulan Ternyata Suka Saat Gerak-geriknya Ditiru Orang Dewasa

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi ternyata mengerti dan suka bila gerakannya ditiru. Mengapa begitu dan adakah pengaruhnya dalam perkembangan sosial?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 10/06/2020 . 4 menit baca

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 22/04/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca