4 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod Bagi Kesehatan Anak

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak hati ikan kod. Produknya kini sudah banyak di pasaran sehingga mudah ditemukan. Tak jarang, banyak ibu yang memberikannya pada sang anak karena dipercaya dapat mendukung petumbuhan dan perkembangannya. Sebenarnya, apa saja manfaat dan minyak hati ikan kod? Yuk, lihat penjelasannya berikut ini.

Apa manfaat dari minyak hati ikan kod?

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Spesies ikan kod yang terkenal adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. Selama ini, minyak ikan kod telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Ya, minyak ini dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin D, serta asam lemak omega-3, seperti asam eikosapentanoik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Berikut ini merupakan manfaat minyak ikan kod.

1. Melindungi kesehatan mata anak

Minyak ikan kod kaya akan sumber vitamin A. Dalam satu sendok makan minyak ini terkandung 4080 mikrogram vitamin A, di mana jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A anak dalam segala usia.

Selain dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, jantung, paru-paru, dan ginjal. Vitamin A yang terkandung di dalamnya juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata, seperti glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang bisa merusak saraf optik, sehingga bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan.

Selain vitamin A, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam minyak ini juga dapat membantu menjaga aliran darah ke mata. Hal ini membuat penglihatan normal anak tetap sehat dari waktu ke waktu.

2. Mencegah rakitis

Minyak ikan kod juga mengandung vitamin D yang tinggi. Dalam satu sendok makan mengandung vitamin D sebanyak 1360 IU. Jumlah ini juga lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D anak setiap hari.

Vitamin D sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan anak karena dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium untuk membentuk tulang yang kuat. Kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan rakitis, yang menyebabkan tulang gagal untuk melakukan proses mineralisasi. Hal ini membuat tulang menjadi lunak dan bentuk tulang mengalami kelainan. Nah, minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit ini.

3. Melindungi kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan kod merupakan nutrisi yang baik untuk melindungi kesehatan jantung anak. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak tidak jenuh yang dapat melindungi jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida. Selain untuk kesehatan jantung, asam lemak dalam minyak ikan kod juga dapat mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Minyak ikan kod ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak menjadi tidak mudah sakit. Seperti dikutip dari Livestrong, vitamin A dalam minyak ikan kod dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah penelitian dalam Journal of American College of Nutrition 2010 juga melaporkan bahwa minyak ikan kod dapat mengurangi risiko penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Apakah anak perlu diberi minyak hati ikan kod?

Melihat banyaknya manfaat yang dimiliki minyak ikan kod, Anda sebagai orangtua mungkin merasa perlu memberikan minyak tersebut pada anak. Namun, pemberian minyak hati ikan kod dalam dosis yang berlebihan juga dikhawatirkan dapat menyebabkan kelebihan asupan vitamin A pada anak. Vitamin A yang larut dalam lemak dapat tersimpan di tubuh dalam jumlah berlebih dan mengakibatkan dampak buruk.

Jadi, jika Anda sudah memberikan minyak ikan kod, sebaiknya anak Anda tidak diberikan suplemen vitamin lainnya, terutama yang mengandung vitamin A.

Selain itu, jika anak dirasa sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya dari berbagai jenis makanan – seperti sayuran dan buah yang kaya vitamin A, susu yang kaya vitamin D, dan ikan berlemak dan kacang-kacangan yang kaya asam lemak omega-3-, anak mungkin tidak perlu lagi mengonsumsi minyak hati ikan kod. Sebelum memberi anak minyak ikan kod, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?
Sumber

Artikel dari ahli Arinda Veratamala, S.Gz

4 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod Bagi Kesehatan Anak

Berbagai cara tentu dilakukan ibu untuk mendukung pertumbuhan anaknya. Salah satunya yaitu dengan memberikan minyak hati ikan kod. Apa manfaatnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
minyak hati ikan kod

9 Penyakit Infeksi pada Anak yang Rentan Menyerang

Penyakit infeksi pada anak cukup mengkhawatirkan karena bisa mengganggu tumbuh kembang. Lantas, apa saja penyakit infeksi yang sering dialami anak?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
penyakit infeksi pada anak

Zat Besi Sangat Penting Bagi Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkannya?

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi bayi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi, apa sih dampaknya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
kebutuhan zat besi bayi
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 12 Juni 2019

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Efektivitas Vitamin Minyak Ikan untuk Menangkal Risiko Skizofrenia

Menurut WHO, penyakit skizofrenia diidap oleh lebih dari 21 juta orang di seluruh dunia. Vitamin minyak ikan dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 25 November 2017 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Penderita Epilepsi Perlu Rajin Minum Minyak Ikan?

Satu lagi manfaat baik minum minyak ikan bagi kesehatan, yaitu mencegah kejang pada orang dengan epilepsi. Bagaimana bisa, ya? Begini penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Hendry Wijaya
Nutrisi, Hidup Sehat 24 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit

Apa Itu DHA dan EPA Serta Seberapa Penting Bagi Perkembangan Anak?

Anda pasti sudah tahu omega-3, salah satu nutrisi penting yang kita butuhkan. Jenis omega-3 yang paling umum adalah DHA dan EPA. Apa fungsinya bagi tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 6 Juni 2017 . Waktu baca 3 menit

Manfaat Memenuhi Kebutuhan DHA untuk Ibu Hamil (Masih Perlukah Suplemen?)

Suplemen DHA biasanya banyak diburu oleh ibu hamil karena dianggap memiliki banyak manfaat. Bagaimana anjuran yang tepat minum suplemen DHA?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 April 2017 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

omega 3 untuk ibu hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
vitamin penambah nafsu makan anak

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak: Ketahui Jenis, Kandungan, dan Cara Memilihnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
Konten Bersponsor
kesehatan mata anak

Anak Hobi Main Gadget? Jaga Kesehatan Matanya dengan Buah Merah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Apakah Anak Perlu Minum Suplemen Serat Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 28 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit