Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Bayi Sering Menangis Saat Sore Menjelang Maghrib?

Kenapa Bayi Sering Menangis Saat Sore Menjelang Maghrib?

Mungkin Anda pernah dengar mitos yang bilang bahwa bayi menangis tiap sore menjelang Maghrib artinya ada makhluk halus di sekitarnya. Tentu bukan inilah yang sebenarnya terjadi, jika dilihat dari kacamata kesehatan anak. Berikut faktanya yang harus Anda ketahui.

Bayi menangis tiap sore hari, kenapa?

Bukan hanya bayi Anda yang sering menangis sore-sore menjelang Maghrib. Hampir semua bayi di dunia menangis tiap sore, dan ini merupakan hal yang normal. Bayi biasanya mulai menangis di sore hari pada usia sekitar empat hingga enam minggu.

Meski begitu, dunia kesehatan sampai saat ini belum mengetahui pasti apa penyebabnya. Beberapa pakar kesehatan anak mengaitkan fenomena menangis di sore hari dengan proses tumbuh kembang bayi. Salah satu alasan paling umum adalah karena bayi yang kelaparan dan ingin menyusu.

Di rentang waktu ini pula, bayi sering merasa gelisah dan tidak tenang sehingga mereka akan menangis untuk menyalurkan emosi yang mereka rasakan. Perubahan waktu yang drastis, dari siang ke malam, juga mungkin membuat bayi terlalu banyak mendapatkan rangsangan dari lingkungan sekitarnya yang membuat bayi stres dan gelisah. Namun kemudian karena bayi merasa gelisah, mereka kesulitan untuk menempel di payudara ibu dengan baik sehingga sulit untuk mendapatkan ASI.

Perut yang kelaparan ditambah dengan kegelisahan di waktu yang berbarengan bisa menjadi penyebab mengapa bayi sering menangis di sore hari. Fenomena bayi menangis di sore hari atau menjelang maghrib biasanya dikenal dengan istilah jam arsenik atau arsenic hour. Kebiasaan ini akan mulai berkurang di sekitar usia 12 minggu.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bayi lebih tenang di sore hari

Bayi rewel di sore hari mungkin membuat Anda khawatir dan juga tidak nyaman. Nah, beberapa hal ini mungkin bisa Anda coba lakukan agar bayi merasa nyaman dan tidak rewel saat menjelang Maghrib.

  • Mematikan televisi
  • Meredupkan cahaya lampu
  • Memasak untuk santap malam atau melakukan kegiatan lain lebih awal sehingga bisa menemani bayi di sore hari
  • Mandikan bayi dengan air hangat di sore hari
  • Gendong bayi atau pastikan bayi dekat dengan Anda saat sore hari
  • Membacakan cerita atau bernyanyi untuk bayi Anda agar mereka merasa tenang
  • Susui bayi jika ia terlihat mulai lapar
  • Pastikan bayi tidur siang agar ia tidak merasa kelelahan di sore hari. Biasanya, bayi yang kelelahan lebih mudah rewel.

Jika Anda merasa kesulitan menjaga bayi di sore hari, jangan sungkan untuk meminta bantuan pasangan Anda atau orang terdekat Anda untuk menemani bayi saat Anda harus melakukan kegiatan lain.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Greenbank, S. (2014). Surviving The Arsenic Hour | BellyBelly. [online] Available at: https://www.bellybelly.com.au/baby/arsenic-hour/ [Accessed 15 Apr. 2018].

Australian Breastfeeding Association. (2017). Cluster feeding and fussing babies. [online] Available at: https://www.breastfeeding.asn.au/bfinfo/fussy.html [Accessed 15 Apr. 2018].

Baby Sleep Consultant Australia. (2017). 7 ways to combat arsenic hour with your newborn | newborn sleep help. [online] Available at: http://babysleepconsultant.com.au/7-ways-combat-arsenic-hour-newborn-newborn-sleep-help/ [Accessed 15 Apr. 2018].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala, S.Gz Diperbarui 16/08/2021
x