Aturan Pakai Methylprednisolone untuk Radang Tenggorokan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Methylprednisolone adalah obat jenis kortikosteroid untuk mengurangi gejala pembengkakan, rasa nyeri, dan reaksi alergi. Obat ini dapat digunakan untuk menangani peradangan dalam berbagai penyakit, misalnya penyakit mata, ulcerative colitis, dan rematik. Selain itu, dokter juga meresepkan methylprednisolone untuk radang tenggorokan. Methylprednisolone tersedia dalam berbagai merek. Obat ini harus digunakan dengan resep dokter. Begini cara pakai methylprednisolone untuk radang tenggorokan.

Aturan pakai methylprednisolone untuk radang tenggorokan

Methylprednisolone umum diresepkan dokter dalam bentuk tablet yang ditelan lewat mulut. Gunakan methylprednisolone seperti yang diarahkan oleh dokter. Takaran methylprednisolone untuk radang tenggorokan umumnya berkisar antara 4-48 mg per hari dalam satu atau dua dosis terbagi. Periksa label kemasan obat untuk instruksi dosis yang tepat.

Dosis methylprednisolone untuk radang tenggorokan bisa berbeda untuk setiap pasien. Faktor-faktor yang menentukan dosis methylprednisolone adalah kondisi kesehatan yang akan diobati, tingkat keparahannya, respons tubuh pasien terhadap obat, dan juga berat badan (terutama bagi pasien anak). Untuk pasien anak, dokter biasanya mulai dalam dosis terendah.

Minumlah methylprednisolone dengan atau tanpa makanan. Jika Anda mengalami sakit perut setelah minum obat, sebaiknya minum obat ini bersama makanan atau setelah makan, untuk mengurangi iritasi lambung. Penggunaan methylprednisolone untuk radang tenggorokan dalam jangka panjang atau melebihi dosis dapat meningkatkan risiko gangguan kelenjar adrenal. Karena itu, dosisnya harus sesuai anjuran dokter. Peningkatan dan pengurangan dosis obat juga perlu dilakukan secara bertahap demi mengurangi efek samping dan mencegah gejala putus obat.

Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat methylprednisolone jika Anda memiliki infeksi jamur di mana saja di tubuh Anda. Oleh karena itu, sebelum menggunakan methylprednisolone, beri tahu dokter Anda tentang semua kondisi medis Anda, dan tentang semua obat-obatan lain yang sedang/baru saja Anda gunakan. Ada banyak penyakit lain yang dapat dipengaruhi oleh penggunaan steroid, dan banyak obat-obatan lain yang dapat mempengaruhi kemanjuran obat ini.

Apa saja merek obat methylprednisolone yang tersedia di Indonesia

Anda bisa mendapatkan methylprednisolone untuk radang tenggorokan atau untuk penyakit lain, dengan cara mendapatkan obat generiknya, atau memilih beberapa merek berikut ini yang tersedia di Indonesia, antara lain:

  • Advantan
  • Cormetison
  • Depo-Medrol
  • Fumethyl
  • Gamesolone
  • Glomeson
  • Hexilon
  • Intidrol
  • Lameson
  • Medrol
  • Mesol
  • Metrison
  • Prednox
  • Prolon 8
  • Rhemafar
  • Sanexon
  • Simdrol
  • Solu-Medrol
  • Sonicor 4
  • Tison
  • Toras
  • Tropidrol
  • Xilon
  • Yalone

Apa yang harus dilakukan jika kelupaan minum methylprednisolone untuk radang tenggorokan?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis sekaligus.

Jangan pula berhenti meminum obat secara tiba-tiba tanpa persetujuan dokter. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih parah, atau Anda bisa mengalami ‘sakaw’ (misalnya merasa lemas, turun berat badan, mual, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, pusing) saat obat ini tiba-tiba dihentikan.

Informasikan dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau malah memburuk.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Biasanya seseorang akan cenderung mengurung diri ketika dirundung cemas hebat. Padahal, ini cara menghilangkan rasa cemas yang salah. Ada cara yang benar

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Ini Alasan Orang yang Sering Menangis, Justru Mentalnya Sekuat Baja

Ketika lain kali Anda diledek cengeng karena sering menangis, katakan dengan lantang bahwa menangis adalah tanda orang yang sehat dan bermental baja

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Gastritis (Radang Lambung)

Gastritis adalah istilah medis untuk radang lambung, berbeda dari maag. Cari tahu penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 13 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Cantengan

Kuku cantengan tak hanya mengerikan untuk dipandang mata, tapi bisa menyakitkan dan perih. Simak daftar obat cantengan berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Perbedaan mual tanda hamil dan maag

5 Perbedaan Mual Hamil dan Maag yang Perlu Diperhatikan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
cara menjaga kesehatan tenggorokan

Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan untuk Jalani Hari yang Lebih Aktif

Ditulis oleh: Nadhila Erin
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tanda radang tenggorokan

Alasan Mengapa Radang Tenggorokan Itu Tanda Sistem Imun yang Lemah

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit