Nama Generik: Permethrin Merek: ScabimitedanA Scabs.

Penggunaan

Untuk apa Permethrin?

Permethrin adalah obat dengan fungsi untuk mengobati kudis, sebuah penyakit yang disebabkan oleh serangga kecil disebut tungau yang menempel pada kulit Anda dan menyebabkan iritasi. Permetrin tergolong ke dalam kelas obat yang disebut pyrethrins. Permetrin bekerja dengan melumpuhkan dan membunuh tungau serta telur mereka.

Dosis permethrin dan efek samping permethrin akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Permethrin?

Obat ini adalah obat luar, hanya digunakan pada kulit saja. Pakai obat ini sesegera mungkin setelah dianjurkan. Oleskan obat dari kepala hingga telapak kaki, termasuk bawah kuku dan lipatan kulit seperti antara jari kaki sesuai yang disarankan. Pijat krim ke dalam kulit. Jangan menggunakan obat lebih dari yang diresepkan. Cuci krim setelah 8-14 jam saat mandi.

Hindari krim masuk ke dalam mata, hidung, mulut, atau vagina. Jika obat mengenai mata Anda, siram mata dengan banyak air. Konsultasikan dengan dokter Anda jika terjadi iritasi.

Gejala kudis termasuk rasa gatal yang biasanya lebih buruk pada saat sedang tidur. Anda juga bisa melihat garis tipis halus yang bergelombang pada kulit dengan serangga kecil di ujungnya (liang). Liang biasanya ditemukan pada jaring jari, jari kaki, pergelangan tangan, siku, ketiak, garis sabuk, bagian bawah bokong, puting perempuan, atau alat kelamin pria. Bahkan jika permethrin membunuh semua serangga ini, tungau yang mati masih bisa membuat Anda gatal hingga 4 minggu lamanya setelah pengobatan. Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat lain yang dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal. Beritahu dokter Anda jika kondisi Anda tetap sama atau bahkan memburuk dalam 2 minggu setelah pengobatan. Kemungkinan dokter Anda perlu mencari tungau yang masih hidup dan merekomendasikan perawatan yang lebih intesif.

Bagaimana cara penyimpanan Permethrin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Permethrin untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Kudis

Krim Permetrin topikal 5%:

Pijatkan pada kulit mulai dari leher hingga telapak kaki. Krim harus dibasuh dengan dicuci (mandi) setelah 8 sampai 14 jam.

Dosis Dewasa untuk Kutu

Kit Permetrin topikal 1%:

Oleskan lotion atau krim, lalu gunakan shampo, usapkan ke seluruh kepala (terutama di belakang telinga dan di tengkuk). Biarkan rambut selama 10 menit dan bilas dengan air. Gunakan sisir dan/atau sarung tangan yang tersedia untuk menghapus sisa-sisa telur.

Larutan Permetrin topikal 1%:

Gunakan pada rambut setelah keramas dan sudah kering, usapkan ke seluruh bagian kepala (terutama di belakang telinga dan di tengkuk). Biarkan di rambut selama 10 menit dan bilas dengan air.

Bagaimana dosis Permethrin untuk anak-anak?

Dosis Pediatrik biasa untuk Kudis

Krim Permetrin topikal 5%

Bayi: pijatlah secara menyeluruh pada rambut, leher, pelipis, dan dahi. Krim harus dibilas setelah 8-14 jam.

Dosis Pediatrik biasa untuk Kutu

Kit Permetrin topikal 1%:

Usia 2 bulan atau lebih: Oleskan lotion atau krim, lalu gunakan shampo, usapkan ke seluruh kepala (terutama di belakang telinga dan di tengkuk). Biarkan di rambut selama 10 menit dan bilas dengan air. Gunakan sisir dan/atau sarung tangan yang tersedia untuk menghapus sisa-sisa telur.

Dalam dosis apakah Permethrin tersedia?

  • Elimite (permethrin) 5% cream
  • 30 mg
  • 60 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Permethrin?

Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda merasa terbakar, kulit menyengat, timbul kemerahan, atau bengkak setelah menggunakan topikal permetrin.

Efek samping yang tidak begitu serius antara lain:

    • Gatal-gatal atau ruam ringan
    • Rasa terbakar ringan, menyengat, atau timbul kemerahan
    • Mati rasa atau kesemutan di mana obat dioleskan.

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran tertentu mengenai efek samping, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Permethrin?

Perhatikan dan pertimbangkan risiko penggunaan obat sebelum digunakan. Keputusan dibuat berdasarkan kesepakatan antara Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki alergi lain, misalnya makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau kemasan produk dengan seksama.

Anak-anak

Studi pada obat ini telah dilakukan hanya pada pasien dewasa, dan tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan permetrin topikal pada anak-anak dengan kelompok usia lainnya.

Lansia

Banyak obat yang belum diteliti secara khusus penggunaannya pada orang tua. Oleh karena itu, belum diketahui apakah obat bekerja dengan cara yang sama ketika digunakan oleh orang yang lebih muda atau apakah menyebabkan efek samping yang berbeda pada orang tua. Belum ada informasi spesifik mengenai perbandingan penggunaan permetrin topikal pada orang tua dengan kelompok usia lainnya.

Apakah Permethrin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko,

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

C=Mungkin berisiko,

D=Ada bukti positif dari risiko,

X=Kontraindikasi,

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Permethrin?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Permethrin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Permethrin?

Adanya masalah medis lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lain, terutama peradangan parah di kulit kepala. Penggunaan permetrin dapat membuat kondisi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan