backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Resep Olahan Udang untuk Anak yang Enak dan Sehat

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

7 Resep Olahan Udang untuk Anak yang Enak dan Sehat

Udang mengandung protein, kalsium, zat besi, dan lemak sehat yang menyehatkan bagi anak. Oleh karena itu, udang bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk si Kecil guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Supaya bisa dinikmati anak usia 1—5 tahun dan agar ia tidak bosan, Anda bisa mencontek olahan udang untuk menu makan si Kecil berikut ini.

Ragam resep dan olahan udang untuk anak

Udang merupakan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan tubuh dan otak anak.

Selain karena nutrisinya, mengenalkan makanan laut seperti udang di masa anak-anak disebut dapat menurunkan risiko alergi udang atau seafood di kemudian hari. 

Supaya anak menyukai makanan laut ini, Anda bisa mencoba berbagai olahan udang untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan.

Berikut resep olahan udang yang bisa Anda buat di rumah untuk menu makanan sehat anak.

1. Bubur udang

resep mpasi bayi 6 bulan

Di usia 1 tahun, anak memang sudah diperbolehkan makan nasi utuh. Namun beberapa anak mungkin masih dalam masa peralihan dari bubur bayi ke nasi utuh. 

Pilihan bubur yang itu-itu saja bisa membuat anak malas makan karena bosan. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba olahan bubur udang.

Olahan udang untuk anak balita ini bisa mengenyangkan sekaligus menenangkan perutnya, apalagi jika ia sedang sakit. 

Untuk membuatnya, kupas kulit udang dan potong udang kecil-kecil. Sisihkan juga kepala udang supaya mudah dimakan.

Buat kaldu dari ikan keri, potongan jamur shitake, dan nori. Kemudian masak beras di dalam kaldu tersebut bersama dengan bawang bombay, sisa jamur, wortel, timun jepang, dan tentunya udang.

2. Sup udang

Agar masa peralihan dari makan bubur ke nasi pada anak berhasil, Anda bisa mencampurkan nasi dengan sup. Jika si Kecil bosan dengan sup ayam atau sup bayam, Anda bisa beralih ke sup udang.

Campuran udang, ikan, dan sayur bisa membantu memenuhi asupan protein, mineral, dan vitamin untuk anak. Di samping itu, mengonsumsi sup bisa meningkatkan asupan cairan si Kecil.

Untuk membuat olahan sup udang anak usia 1 tahun, 2 tahun, hingga 5 tahun, Anda hanya perlu memasukkan udang dan potongan ikan ke dalam kuah rebusan.

Supaya lebih nikmat, tambahkan juga kuah rebusan tersebut dengan bawang bombay, seledri, dan daun salam yang sudah ditumis serta ragam sayuran, seperti kentang dan wortel.

Jika sudah matang, sup bisa dimakan langsung atau dicampurkan dengan nasi sebagai menu makan siang anak.

3. Dimsum udang

Udang sangat populer dalam ragam masakan Tiongkok, salah satunya dimsum. Tekstur dimsum yang lembut sangat mudah dikonsumsi anak usia 3 tahun, 4 tahun, sampai 5 tahun. 

Rasanya pun enak sehingga bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak. Selain udang, Anda juga bisa menambahkan sayur, telur, dan daging ayam sebagai isian dimsum.

Dengan ragam bahan makanan tersebut, olahan udang untuk anak ini jadi lebih kaya nutrisi.

Untuk membuat resep olahan udang untuk anak ini, haluskan semua bahan di atas, kemudian campurkan dengan daun bawang.

Siapkan kulit dimsum dan tempatkan adonan secukupnya di tengah pangsit. Lalu tekuk kulit pangsit secara memutar hingga menyelimuti adonan. Taburkan parutan wortel di tengahnya, kemudian kukus selama 30 menit hingga matang.

4. Bakso udang

Si Kecil bosan makan sup udang? Jangan khawatir, Anda bisa membuat menu bakso udang sebagai penggantinya. 

Tidak seperti bakso umumnya yang hanya dibuat dari daging sapi dan tepung, bakso udang bisa dibuat jadi lebih kaya gizi.

Anda bisa mencampurkan jamur, daging sapi, wortel, dan daun bawang untuk adonan bakso.

Tambahan bihun jagung pada menu olahan udang untuk anak ini juga bisa membuat perutnya kenyang lebih lama. Hal ini mencegah si Kecil ngemil makanan tidak sehat. 

Selain bakso, jangan lupa siapkan juga kuahnya. Untuk membuat kuah, Anda hanya cukup menumis bawang puting, garam, lada, kaldu jamur, dan potongan seledri, kemudian tambahkan air.

5. Siomay udang

siomay dan batagor

Olahan udang kukusan yang ramah untuk anak usia 3—5 tahun adalah siomay udang. Rasanya tidak jauh berbeda dengan dimsum udang, sehingga cenderung mudah disukai anak. 

Campuran sayur, jamur, dan udang juga bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak lewat camilan sehat.

Pada menu ini, Anda boleh menambahkan kecap sebagai ganti bumbu kacang. Untuk membuat olahan siomay udang untuk anak, cincang halus udang, labu siam, dan wortel.

Campurkan semua bahan tersebut, kemudian tambahkan tepung tapioka, kecap ikan, gula, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan saus tiram.

Bentuk adonan menjadi bulat asal. Masukkan adonan ke dalam panci kukusan dan diamkan selama 20 menit, setelahnya siomay udang sudah bisa disantap.

6. Pepes udang

Olahan pepes udang bisa Anda berikan sebagai MPASI anak usia 1 tahun. Namun, olahan udang ini juga bisa Anda sajikan untuk anak balita usia 2—5 tahun. 

Bahan dasarnya pepes memang tetap tahu, tetapi Anda bisa menambahkan udang sebagai sumber protein hewani. 

Untuk membuat menu olahan udang anak balita ini, hancurkan tahu dengan sendok, kemudian masukkan bawang puting, bawang merah, kemiri, kemangi, dan serai yang sudah dihaluskan.

Tambahkan juga telur, garam, dan tentunya udang yang sudah dicincang. Aduk rata campuran tersebut, kemudian masukkan ke dalam daun pisang sebagai wadah pepes.

Gunakan tusuk gigi sebagai penahan bungkusan pepes. Lalu, kukus pepes selam 20 menit dan pepes siap disajikan untuk menu makan si Kecil.

7. Capcay udang

Untuk anak usia 2—5 tahun, olahan udang yang bisa Anda buat dapat berupa capcay. Menu makanan ini dibuat untuk membantu Anda dalam mengenalkan sayur-mayur pada si Kecil.

Pasalnya, di usia sebelumnya, anak lebih sering mengonsumsi sayur-sayuran yang dihaluskan. 

Pada usia ini, anak perlu mencoba memakan sayur dalam bentuk utuh. Ia perlu tahu bentuk, rasa, warna, dan tekstur aslinya. Adanya udang bisa jadi penarik minat pada menu sayuran ini.

Cara membuat capcay udang untuk menu makan siang si Kecil, yaitu tumis bawang putih dan udang bersama sayuran lainnya, seperti wortel, putren, dan pakcoy, serta jamur.

Tambahkan air dan jangan lupa masukkan gula dan garam sebagai penambah rasa. Masukkan juga larutan tepung maizena agar kuah mengental.

Itulah deretan menu olahan udang untuk anak usia 1—5 tahun yang bisa Anda pilih. Saat mengenalkan makanan ini, mungkin ada beberapa yang tidak menyukainya. Ini adalah hal yang wajar.

Namun, Anda bisa berkreasi sesuai dengan kesukaan anak supaya ia tetap bisa makan dengan lahap.

Kesimpulan

Udang bisa menjadi pilihan menu makanan untuk anak karena mengandung ragam nutrisi guna mendukung tumbuh kembangnya. Namun, agar lebih nikmat dan si Kecil suka, Anda bisa membuat ragam olahan udang untuk anak, seperti bubur, sup, dimsum, bakso, siomay, pepes, hingga capcay. Kreasikan makanan di Kecil agar ia bisa makan dengan lahap.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan