Neuralgin RX

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Kegunaan

Untuk apa Neuralgin RX digunakan?

Neuralgin adalah obat untuk meredakan nyeri. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, seperti nyeri otot, nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, gangguan syaraf ringan, nyeri haid (dismenore), dan lain sebagainya.

Neuralgin RX Capsule works by binding to mu opioid receptors; antagonizing the adenosine receptors; metabolizing carbohydrate thus maintains normal growth; producing antibodies and hemoglobin by keeping blood sugar level in normal range; treating vitamin B12 deficiency;

Berikut adalah daftar kondisi kesehatan yang dapat diatasi dengan obat Neuralgin RX:

  • Nyeri
  • Kelelahan
  • Masalah saraf
  • Anemia
  • Masalah jantung
  • Tubuh lemas
  • Kekurangan vitamin B1
  • Kekurangan vitamin B12
  • Cerebral palsy
  • Gangguan tidur atau sleep apnea

Obat ini mengandung senyawa aktif seperti metampiron, thiamine HCL, pyridoxine HCL, cyanocobalamin, dan Trimethylxanthine (kafein).

Metampiron

Metampiron, atau yang disebut juga dengan metamizole, adalah obat yang tergolong dalam nonsteroidal anti-inflammatory drugs atau NSAID.

Obat ini juga bersifat analgesik, spasmolitik, dan antipiretik. Umumnya, metampiron digunakan untuk mengatasi nyeri akut akibat trauma pascaoperasi, nyeri akibat tumor, serta beberapa jenis nyeri kronis.

Thiamine

Thiamine, atau yang disebut juga dengan vitamin B1, adalah vitamin yang banyak ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti gandum utuh, kacang-kacangan, serta daging.

Thiamine juga terkandung dalam obat Neuralgin RX. Beberapa manfaat dari thiamine di antaranya adalah mengatasi defisiensi atau kekurangan vitamin B1.

Selain itu, thiamine juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada penderita AIDS, diabetes, penyakit jantung, penderita kerusakan otak, serta mencegah kanker dan penyakit ginjal pada pasien penderita diabetes tipe 2.

Thiamine membantu tubuh kita menyerap dan menggunakan karbohidrat.

Pyridoxine

Bahan aktif lain yang terdapat di obat Neuralgin RX adalah pyridoxine, atau yang juga dikenal dengan vitamin B6. Vitamin ini dapat digunakan untuk mencegah atau mengatasi kekurangan vitamin B6.

Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan turunnya kadar vitamin B6 adalah ketergantungan alkohol, penyakit hati, masalah tiroid, serta gagal jantung. Kondisi-kondisi tersebut dapat diatasi dengan pengoabtan menggunakan pyridoxine.

Selain itu, vitamin ini juga diperluka nuntuk menjaga kesehatan saraf, kulit, serta sel-sel darah merah dalam tubuh.

Cyanocobalamin

Jenis vitamin lain yang juga dapat ditemukan dalam Neuralgin RX adalah cyanocobalamin, atau vitamin B12.

Trimethylxantine

Bagaimana aturan pakai obat Neuralgin RX?

Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Ikuti aturan minum obat yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Selalu baca petunjuk pemakaian obat sebelum menggunakan obat ini.

Baca dengan saksama petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan atau resep. Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, atau lebih lama dari yang disarankan oleh dokter.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan obat Neuralgin RX?

Neuralgin adalah obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan dengan Neuralgin RX.

Berapa dosis Neuralgin RX untuk dewasa?

Untuk orang dewasa, dosis Neuralgin RX adalah 1-2 kaplet diminum sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Berapa dosis Neuralgin RX untuk anak-anak?

Untuk anak-anak, dosis Neuralgin RX adalah ½ – 1 kaplet diminum sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Penggunaan obat Neuralgin untuk anak-anak sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apa Neuralgin RX tersedia?

Bentuk sediaan obat Neuralgin RX adalah kaplet salut selaput.

Efek Samping

Apa efek samping Neuralgin RX yang mungkin terjadi?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan Eperisone HCl dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Beberapa efek samping yang paling sering terjadi setelah minum obat Neurolagin RX adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Reaksi alergi
  • Gangguan pencernaan

Tidak menutup kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Segera hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika terjadi reaksi alergi parah (anafilaktik), dengan gejala-gejala seperti:

  • pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan obat Neuralgin RX?

Sebelum minum obat Neuralgin RX, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala manfaat dan risiko dari obat ini. Pasalnya, obat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakan obat Neuralgin RX adalah:

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi atau gejala tidak biasa setelah menggunakan obat ini atau obat-obatan lainnya.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat gangguan pembekuan darah atau kelainan darah.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal dan hati.
  • Beri tahu dokter tentang semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk vitamin, suplemen, dan herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki gangguan pencernaan.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat gangguan pernapasan, seperti bronkospasme.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Obat ini tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang.

Mungkin ada hal-hal lain yang tidak disebutkan di atas. Jika ada pertanyaan lain, maka silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dokter mungkin akan memberikan informasi yang lebih lengkap, termasuk dosis, keamanan, serta interaksi obat ini. Simak dengan baik semua informasi yang dijelaskan dokter agar pengobatan yang Anda lakukan berjalan secara optimal.

Apakah obat Neurlagin RX aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat Neuralgin RX?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa obat yang mungkin dapat berinteraksi dengan obat Neuralgin adalah:

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan obat Neuralgin RX?

Baca baik-baik petunjuk penggunaan yang terdapat di kemasan obat Neuralgin RX. Dalam petunjuk tersebut, biasanya telah terdaftar apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari selama menggunakan obat Neuralgin.

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari obat Neuralgin RX?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter kalau Anda memiliki masalah medis lainnya, khususnya:

  • Alergi atau hipersensitif terhadap komponen dalam obat ini
  • Gangguan pernapasan
  • Gangguan pembekuan
  • Penyakit kardiovaskuler
  • Gangguan fungsi hati dan ginjal
  • Gangguan pencernaan
  • Hamil dan menyusui

Mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda ragu dengan kondisi kesehatan Anda, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Berikut adalah gejala-gejala overdosis lainnya yang perlu Anda waspadai:

  • mual
  • muntah-muntah
  • pusing
  • hilang keseimbangan
  • mati rasa dan kesemutan
  • kejang-kejang

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis digandakan.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pura-pura Sakit? Bisa Jadi Anda Mengidap Sindrom Munchausen

Tanpa Anda sadari, sering berpura-pura sakit ternyata bisa menandakan gangguan jiwa. Cari tahu tanda-tanda dan penyebab sindrom pura-pura sakit berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 13 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Hati Anda

Hati-hati karena obat yang dijual bebas dapat menjadi racun bagi hati. Simak cara udah menjaga kesehatan hati berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 10 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Manfaat Ganja dalam Dunia Medis Plus Efeknya untuk Kesehatan

Meski ilegal di sebagian besar negara di dunia, mariyuana alias ganja terbukti memiliki beberapa manfaat medis jika digunakan dalam batas kewajaran.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 6 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

muntah

Muntah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
waktu yang tepat minum obat cacing

Kapan Waktu yang Tepat Minum Obat Cacing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
pankreatitis akut

Pankreatitis Akut

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
sarkopenia lansia

3 Kebiasaan Buruk di Masa Muda yang Bisa Picu Sarkopenia Saat Tua Nanti

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit