backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

9

Tanya Dokter
Simpan

10 Merek Vitamin Terbaik untuk Mencerdaskan Otak Anak

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 17/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merek Vitamin Terbaik untuk Mencerdaskan Otak Anak

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain menstimulasinya dengan berbagai kegiatan, memberikan nutrisi yang tepat juga jadi salah satu jalannya. Tak melulu dari makanan, memberikan merek vitamin tertentu juga bisa untuk membantu mencerdaskan otak anak.

Jadi, apa saja pilihan suplemen vitamin yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak anak? Cari tahu rekomendasi atau pilihannya pada ulasan berikut.

Cara kami memilih merek vitamin untuk otak anak

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang akan memengaruhi pertumbuhan serta perkembangan otak anak.

Bahkan, melansir Zero to Three, anak yang kekurangan gizi cenderung memiliki ukuran otak yang kecil karena kurangnya sel-sel otak yang seharusnya terus terbentuk setelah ia lahir.

Inilah mengapa anak yang kekurangan gizi, terutama yang terjadi sejak janin dan bayi, sering mengalami gangguan perilaku dan kognitif yang bertahan lama.

Gangguan ini termasuk perkembangan bahasa dan motorik yang lebih lambat, IQ yang lebih rendah, serta performa di sekolah yang buruk.

Nah, agar terhindar dari hal-hal tersebut, beberapa vitamin atau nutrisi untuk anak perlu Anda penuhi guna mendukung kecerdasan otak si Kecil. Berikut beberapa daftar nutrisinya.

  • Protein.
  • Zinc.
  • Zat besi.
  • Kolin.
  • Folat.
  • Yodium.
  • Vitamin A.
  • Vitamin D.
  • Vitamin B6.
  • Vitamin B12.
  • Asam lemak tak jenuh ganda, seperti omega-3.

Oleh karena itu, untuk mendukung kecerdasan otak anak, kami mengumpulkan rekomendasi suplemen vitamin yang mengandung beberapa daftar nutrisi di atas.

10 Rekomendasi merek vitamin untuk mencerdaskan otak anak

Ada banyak daftar makanan untuk anak yang mengandung beberapa zat gizi di atas.

Namun, pada kondisi tertentu, beberapa pilihan merk vitamin di bawah ini juga bisa Anda berikan untuk membantu mencerdaskan otak anak Anda.

1. Vidoran Smart

Diperkaya dengan omega 3 (DHA-EPA), vitamin B kompleks, serta vitamin C, Vidoran Smart diklaim dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak selama masa pertumbuhan.

Cara ini diyakini dapat membantu pertumbuhan serta kemampuan belajar anak. Vidroran Smart hadir dalam bentuk sirup dengan pilihan rasa stroberi dan jeruk yang sangat disukai si Kecil.

Nomor registrasi BPOM: SD161648011

2. Blackmores Kids Fruity Fishes/Blackmores Koala Kids Study Buddy

Hadir dalam bentuk kapsul kunyah, vitamin Blackmores Kids Fruity Fishes atau Blackmores Koala Kids Study Buddy diklaim untuk membantu perkembangan otak anak serta mempertajam penglihatan.

Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan omega 3 (EPA dan DHA) yang berasal dari minyak ikan terkonsentrat.

Dengan rasa jeruk dan raspberry, vitamin Blackmores ini cocok untuk anak usia 2—12 tahun, terutama yang kurang atau jarang mengonsumsi ikan.

Nomor registrasi BPOM:  SI174308451

3. Cerebrofort Gold

Vitamin yang bagus untuk otak anak berikutnya yaitu Cerebrofort Gold. Vitamin berbentuk sirup ini bisa dikonsumsi sejak usia 4 bulan hingga 12 tahun dengan dosis yang disesuaikan dengan usia.

Suplemen vitamin untuk anak ini diklaim dapat menutrisi otak, menjaga sistem imun, serta mendukung pertumbuhan dan metabolisme anak. Manfaat tersebut bisa didapat berkat beberapa kandungan berikut.

  • DHA dan EPA.
  • Asam arakidonat (asam lemak tak jenuh esensial).
  • Biotin.
  • Lisin.
  • Asam glutamat.
  • Asam folat.
  • Vitamin B1, B2, B6, dan B12.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Vitamin D.

Nomor registrasi BPOM: SD081633781

4. Biolysin Smart

Kombinasi AA, DHA, kolin, lisin, dan multivitamin membuat merek vitamin ini mengklaim dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kebaikan otak anak.

Bukan cuma itu, kandungan-kandungan tersebut juga bisa membantu memelihara kesehatan serta pemulihan kondisi tubuh anak.

Biolysin Smart memiliki bentuk sirup dengan rasa jeruk yang segar. Vitamin ini bisa dikonsumsi untuk bayi hingga yang berusia di atas 5 tahun.

Nomor registrasi BPOM: SD031608431

5. Curcuma Plus Sharpy

Merek vitamin yang satu ini mengandung minyak ikan dan DHA yang dapat membantu mengoptimalkan proses belajar dan mencerdaskan anak serta temulawak untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin B kompleks serta beta karoten di dalamnya pun diklaim dapat mendukung pertumbuhan anak dengan menjaga kesehatan pencernaan, sistem saraf, dan metabolisme tubuh.

Dengan tiga varian rasa, yaitu jeruk, stroberi, dan blackcurrant, vitamin berbentuk sirup ini bisa diminum setiap pagi setelah makan sejak si Kecil berusia 1 tahun.

Nomor registrasi BPOM: SD101639661

6. Wellness Kids Omega-3

Merek yang satu ini merupakan salah satu rekomendasi vitamin berbentuk softgel yang diklaim untuk mendukung kecerdasan otak anak.

Omega 3 dalam vitamin ini diklaim bisa membantu pembentukan dan fungsi otak, meningkatkan daya pikir; memori; dan konsentrasi, serta mempertajam penglihatan.

Dengan rasa cokelat dan jeruk dalam satu softgel membuat vitamin ini cenderung disukai oleh anak-anak.

Nomor registrasi BPOM: SI104300891

7. Youvit Omega-3 Anak

Bukan cuma membantu mencerdaskan otak, merk vitamin yang satu ini sangat disukai anak karena bentuknya yang lunak layaknya permen gummy. 

Sesuai namanya, Youvit Omega-3 Anak mengandung minyak ikan asli yang kaya omega 3 (DHA, EPA, dan ALA) yang diklaim dapat meningkatkan kecerdasan anak agar makin berprestasi.

Asam lemak tersebut diyakini dapat memaksimalkan fungsi kerja otak, meningkatkan imunitas tubuh anak, serta menjaga kesehatan matanya.

Nomor registrasi BPOM: MD 224510182115

8. Appeton Taurine

Ada banyak jenis vitamin yang terkandung dalam Appeton Taurine, di antaranya vitamin A, C, D3, dan E serta vitamin B1, B2, B6, B5, dan B12.

Dengan kandungan tersebut, rekomendasi vitamin berbentuk sirup ini diklaim bisa untuk meningkatkan kecerdasan otak anak dan mendukung pertumbuhannya sehari-hari.

Nomor registrasi BPOM: SI044613491

9. Biostrum Sirup

Biostrum Sirup merupakan merek vitamin yang mengandung ragam nutrisi untuk membantu mencerdaskan otak anak. Beberapa di antaranya yaitu DHA serta vitamin A, D, B6, dan B12.

Vitamin D untuk anak yang ada di dalam sirup ini juga diyakini bisa membantu memperkuat tulang serta meningkatkan fungsi imun.

Bukan cuma itu, Biostrum Sirup juga diklaim dapat menjadi terapi penunjang untuk diare pada anak, mencegah dan mengobati defisiensi vitamin, serta meningkatkan nafsu makan anak.

Nomor registrasi BPOM: SD021602851

10. Sanbe Kids Emulsion

Asam lemak dalam minyak ikan untuk anak diyakini dapat mendukung perkembangan otak serta meningkatkan kecerdasannya.

Kandungan minyak ikan ini dapat ditemukan di dalam produk Sanbe Kids Emulsion sehingga merek vitamin ini bisa si Kecil konsumsi untuk kebaikan otaknya.

Selain itu, produk ini juga mengandung vitamin A, D, B1, B2, B6, dan B12, serta kolin, lisin, nicotinamide, dan ekstrak curcuma yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan.

Nomor registrasi BPOM: SD121642551

Di antara daftar di atas, Anda bisa memilih merek vitamin yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Sesuaikan juga dengan usianya karena beberapa jenis vitamin mungkin tak cocok dikonsumsi sebelum usia 1 tahun, terutama yang berbentuk tablet kunyah.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 17/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan