Coal Tar

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Coal Tar Obat Apa?

Untuk apa coal tar?

Coal tar adalah obat untuk mengatasi gatal-gatal, kulit bersisik, dan mengelupas karena kondisi seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Coal tar adalah obat golongan keratoplastics. Obat ini bekerja dengan cara melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit. Efeknya obat ini dapat meredakan kulit yang bersisik dan kekeringan. Coal tar juga dapat meredakan gatal dari kondisi kulit tersebut.

Obat ini juga dapat digunakan untuk ruam jenis lain seperti eksim, dermatitis atopik, dan dermatitis eksudatif kronis.

Dosis coal tar dan efek samping coal tar akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan coal tar?

Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Periksa label untuk melihat apakah Anda perlu mengocok produk sebelum digunakan. Jika Anda tidak yakin tentang suatu informasi, konsultasilah dengan dokter atau apoteker.

Obat ini hanya untuk digunakan pada kulit saja. Untuk menghindari iritasi, jangan biarkan obat ini kontak dengan mata, hidung, mulut, pangkal paha, atau rektum. Jika Anda terkena obat di daerah-daerah tersebut, basuhlah daerah tersebut dengan air dingin selama 15 menit. Cuci tangan setelah menggunakannya.

Oleskan sedikit ke daerah yang sakit. Pijat dengan lembut. Aplikasikan 1 sampai 4 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Biarkan obat kering sebelum menggunakan pakaian. Tidak berlaku untuk kulit rusak atau infeksi kulit kecuali diarahkan oleh dokter Anda.

Untuk mengobati kulit kepala, aplikasikan larutan sesuai dengan petunjuk obat. Produk tar batubara juga dapat digunakan di kamar mandi atau sebagai air perendam tangan dan kaki. Ikuti petunjuk obat dengan hati-hati. Bilas dengan baik. Produk coal tar dapat membuat kamar mandi/toilet sangat licin. Hati-hati agar tidak tidak jatuh.

Dosis diatur berdasarkan kondisi medis Anda, jenis produk / merek, dan respon terhadap pengobatan. Jangan menggunakannya dalam dosis yang besar obat ini, menggunakannya lebih sering, atau menggunakannya untuk jangka waktu lebih lama dari yang diatur. Kondisi Anda tidak akan sembuh lebih cepat, tapi kesempatan untuk mengalami efek samping dapat ditingkatkan.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Untuk membantu Anda mengingat, gunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk. Jika kondisi kulit Anda mencakup area kulit yang luas, atau jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, carilah bantuan medis segera.

Bagaimana cara penyimpanan coal tar?

Coal tar adalah salah satu obat yang baiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Coal Tar

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis coal tar untuk orang dewasa?

Untuk berbagai masalah kulit, dosis coal tar adalah:

  • Coal tar dalam bentuk sabun batang. Gunakan satu atau dua kali sehari, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.
  • Coal tar bentuk krim. Oleskan pada daerah yang terkena hingga empat kali sehari.
  • Coal tar bentuk gel. Oleskan pada daerah yang terkena satu atau dua kali sehari.
  • Coal tar bentuk lotion. Oleskan langsung ke daerah yang terkena atau digunakan ketika mandi, rendam tangan atau kaki, atau sebagai pembilas rambut, tergantung pada produk.
  • Coal tar bentuk salep. Oleskan pada daerah yang terkena dua atau tiga kali sehari.
  • Coal tar bentuk sampo. Gunakan sekali sehari untuk seminggu sekali atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.
  • Coal tar bentuk obat oles. Oleskan untuk membasahi kulit atau kulit kepala, atau digunakan ketika mandi, tergantung pada produk.
  • Coal tarbentuk suspensi oles. Gunakan ketika mandi.

Bagaimana dosis coal tar untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah coal tar tersedia?

Kesediaan obat coal tar adalah:

  • Cair
  • Sampo
  • Losion
  • Larutan
  • Krim
  • Gel/jelly
  • Sabun
  • Obat salep
  • Busa
  • Emulsi

Efek samping Coal Tar

Efek samping apa yang dapat dialami karena coal tar?

Efek samping paling umum dari penggunaan obat coal tar adalah iritasi kulit ringan atau ruam kulit. Berhentilah menggunakan obat ini dan hubungi dokter Anda jika Anda mengalami rasa menyengat parah, terbakar, bengkak, atau iritasi lainnya dari kulit yang diobati.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Coal Tar

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan coal tar?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakan obat coal tar adalah:

  • Alergi. Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk obat non-resep, bacalah label atau bahan penyusun dengan hati-hati.
  • Anak-anak. Produk coal tar tidak boleh digunakan pada bayi, kecuali dokter menganjurkan sebaliknya. Studi pada obat ini telah dilakukan hanya pada pasien dewasa, dan tidak ada informasi lengkap yang membandingkan penggunaan obat ini pada anak-anak dengan kelompok usia lainnya.
  • Lansia. Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Efek samping obat ini pada lansia belum diketahui karena tidak ada informasi lengkap yang berhasil membandingkan penggunaan obat ini pada orang tua dengan penggunaan dalam kelompok usia lainnya.

Apakah coal tar aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Seringat, atau yang setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi Obat Coal Tar

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan coal tar?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan coal tar?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan coal tar?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

Overdosis Coal Tar

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ketahui 4 Tips Merawat Kulit Bayi Sensitif

Banyak hal yang menyebabkan kulit bayi sensitif. Ketahui bagaimana cara penanganan agar kulit bayi Anda terjaga. Seperti apa tips perawatan yang tepat?

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Cara Ampuh Mengobati Dermatitis Stasis, Eksim yang Muncul di Kaki

Eksim di tangan dan kaki disebut dengan eksim dishidrosis. Cari tahu cara mengobati eksim di kaki dan tangan pada artikel ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Kulit, Dermatitis 14 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Komplikasi yang Mungkin Muncul Akibat Penyakit Dermatitis

Selain menimbulkan gejala yang muncul pada kulit, komplikasi dermatitis bisa saja terjadi. Apa saja dampak panjang dari penyakit ini yang mungkin terjadi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Dermatitis 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Dermatitis Numularis (Eksim Diskoid)

Eksim numular, dikenal juga sebagai dermatitis numularis atau eksim discoid, adalah kondisi kronis yang menyebabkan bercak berbentuk koin pada kulit.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Dermatitis 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri atau sakit punggung

Nyeri Punggung, Ketahui Penyebab Hingga Pengobatan yang Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
atrofi otot

Informasi Lengkap Atrofi Otot, Mulai dari Gejala Hingga Pengobatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 18 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
intertrigo dermatitis intertriginosa

Dermatitis Intertriginosa (Intertrigo)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit