backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Manfaat Menabung bagi Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

9 Manfaat Menabung bagi Tumbuh Kembang Anak

Bukan hanya saat usia dewasa, menabung faktanya bisa dilakukan sejak dini atau pada masa kanak-kanak. Bahkan, selain membantu menyimpan uang untuk keperluan yang penting, menabung bisa memberikan manfaat lainnya bagi tumbuh kembang anak.

Maka dari itu, banyak sekolah yang sudah menerapkan kewajiban untuk menabung bagi para muridnya. Praktek menabung di sekolah ini biasanya dilakukan oleh anak-anak saat memasuki usia sekolah dasar (SD). Jadi, apa saja manfaat menabung bagi anak-anak?

Berbagai manfaat menabung bagi anak

Menabung merupakan kebiasaan yang bisa membawa banyak manfaat bagi anak.

Mengajarkan anak menabung sejak dini diketahui mampu memberikan dampak positif untuk perkembangan karakter dan keuangan anak.

Berikut beberapa manfaat menabung untuk anak, termasuk yang sudah SD.

1. Mengajarkan pengelolaan uang

Mengajarkan anak cara menabung sejak dini bisa membantu melatih anak untuk mengelola uang mereka sendiri.

Pasalnya, melansir dari Incharge, mengelola uang dengan baik termasuk keterampilan hidup yang harus dimiliki oleh semua orang.

Dengan menabung, anak belajar bagaimana membedakan antara kebutuhan dan keinginan serta memahami pentingnya merencanakan pengeluaran.

2. Mengembangkan disiplin dan tanggung jawab

Menabung membutuhkan sikap disiplin untuk bisa menyimpan uang agar tidak digunakan.

Saat mulai menabung, anak akan belajar mengatur diri mereka sendiri dengan menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan bertanggung jawab terhadap keputusan keuangan mereka.

3. Mempersiapkan masa depan

Dengan menabung, anak-anak bisa mempersiapkan diri untuk kebutuhan di masa depan, seperti pendidikan atau kebutuhan tak terduga.

Maka dari itu, manfaat menabung sejak dini salah satunya, yaitu memberi anak keamanan finansial sejak dini.

4. Memupuk kebiasaan baik

Menabung dapat menjadi kebiasaan baik yang bisa berlanjut hingga dewasa.

Kebiasaan ini membantu anak untuk menjadi lebih bijak dalam hal mengatur keuangan dan tidak mudah terjebak dalam utang atau pengeluaran berlebihan di masa depan.

5. Mengajarkan pemahaman nilai uang

Dengan menabung, anak akan lebih mudah belajar bahwa uang tidak datang dengan mudah dan perlu usaha untuk mendapatkannya.

Hal ini pun membuat mereka lebih menghargai uang dan lebih berhati-hati dalam membelanjakannya.

6. Mendorong kemandirian

Menabung memiliki manfaat bagi anak untuk memberikan rasa pencapaian dan membangun kemandirian.

Mereka merasa bangga ketika berhasil mengumpulkan jumlah uang yang cukup untuk sesuatu yang mereka inginkan tanpa harus selalu mengandalkan orangtua.

7. Memotivasi untuk mencapai tujuan

Menabung mengajarkan anak tentang pentingnya menetapkan tujuan dan bekerja keras untuk mencapainya sejak dini.

Cara ini mampu memotivasi mereka untuk merencanakan dan mencapai target, baik dalam keuangan maupun aspek lain dalam hidup.

8. Membangun kebiasaan hidup hemat

Menabung membantu anak belajar hidup hemat dan sederhana, sehingga menghindarkan mereka dari perilaku boros.

Kebiasaan ini sangat berguna saat anak dewasa nanti karena mereka akan lebih bijak dalam mengatur pengeluaran dan menghindari utang yang tidak perlu​.

9. Melatih kesabaran

Menabung mengajarkan anak untuk menunda keinginan dan bersabar sampai mereka memiliki cukup uang untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan.

Ini juga membantu anak belajar mengendalikan emosi dan menahan diri dari pembelian impulsif​.

Dengan membiasakan anak menabung sejak dini, orangtua tidak hanya membantu mereka menjadi lebih bijak dalam hal keuangan, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan dan sikap yang akan sangat bermanfaat pada kemudian hari.

Apakah celengan baik untuk anak-anak?

Celengan sangat baik untuk anak-anak dan memiliki banyak manfaat dalam mengajarkan mereka tentang menabung. Celengan bisa menjadi cara sederhana untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mengelola uang. Dengan menggunakan celengan, anak bisa melihat uang yang disimpan bertambah seiring waktu, sehingga memberikan pemahaman yang nyata tentang konsep menabung.

Tips mengajarkan anak menabung

mengajarkan anak menabung

Agar berhasil dalam mengajarkan anak menabung dan untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

  • Mulai dengan menggunakan celengan. Berikan anak celengan dan dorong mereka untuk menyisihkan uang dari uang saku atau hadiah.
  • Berikan contoh. Anak-anak belajar dengan meniru orang dewasa. Tunjukkan bagaimana Anda menabung dan jelaskan mengapa hal itu penting.
  • Tetapkan tujuan. Bantu anak menetapkan tujuan menabung sejak dini, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dan rayakan pencapaian mereka.
  • Berikan pujian dan penghargaan. Pujilah usaha anak untuk menabung dan berikan penghargaan kecil ketika mereka mencapai tujuan tabungan mereka.
  • Gunakan alat dan aplikasi. Manfaatkan aplikasi keuangan yang dirancang untuk anak-anak agar menabung menjadi lebih menarik dan interaktif.

Dengan mengajarkan anak menabung sejak dini, Anda membantu mereka membangun kebiasaan mengelola keuangan yang baik yang akan bermanfaat sepanjang hidup mereka.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan