home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Sayur yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

5 Jenis Sayur yang Cocok untuk Anak Usia 1 Tahun

Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil pasti mulai penasaran untuk mencoba berbagai jenis dan bentuk makanan. Biasanya, anak ingin merasakan makanan yang dikonsumsi orang tua atau kakaknya. Oleh karena itu, siapkan berbagai jenis makanan baru, tetapi tetap mempertimbangkan manfaatnya bagi anak. Salah satunya adalah dengan mulai memperkenalkan makanan padat pada anak, termasuk sayuran. Apa saja jenis sayur yang aman dan mengandung nutrisi yang baik untuk anak satu tahun?

Jenis dan porsi sayur untuk diberikan pada anak usia 1 tahun

Pada dasarnya, semua jenis sayuran mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi anak, termasuk yang berusia satu tahun. Sayuran memiliki bentuk, warna, dan tekstur yang bermacam-macam.

Cara pengolahannya pun beragam, Anda dapat memasak sayur dengan cara dikukus, direbus, menggunakan microwave, ditumis, dipanggang atau bahkan dimakan secara mentah. Hal yang paling penting, ibu bisa membuat beragam menu tinggi serat agar si kecil tidak merasa bosan.

Pada umumnya, si kecil membutuhkan 150 gram sayuran yang dikonsumsi secara mentah atau dimasak setiap harinya. Berikut beberapa jenis sayur yang aman diberikan untuk anak 1 tahun.

Brokoli

sayur goreng untuk anak

Brokoli mengandung serat, folat, dan kalsium serta bahkan dapat membantu melindungi si kecil dari kanker di kemudian hari. Untuk cara penyajiannya, Anda dapat memberikan sayur brokoli untuk anak dengan cara dikukus lalu dipotong dalam ukuran kecil, tetapi cukup besar agar aman. Sehingga anak usia satu tahun tidak tersedak.

Ubi manis

Rasa manis dan tekstur yang lembut membuat ubi manis merupakan salah satu makanan yang banyak diperkenalkan untuk anak di usia satu tahun. Selain itu, ubi manis kaya akan kandungan seperti beta karoten, vitamin C, dan berbagai mineral, contohnya seperti zat besi.

Bayam

Cukup dengan memberikan bayam sebanyak 150 gram, si kecil akan mendapat asupan kalsium sebanyak 42 mg. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, zat besi, dan selenium.

Wortel

sayuran terbaik untuk anak

Wortel secara alami memiliki rasa yang manis dan cocok diberikan sebagai sayur untuk anak usia satu tahun. Kelebihan lain dari wortel adalah terdapat kandungan nutrisi esensial dan mudah untuk digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan.

Lebih jelasnya, wortel tinggi akan vitamin A yang dibutuhkan untuk mendukung sistem imun dan menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta ginjal. Ditambah lagi, wortel dikenal bermanfaat bagi kesehatan mata, termasuk retina, membran mata, dan kornea.

Kembang kol

Sayuran yang memiliki bentuk mirip dengan brokoli ini sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk si kecil. Salah satu kandungan yang melimpah dalam kembang kol adalah fitokimia atau fitonutrien yang dikenal dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, kembang kol juga mengandung vitamin A, C, dan kalsium.

Sayuran dapat memberikan kebutuhan vitamin, antioksidan, dan serat yang tidak didapat dari jenis makanan lain. Kandungan dari sayur juga membantu anak usia satu tahun untuk melawan berbagai serangan jenis penyakit seiring bertambahnya usia, seperti kanker.

Tips untuk mendorong anak satu tahun agar mau makan sayur

porsi untuk anak makan sayur

Tugas utama Anda sebagai orang tua adalah memutuskan apa saja jenis makanan, kapan, dan di mana anak usia satu tahun akan makan sayur. Namun, untuk lebih memudahkan anak agar mau makan sayur, libatkan juga ia dalam proses pemilihan sayuran dan berapa banyak yang akan dimakan.

Perubahan nafsu makan akan sering dialami sehingga penting agar si kecil mau selalu menghabiskan makanan yang disediakan. Anda juga disarankan agar tidak cepat menyerah dalam memperkenalkan sayur untuk anak satu tahun.

Coba juga untuk menjadi contoh yang baik. Anak akan cenderung mengikuti kebiasaan orang tua. Apabila Anda terbiasa makan sayur, si kecil kemungkinan besar akan lebih mudah untuk makan sayur.

Meski kadang si kecil sudah mau makan sayur, belum tentu kebutuhan serat anak sudah tercukupi dengan baik. Maka itu, ibu harus tahu dan menghitung apakah anak sudah cukup makan makanan berserat atau belum.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Brown, S. (2020). How to Give Your Toddlers the Right Amount of Veggies. Retrieved April 2, 2020, from https://www.verywellfamily.com/what-is-a-toddler-serving-size-of-vegetables-290135

Lack, E. (2020). The 10 best foods for babies | BabyCenter. Retrieved April 2, 2020, from https://www.babycenter.com/0_the-10-best-foods-for-babies_10320505.bc

Carey, E. (2015). 5 Homemade Baby Food Recipes with Carrots. Retrieved April 2, 2020, from https://www.healthline.com/health/food-nutrition/baby-food-with-carrots

Wholesome Homemade Baby Food Recipes. (2015, April 17). Cauliflower Baby Food Recipes and Introducing Cauliflower for Baby Food. Retrieved April 2, 2020, from https://wholesomebabyfood.momtastic.com/cauliflowerbabyfoodrecipes.htm

Wholesome Homemade Baby Food Recipes. (2015, April 16). Giving Baby Homemade Spinach Baby Food. Retrieved April 2, 2020, from https://wholesomebabyfood.momtastic.com/spinachbabyfoodrecipes.htm

Cleveland Clinic. (2016). Feeding Toddlers Ages 1 to 3: Foods, Serving Size & What to Avoid. Retrieved April 2, 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/13400-feeding-your-toddler—ages-1-to-3-years

Raising Children Network. (n.d.). Vegetables: tips to encourage your child to eat more. Retrieved April 2, 2020, from https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/healthy-eating-habits/vegetables


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal diperbarui 29/05/2020
x