Levonorgestrel

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Levonorgestrel Obat Apa?

Untuk apa Levonorgestrel?

Levonorgestrel adalah obat yang digunakan pada wanita untuk mencegah kehamilan setelah gagalnya alat KB (misalnya kondom rusak) atau melakukan seks tidak berpelindung. Obat ini adalah hormon progestin yang mencegah kehamilan dengan mencegah lepasnya telur (ovulasi) dan merubah rahim dan lendir serviks untuk membuat telur dan sperma semakin sulit bertemu (fertilisasi) atau melekat ke dinding rahim (implantasi).

Menggunakan obat ini tidak akan menggugurkan kehamilan yang sudah terjadi maupun melindungi Anda melawan penyakit seksual menular (misalnya HIV, gonorrhea, chlamydia).

Obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada wanita yang kelebihan berat badan (lebih dari 74 kg). Bicarakan dengan dokter Anda untuk detail lebih lanjut dan lihat apakah pengobatan ini cocok bagi Anda.

Obat ini sebaiknya tidak digunakan sebagai alat KB reguler.

Bagaimana cara penggunaan Levonorgestrel?

Gunakan obat ini melalui mulut sesegera mungkin setelah seks tanpa pelindung. Instruksi Anda untuk menggunakannya tergantung merk yang digunakan. Oleh karena itu, cek label pada merek obat Anda dan tanyakan dokter atau apoteker jika Anda memiliki pertanyaan. Gunakan sesuai petunjuk, biasanya 2 tablet langsung, atau gunakan 1 tablet dan kemudian gunakan tablet kedua 12 jam setelah tablet pertama. Obat ini dapat digunakan dengan atau tanpa makanan. Obat ini bekerja dengan baik saat digunakan dalam 72 jam (3 hari) setelah seks tidak berpelindung.

Jika Anda muntah dalam 2 jam ketika menggunakan obat ini, hubungi dokter Anda untuk berdiskusi apakah Anda perlu mengulang atau mengganti dosisnya.

Jumlah dan waktu datang bulang mungkin tidak teratur setelah menggunakan obat ini. Kabari dokter Anda segera jika datang bulan Anda terlambat lebih dari 7 hari. Anda mungkin memerlukan tes kehamilan.

Bagaimana cara penyimpanan Levonorgestrel?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Levonorgestrel

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Levonorgestrel untuk orang dewasa?

Gunakan satu tablet merek Plan B lewat mulut sesegera mungkin dalam 72 jam setelah berhubungan seks tanpa pelindung atau jika Anda menduga alat kontrasepsi gagal. Kemanjuran lebih baik jika tablet digunakan sesegera mungkin setelah hubungan seks tanpa pelindung. Tablet kedua sebaiknya digunakan 12 jam setelah obat pertama. Plan B bisa digunakan kapan saja dalam siklus menstruasi.

Jika Anda muntah-muntah dalam dua jam menggunakan dosis pengobatan ini, pertimbangan perlu diberikan untuk mengulang dosis obat ini.

Bagaimana dosis Levonorgestrel untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak tidak ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Levonorgestrel tersedia?

Tablet, Oral: 1.5 mg.

Efek samping Levonorgestrel

Efek samping apa yang dapat dialami karena Levonorgestrel?

Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda merasa sakit parah di perut bagian bawah atau samping. Ini mungkin tanda kehamilan ektopik (kehamilan yang tertanam pada tabung fallopian dan bukan di rahim). Kehamilan ektopik adalah keadaan medis darurat.

Efek samping yang kurang serius yaitu:

  • mual, diare, atau sakit perut
  • pusing, merasa lelah
  • sakit payudara
  • perubahan pada masa menstruasi
  • sakit kepala

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Levonorgestrel

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Levonorgestrel?

Sebelum menggunakan levonorgestrel,

  • bilang kepada dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi levonorgestrel, obat lain, atau bahan-bahan yang ada dalam tablet levonogestrel. Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan-bahannya
  • bilang dokter dan apoteker Anda apa obat resep dan non resep lainnya, vitamin, dan suplemen nutrisi, yang Anda gunakan atau berencana digunakan. Pastikan untuk menyebutkan beberapa hal berikut: obat bius tidur seperti phenobarbital atau secobarbital (Seconal); bosentan (Tracleer); griseofulvin (Fulvicin-U/F, Grifulvin V, Gris-PEG); obat tertentu yang digunakan untuk mencegah human immunodeficiency virus (HIV) atau acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) termasuk amprenavir (Agenerase), delavirdine (Rescriptor), efavirenz (Sustiva), etravirine (Intelence), fosamprenavir (Lexiva), nelfinavir (Viracept), nevirapine (Viramune), ritonavir (Norvir, in Kaletra), dan saquinavir (Invirase); obat tertentu untuk kejang seperti carbamazepine (Equetro, Tegretol), felbamate (Felbatol), oxcarbazepine (Trileptal), phenytoin (Dilantin, Phenytek), dan topiramate (Topamax); dan rifampin (Rifadin, Rimactane). Levonorgestrel tidak dapat bekerja dengan baik atau dapat lebih menyebabkan efek samping jika digunakan dengan pengobatan ini
  • bilang kepada dokter Anda produk herbal apa yang Anda gunakan, khususnya St. John’s wort
  • bilang dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki kondisi medis apapun
  • bilang dokter Anda jika Anda hamil. Jangan gunakan levonorgestrel jika Anda telah hamil. Levonorgestrel tidak akan menggugurkan kehamilan yang telah terjadi
  • bilang dokter Anda jika Anda sedang menyusui
  • Anda sebaiknya mengetahui setelah Anda menggunakan levonorgestrel, waktu menstruasi Anda selanjutnya akan kembali normal seminggu lebih cepat atau lambat dari yang diperkirakan. Jika waktu menstruasi Anda berikutnya terlambat lebih dari 1 minggu setelah waktu yang diperkirakan, hubungi dokter Anda. Anda mungkin hamil dan dokter Anda mungkin akan bilang kepada Anda untuk melakukan tes kehamilan.

Apakah Levonorgestrel aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Levonorgestrel

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Levonorgestrel?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

  • bosentan, griseofulvin, insulin, St. John’s wort, topiramate;
  • a barbiturate–butabarbital, phenobarbital, secobarbital, and others; a blood thinner–warfarin, Coumadin; obat HIV/AIDS –efavirenz, nevirapine, ritonavir; seizure medication–carbamazepine, fosphenytoin, oxcarbazepine, phenobarbital, phenytoin, primidone; steroids–prednisone, fluticasone, mometasone, dexamethasone, and others; tuberculosis medication–rifabutin, rifampin, rifapentine.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Levonorgestrel?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Levonorgestrel?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama diabetes.

Overdosis Levonorgestrel

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis yaitu mual dan muntah-muntah.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Cacingan, toksoplasmosis, dan malaria adalah contoh penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Berapa Lama Waktu Jogging agar Kalori Terbakar Optimal?

Jogging adalah olahraga yang praktis dan juga murah. Lantas, jika ingin efektif bakar lemak berapa lama waktu jogging yang dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Olahraga Kardio, Kebugaran 26 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Badan sakit setelah olahraga sebenarnya pertanda apa? Apakah ini baik atau justru sebaliknya? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Olahraga Lainnya, Kebugaran 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi yang Harus Dihindari

Untuk menghindari sakit gigi, perhatikan juga asupan makanan dan minuman yang harus dihindari yang bisa jadi penyebab saat sakit gigi.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 26 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mempraktekkan fantasi seks

Cara Beri Tahu Pasangan Kalau Anda Punya Fantasi Seks yang Ingin Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mencium bau badan

Kenapa, Sih, Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat klamidia

Apakah Infeksi Klamidia Bisa Benar-Benar Sembuh? Begini Jawabannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit