Zoledronic Acid

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Zoledronic Acid digunakan?

Zoledronic Acid adalah obat untuk mengobati kadar kalsium darah tinggi (hypercalcemia) yang mungkin terjadi bersamaan dengan kanker. Zoledronic Acid juga digunakan bersama dengan kemoterapi kanker untuk mengobati masalah tulang yang mungkin terjadi dengan multiple myeloma dan kanker jenis lain (seperti payudara, paru-paru) yang telah menyebar ke tulang. Zoledronic Acid termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai bifosfonat. Obat ini menurunkan kadar kalsium darah tinggi dengan cara mengurangi jumlah kalsium yang dilepaskan dari tulang ke dalam darah Anda. Zoledronic Acid juga bekerja dengan cara memperlambat kerusakan tulang Anda yang disebabkan sel kanker untuk mencegah terjadinya patah tulang.

Bagaimana aturan pakai obat Zoledronic Acid?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan Zoledronic Acid dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Obat ini diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah seperti yang diinstruksikan oleh dokter Anda, biasanya selama setidaknya 15 menit. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda (termasuk fungsi ginjal Anda) dan respon terhadap pengobatan.

Jika Anda memberikan obat ini untuk diri sendiri di rumah, pelajari semua persiapan dan petunjuk penggunaan dari profesional perawatan kesehatan Anda. Sebelum menggunakan , periksa produk ini secara visual untuk partikel atau perubahan warna. Jika ada salah satu dari kedua hal tersebut terjadi (adanya partikel atau terjadi perubahan warna pada cairan) maka jangan menggunakan obat tersebut. Pelajari cara untuk menyimpan dan membuang persediaan medis dengan aman.

Hindari pencampuran Zoledronic Acid dengan cairan IV yang memiliki kalsium di dalamnya (seperti larutan Ringer, larutan Hartmann, parenteral nutrisi-TPN/PPN). Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Untuk pengobatan kadar kalsium darah tinggi, cairan biasanya diberikan melalui pembuluh darah sebelum Anda menerima obat ini. Untuk mengurangi kemungkinan masalah ginjal, minum banyak cairan selama pengobatan kecuali diinstruksikan yang sebaliknya oleh dokter Anda. Dibutuhkan setidaknya 7 hari setelah dosis untuk mendapatkan manfaat penuh dari obat ini. Dosis yang mungkin perlu diulang tergantung pada kadar kalsium darah Anda.

Untuk pengobatan beberapa masalah myeloma dan tulang yang disebabkan oleh penyebaran kanker, obat ini biasanya diberikan setiap 3 sampai 4 minggu atau seperti yang diinstruksikan oleh dokter Anda. Anda mungkin juga akan diinstruksikan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari.

Bagaimana cara menyimpan Zoledronic Acid?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Zoledronic Acid?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Injeksi Zoledronic Acid tidak diindikasikan untuk digunakan pada anak-anak.

Lansia

Studi yang dilakukan hingga saat ini belum menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan injeksi Zoledronic Acid pada lansia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah ginjal yang berkaitan dengan usia, yang mungkin membutuhkan kehati-hatian pada pasien yang menerima suntikan Zoledronic Acid.

Apakah obat Zoledronic Acid aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Zoledronic Acid yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda bila Anda mengalami efek samping yang serius, seperti:

  • Kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali;
  • Mengantuk, kebingungan, perubahan mood, rasa haus meningkat, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah
  • Pembengkakan, berat badan naik, merasa sesak napas
  • Kejang otot, mati rasa atau merasa kesemutan (terutama di sekitar mulut Anda)
  • Demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • Kulit pucat, mudah memar, merasa lemah yang tidak biasa
  • Perasaan seperti Anda akan pingsan
  • Nyeri sendi dan tulang yang parah, nyeri otot
  • Sakit yang terasa tidak biasa di paha atau pinggul
  • Bronkospasme (mengi, sesak dada, kesulitan bernapas)

Efek samping yang kurang serius, meliputi:

  • Batuk
  • Masalah penglihatan
  • Diare, sembelit
  • Sakit kepala, perasaan lelah
  • Nyeri sendi atau nyeri otot yang ringan
  • Kemerahan atau bengkak di mana jarum ditempatkan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Zoledronic Acid?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Zoledronic Acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Zoledronic Acid?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Anemia
  • Masalah pendarahan
  • Kanker , riwayat kanker
  • Masalah pada gigi
  • Prosedur gigi
  • Kebersihan mulut yang buruk
  • Bedah (misalnya, operasi gigi) – Mungkin meningkatkan risiko masalah rahang yang berat.
  • Asma, sensitif pada aspirin
  • Penyakit jantung
  • Penyakit ginjal
  • Ketidakseimbangan mineral (misalnya, tinggi atau rendah kalsium, magnesium, fosfor, atau kalium dalam darah) – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Reseksi usus
  • Penyakit parathyroid (misalnya, hypoparathyroidism)
  • Operasi parathyroid
  • Masalah penyerapan perut atau
  • Operasi thyroid – kondisi ini dapat meningkatkan risiko Anda memiliki hypocalcemia (rendahnya kadar kalsium dalam darah).
  • Dehidrasi (tidak cukup air atau cairan dalam tubuh Anda) – Mungkin meningkatkan risiko masalah ginjal berat.
  • Hypocalcemia (kalsium yang rendah dalam darah)
  • Penyakit ginjal parah (misalnya, gagal ginjal) – Seharusnya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Zoledronic Acid untuk dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk Osteolytic Bone Lesions of Multiple Myeloma:

Zometa (R):

4 mg IV selama tidak kurang dari 15 menit, setiap 3-4 minggu

Dosis dewasa biasa untuk Osteolytic Bone Metastases of Solid Tumors:

Zometa (R):

4 mg IV selama tidak kurang dari 15 menit, setiap 3-4 minggu

Dosis Dewasa biasa untuk Hypercalcemia yang ganas:

Zometa (R):

Dosis Maksimum : dosis tunggal infus 4 mg IV selama tidak kurang dari 15 menit

Dosis Dewasa biasa untuk Penyakit Paget:

Reclast (R):

5 mg infus IV, pada tingkat infus konstan, lebih tidak kurang dari 15 menit

Suplemen Kalsium dan Vitamin D:

  • Kalsium: 750 mg elemental kalsium oral dua kali sehari, atau 500 mg secara oral tiga kali sehari.
  • Vitamin D : 800 unit internasional secara oral setiap hari, terutama dalam 2 minggu setelah pemberian obat.

Dosis dewasa biasa untuk Osteoporosis:

Reclast (R):

5 mg IV infus selama tidak kurang dari 15 menit, setahun sekali

Dosis dewasa biasa untuk Pencegahan Osteoporosis:

Reclast (R):

5 mg infus IV selama tidak kurang dari 15 menit, setiap 2 tahun

Berapa dosis obat Zoledronic Acid untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Zoledronic Acid tersedia?

Zoledronic Acid tersedia dalam dosis: Solusi 5 mg/100 mL

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis yang mungkin terjadi, meliputi:

  • Demam
  • Lemah
  • Kram otot
  • Detak jantung tidak teratur, berdebar cepat
  • Pusing
  • Gerakan mata tak terkendali
  • Penglihatan ganda
  • Depresi
  • Kesulitan berjalan
  • Gemetar tak terkendali dari bagian tubuh Anda
  • Kejang
  • Kebingungan
  • Sesak napas
  • Nyeri, rasa terbakar, mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Kesulitan berbicara
  • Kesulitan menelan
  • Buang air kecil berkurang

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Daftar Makanan untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

    Leukosit yang rendah bisa membuat Anda rentan kena infeksi. Makanan penambah sel darah putih bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan leukosit Anda.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Penyakit Kelainan Darah, Kelainan Sel Darah Putih 8 November 2020 . Waktu baca 7 menit

    Sistem Gerak Pada Manusia dan Gangguannya

    Tahukah Anda apa yang dimaksud sistem gerak pada manusia? Lalu,, apa saja masalah kesehatan yang terkait dengan sistem ini? Berikut penjelasannya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kesehatan Muskuloskeletal 25 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit

    Kanker Tiroid

    Kanker tiroid dapat terjadi baik dengan atau tanpa gejala. Supaya lebih mengenal gejala, penyebab, dan pengobatannya, simak ulasannya berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 5 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

    Kanker Mata

    Kanker mata atau okular adalah kanker menyerang jaringan indra penglihatan. Kenali gejala, penyebab, dan pengobatan kanker mata berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 5 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    osteomalasia osteomalacia adalah

    Osteomalasia (Osteomalacia)

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit
    penyebab trombosit turun dan cara menaikkan trombosit

    Berbagai Penyebab Trombosit Turun dan Cara Menaikkan Jumlahnya Normal Kembali

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 16 November 2020 . Waktu baca 8 menit
    limfosit tinggi

    Apa yang Terjadi Bila Kadar Limfosit Tinggi?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 5 menit
    sel darah putih naik

    Mencari Penyebab Leukosit Tinggi dalam Darah dan Cara Menanganinya

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 5 menit