Sevelamer Hidroklorida

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa obat Sevelamer Hidroklorida?

Sevelamer adalah obat untuk menurunkan kadar fosfor (fosfat) darah pada pasien yang sedang menjalani dialisis akibat penyakit ginjal yang serius.  Sevelamer bekerja dengan cara berikatan pada fosfat dari makanan agar fosfat dapat keluar dari tubuh Anda.

Mengurangi kadar fosfat dalam darah dapat membantu memperkuat tulang, mencegah penumpukkan mineral pada tubuh, serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke yang dapat disebabkan oleh kadar fosfat yang tinggi.

Bagaimana aturan pakai Sevelamer Hidroklorida?

Minum obat ini, biasanya 3 kali sehari dengan makanan atau sesuai dengan petunjuk dokter. Telan tablet dengan utuh. Jangan menghancurkan, mengunyah atau membagi tablet. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis, obat-obatan penurun kadar fosfat lainnya yang Anda gunakan dan respon Anda terhadap terapi.

Jika Anda menggunakan bentuk bubuk dari obat ini, periksakan petunjuk pabrik pada kemasan untuk jumlah air yang harus digunakan untuk dosis tertentu. Aduk dan minum campuran dalam 30 menit. Jika bubuk mengendap di dasar gelas, aduk lagi sebelum meminum.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini setelah makan setiap hari, atau sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter.

Jangan minum obat-obatan lain 1 jam sebelum atau 3 jam sesudah meminum obat ini. Menggunakan obat lain dalam jangka waktu tersebut dapat mengurangi efektivitas obat lain. Konsultasikan dengan apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana cara menyimpan Sevelamer Hidroklorida?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Sevelamer Hidroklorida untuk orang dewasa?

Sevelamer karbonat: 800 – 1600 mg diminum 3 kali sehari setiap makan berdasarkan kadar serum fosfor

  • Fosfor di atas 5.5 dan kurang dari 7.5 mg/dL = 800 mg
  • Fosfor 7.5 ke atas dan kurang dari 9.0 mg/dL = 1600 mg
  • Fosfor 9.0 ke atas = 1600 mg

Sevelamer hidroklorida:

  • Fosfor di atas 5.5 dan kurang dari 7.5 mg/dL = 1 tablet 800 mg atau 2 tablet 400 mg diminum 3 kali sehari dengan makanan
  • Fosfor 7.5 ke atas dan kurang dari 9.0 mg/dL = 2 tablet 800 mg atau 3 tablet 400 mg diminum 3 kali sehari dengan makanan
  • Fosfor 9.0 ke atas = 2 tablet 800 mg atau 4 tablet 400 mg diminum 3 kali sehari dengan makanan

Untuk pasien yang mengganti dari kalsium asetat menjadi sevelamer:

Sevelamer karbonat: Untuk setiap tablet kalsium asetat 667 tablet setiap makan, berikan sevelamer karbonat 800 mg setiap makan.

Sevelamer hidroklorida:

  • 1 tablet kalsium asetat 667 mg setiap makan: Gantikan 1 tablet sevelamer hidroklorida 800 mg atau 2 tablet sevelamer hidroklorida 400 mg setiap makan.
  • 2 tablet kalsium asetat 667 mg setiap makan: Gantikan 2 tablet sevelamer hidroklorida 800 mg atau 3 tablet sevelamer hidroklorida 400 mg setiap makan.
  • 3 tablet kalsium asetat 667 mg setiap makan: Gantikan 3 tablet sevelamer hidroklorida 800 mg atau 5 tablet sevelamer hidroklorida 400 mg setiap makan.

Pasien yang mengganti dari sevelamer hidroklorida menjadi sevelamer karbonat: Dosis harus diberikan berdasarkan gram per gram basis.

Dosis harian maksimum yang diteliti untuk sevelamer hidroklorida adalah 13,000 mg dan untuk karbonat 14,000 mg.

Bagaimana dosis Sevelamer Hidroklorida untuk anak?

Dosis awal 121 plus atau minus 50 mg/kg/hari (4.5 plus atau minus 5 g/hari) digunakan. Dosis disesuaikan berdasarkan serum fosfor dengan dosis final 163 plus atau minus 46 mg/kg (6.7 plus atau minus 2.4 gm/hari) tanpa efek yang merugikan (Mahdavi, 2003). Pada suatu penelitian terhadap pasien berusia 0.9 – 18 tahun dengan penyakit ginjal kronis, dosis rata-rata 140 plus atau minus 86 mg/kg/hari (5.38 plus atau minus 3.24 g/hari) menghasilkan kendali fosfor yang baik dengan efek merugikan yang minimal. Dosis awal diberikan berdasarkan dosis pengikat fosfat sebelumnya dan disesuaikan berdasarkan serum fosfor.

Dalam dosis dan sediaan apakah Sevelamer Hidroklorida tersedia?

Sevelamer hidroklorida tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:
Tablet 400 mg; 800 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Sevelamer Hidroklorida?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan sevelamer dan segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Feses berwarna hitam, berdarah
  • Konstipasi yang memburuk atau tidak kunjung membaik
  • Konstipasi parah dengan sakit perut
  • Demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu.

Efek samping yang lebih tidak serius meliputi:

  • Mual, muntah, sakit perut, kehilangan napsu makan
  • Upset stomach, gas, kembung
  • Diare, konstipasi ringan
  • Merasa lelah
  • Gatal-gatal
  • Nyeri sendi.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Sevelamer Hidroklorida?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Penelitian hingga kini belum menunjukkan hubungan usia dengan efekk sevelamer pada populasi anak-anak. Keamanan dan efektivitas belum ditentukan.

Lansia

Penelitian hingga kini belum menunjukkan masalah yang spesifik terhadap anak-anak yang dapat membatasi manfaat sargramostim pada lansia. Namun, pasien lansia dapat memulai dengan dosis yang lebih rendah.

Apakah Sevelamer Hidroklorida aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko,
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C= Mungkin berisiko,
  • D= Ada bukti positif dari risiko,
  • X= Kontraindikasi,
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Sevelamer Hidroklorida?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Ciprofloxacin
  • Levothyroxine
  • Mycophenolate Mofetil

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Sevelamer Hidroklorida?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Ciprofloxacin
  • Levothyroxine
  • Mycophenolate Mofetil

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Sevelamer Hidroklorida?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyumbatan usus – Tidak boleh diberikan pada pasien dengan kondisi ini
  • Kesulitan menelan atau gangguan menelan lainnya
  • Operasi besar pada saluran pencernaan
  • Gangguan pada lambung atau usus (seperti sembelit), parah – Gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan efek samping serius apabila tablet tidak dapat ditelan dan diserap dengan sempurna.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hemodialisis, Prosedur Cuci Darah untuk Penyakit Gagal Ginjal

Hemodialisis merupakan prosedur membersihkan tubuh dari limbah berbahaya, garam ekstra, dan air ekstra. Berikut pertanyaan umum tentang hemodialisis.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Ginjal 21 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Penyakit Ginjal

Penyakit atau sakit ginjal adalah gangguan fungsi pada organ ginjal. Apa saja gejala dan penyebab penyakit ginjal? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Ginjal 16 September 2020 . Waktu baca 12 menit

Transplantasi Ginjal

Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Beberapa Gejala Infeksi Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

infeksi ginjal pielonefritis disebabkan oleh bakteri atau virus yang mulanya menyerang kandung kemih. Lantas, apa saja gejala infeksi ginjal?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Urologi, Ginjal 6 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit ginjal pada anak

Penyakit Ginjal pada Anak: Penyebab, Jenis, Gejala, dan Perawatannya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
pemeriksaan HBsAg adalah

HBsAg, Tes Darah untuk Mendiagnosis Penyakit Hepatitis B

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Nefritis Interstisial adalah

Nefritis Interstisial

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Rhabdomyolysis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 10 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit