Biocream

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa biocream digunakan?

Biocream atau bio cream adalah salah satu jenis obat salep yang memiliki kandungan hypoallergenic ambiphilic cream. Zat tersebut merupakan obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit, seperti kulit kering.

Obat ini termasuk ke dalam jenis obat bebas yang bisa Anda dapatkan di apotek tanpa disertai resep dokter. Obat ini digunakan untuk melembapkan kulit yang kering.

Manfaat lain dari biocream adalah untuk melindungi kulit pasien agar terhindar dari efek samping radioterapi, salah satu jenis pengobatan kanker.

Bagaimana cara penggunaan biocream?

Untuk menggunakan obat topikal ini dengan baik, ikuti tata cara penggunaan obat yang harus Anda perhatikan, seperti berikut.

  • Gunakan obat ini dengan cara dioleskan pada area kulit yang kering.
  • Gunakan biocream salep sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Sebelum mengoleskan biocream salep, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang kering.
  • Jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengoleskan obat ini. Lakukan hal yang sama setelah mengoleskannya, kecuali jika area kering yang diolesi adalah tangan.
  • Hindari menggunakan produk obat salep lainnya jika sedang menggunakan biocream, kecuali jika dokter yang menyarankannya.
  • Jangan menggunakan obat ini terlalu tebal, karena dapat menyebabkan kulit Anda mengelupas dalam jumlah banyak. Oleskan tipis-tipis agar dapat menghindari kulit mengelupas.
  • Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, atau lebih lama dari yang disarankan.
  • Hindari penggunaan obat ini di area mulut, mata dan hidung

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Sama halnya dengan obat-obatan lain, biocream salep juga memiliki cara penyimpanan yang sebaiknya Anda ikuti, seperti berikut.

  • Simpan obat ini di tempat dengan suhu ruang.
  • Jangan menyimpan obat ini di tempat yang membuat obat mudah terpapar sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Obat ini sebaiknya tidak disimpan di dalam tempat yang lembap.
  • Jangan menyimpan obat ini di dalam kamar mandi.
  • Jangan menyimpan obat ini di dalam freezer hingga beku, kecuali jika dokter atau apoteker menginstruksikan lain.
  • Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jika Anda sudah tidak menggunakan obat ini lagi atau jika obat telah kedaluwarsa, segera buang obat ini sesuai tata cara membuang obat.

Salah satunya, jangan mencampurkan obat ini dengan sampah rumah tangga. Jangan pula membuang obat ini di saluran pembuangan air seperti toilet.

Tanyakan kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat mengenai tata cara membuang obat yang benar dan aman untuk kesehatan lingkungan.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis biocream untuk orang dewasa?

Menurut MIMS, dosis yang digunakan untuk orang dewasa adalah 2-3 kali penggunaan setiap hari.

Bagaimana dosis biocream untuk anak-anak?

Masih belum diketahui dengan pasti dosis biocream untuk anak-anak. Jika Anda ingin menggunakan salep ini untuk anak-anak, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter atau apoteker apakah obat ini aman diberikan pada anak.

Dalam dosis apa obat in tersedia?

Bio cream tersedia dalam bentuk obat salep 20 gram.

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan biocream?

Sama halnya dengan penggunaan obat-obatan lain, biocream salep mungkin dapat menimbulkan efek samping penggunaan. Efek samping yang terjadi mungkin berupa efek samping yang serius. Namun, biasanya efek samping yang lebih sering terjadi adalah efek samping yang lebih ringan.

Meski demikian, setiap kali menggunakan obat, Anda tetap harus waspada dan selalu memperhatikan kemungkinan-kemungkinan efek sampingnya. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter dan apoteker kemungkinan efek samping yang mungkin Anda alami.

Peringatan & Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan biocream?

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan obat salep bio cream. Di antaranya:

  • Jangan menggunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap biocream atau bahan-bahan yang terdapat di dalamnya. Untuk mengetahui kandungan obat ini, tanyakan kepada dokter atau apoteker.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan lain, makanan, zat pewarna dan pengawet, bahkan alergi terhadap hewan.
  • Beri tahu dokter segala jenis obat yang Anda gunakan mulai dari obat resep, nonresep, multivitamin, hingga produk herbal.
  • Mengingat obat ini hanya digunakan pada kulit dan tidak masuk ke dalam tubuh Anda, obat ini mungkin aman digunakan saat Anda membutuhkan konsentrasi tinggi. Tetapi, jika setelah menggunakan obat ini Anda merasa ngantuk, pusing, atau lemas, hindari kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
  • Jangan berhenti menggunakan obat secara tiba-tiba. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara berhenti menggunakan obat yang baik, tanyakan kepada dokter. Berhenti menggunakan obat secara tiba-tiba mungkin memicu risiko efek samping penggunaan obat justru timbul.

Apakah biocream aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Mengingat obat ini hanyalah obat luar atau obat yang diaplikasikan pada kulit dan tidak diserap masuk ke dalam tubuh, obat ini mungkin tidak berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Pasalnya, obat ini tidak ada kontak langsung dengan janin di dalamnya.

Di sisi lain, obat ini juga tidak berbahaya bagi bayi yang sedang menyusu karena obat ini tidak dikonsumsi dan tidak mungkin pula keluar dari Air Susu Ibu (ASI).

Tetapi, Anda juga perlu waspada jika menggunakan obat ini di area payudara karena bayi yang sedang menyusu mungkin saja tidak sengaja menjilat obat dari payudara saat hendak menyusu.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan biocream?

Interaksi antar obat mungkin terjadi. Jika obat yang Anda gunakan berinteraksi, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi; kemungkinan baik dan kemungkinan buruk. Kemungkinan buruknya, interaksi yang terjadi mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping.

Sementara, kemungkinan baiknya, interaksi antar obat yang terjadi mungkin menjadi jenis pengobatan terbaik untuk kesehatan Anda. Meski demikian, interaksi antara biocream dengan obat-obatan lain hampir tidak mungkin terjadi karena obat salep ini hanya Anda gunakan di tubuh bagian luar dan tidak dikonsumsi ke dalam tubuh. Obat ini mungkin bereaksi jika digunakan bersama dengan obat luar lainnya.

Apa makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan biocream?

Obat-obatan tertentu biasanya memang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau minuman tertentu.

Pasalnya, obat juga mungkin berinteraksi dengan makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan obat. Biasanya, saat menggunakan obat, kurangi penggunaan alkohol karena minuman ini paling mudah berinteraksi dengan obat-obatan.

Tetapi, bio cream hampir tidak mungkin berinteraksi dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi, karena seperti bentuk sediaan obatnya, obat ini hanya diaplikasikan pada kulit dan tidak dikonsumsi ke dalam tubuh.

Apa kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Obat bio cream hampir tidak mungkin berinteraksi dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Namun, pastikan bahwa obat ini memang aman Anda gunakan.

Jika tidak yakin, beri tahu dokter kondisi kesehatan apa saja yang sedang atau pernah Anda alami dan tanyakan kepadanya apakah obat ini benar-benar aman untuk Anda gunakan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan saat kondisi gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi ambulans (118 atau 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Untuk menghindari kemungkinan overdosis, hindari penggunaan obat secara berlebih.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan satu dosis?

Jika Anda tidak sengaja melewatkan satu dosis, segera gunakan dosis yang terlupa. Namun, jika sudah waktunya untuk menggunakan dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupa dan tetap gunakan obat sesuai jadwal penggunaan obat.

Jangan menggandakan dosis atau menggunakan dua dosis dalam waktu bersamaan karena hal itu dapat memicu terjadinya overdosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dermatix

Dermatix adalah obat oles untuk kulit. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, cara pakai, dan Dermatix di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 05/03/2019 . Waktu baca 8 menit

Kenalog

Cari tahu informasi tentang Kenalog di Hello Sehat, termasuk fungsi, efek samping, keamanan, interaksi, peringatan, foto, dan ulasan dari pengguna.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 01/03/2019 . Waktu baca 8 menit

Garamycin

Garamycin adalah antibiotik cair dan salep untuk mengatasi infeksi. Cari tahu dosis, efek samping, serta interaksi obat Garamycin di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 13/11/2018 . Waktu baca 10 menit

Counterpain

Counterpain adalah obat nyeri sendi. Cari tahu informasi mengenai kegunaan, aturan pakai, dosis, efek samping, dan interaksi obat ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 31/10/2018 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Salep scabies atau kudis

Beragam Obat Paling Ampuh Basmi Gatal Akibat Kudis (Scabies), yang Minum dan Salep Oles

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 04/03/2020 . Waktu baca 7 menit
obat topikal

Mengenal Beragam Jenis Obat Topikal (Obat Oles) dan Beda Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19/12/2019 . Waktu baca 4 menit
elocon salep krim

Elocon

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 05/03/2019 . Waktu baca 6 menit
dermovate cream salep

Dermovate

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 05/03/2019 . Waktu baca 7 menit