Nama Generik: Lactic Acid Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Lactic Acid?

Asam Laktat atau lactic acid adalah obat yang memiliki 2 tipe komposisi (emollient, keratolytic) yang bekerja bersama dengan fungsi untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal (contoh: eksim, keratosis, xerosis). Kulit kering disebabkan oleh hilangnya kandungan air pada lapisan atas kulit. Emmolients adalah substansi yang melembutkan dan melembapkan kulit dan mengurangi gatal dan mengelupas. Emollient/moisturizer bekerja dengan membentuk lapisan berminyak pada bagian atas kulit dan memerangkap air di dalam kulit. Petrolatum, lanolin, minyak mineral, dan dimethicone adalah emollient yang sering ditemukan.

Asam Laktat, asam salisilat, dan urea adalah keratolytic. Mereka meningkatkan kelembapan pada kulit dengan melembutkan/melarutkan substansi keras (keratin) yang mempertahankan lapisan atas sel kulit. Ini membantu sel kulit mati lepas dan membantu kulit untuk menyimpan air lebih banyak di dalam. Urea yang lebih kuat biasa digunakan untuk mengobati corns, kapalan, dan beberapa masalah kuku (contoh : ingrown nails. Urea juga digunakan untuk membantu meluruhkan jaringan kulit mati pada beberapa luka untuk membantu penyembuhan luka.

Dosis lactic acid dan efek samping lactic acid akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Lactic Acid?

Beberapa produk ada yang harus dikocok sebelum digunakan. Periksa label apabila Anda perlu mengocok botol sebelum pemakaian. Oleskan pada daerah kulit yang terpengaruh, biasanya 1-3 kali sehari atau seperti yang diinstruksikan dokter. Oleskan dengan baik hingga menyerap. Seberapa sering Anda menggunakan obat tergantung pada produk dan kondisi kulit Anda.

Gunakan hanya pada kulit/kuku. Hindari area sensitif seperti mata, bibir, dalam mulut/hidung, dan area vagina/selangkangan, kecuali bila diinstruksikan dokter. Tanya dokter Anda atau periksa label untuk panduan mengenai area-area dan tipe-tipe kulit dimana Anda tidak boleh menggunakan produk (contoh: contoh pada wajah, area kulit apapun yang patah/pecah-pecah/terpotong/iritasi/lecet, atau pada area kulit yang baru dicukur). Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapat manfaat terbaik. Kebanyakan pelembap memerlukan air untuk bekerja dengan baik. Gunakan produk setelah mandi/mencuci rambut saat kulit masih lembap. Untuk kulit yang sangat kering, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk merendam area sebelum menggunakan produk. Mandi yang terlalu sering, lama, atau dengan air yang terlalu panas dapat memperparah kulit kering.

Hubungi dokter apabila kondisi tidak berubah atau menjadi lebih parah.

Bagaimana cara penyimpanan Lactic Acid?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Lactic Acid untuk orang dewasa?

Topikal/pada kulit

Kulit kering dan gatal

Dewasa: sebagai pelembap: gunakan pada area yang terpengaruh atau sebagaimana diinstruksikan oleh produk

Bagaimana dosis Lactic Acid untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditetapkan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Lactic Acid tersedia?

Krim, topical: 10%

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Lactic Acid?

Segera cari pertolongan medis apabila Anda mengalami gejala-gejala reaksi alergi karena obat ini: Gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter apabila Anda mengalami perasaan terbakar yang parah, perasaan tersengat, kemerahan, atau pengelupasan kulit yang diobati dengan ammonium laktat.

Efek samping ringan dapat termasuk:

  • Kulit yang sedikit terkelupas atau kering;
  • Iritasi dan kemerahan ringan pada kulit
  • Lebam atau perubahan warna yang lain; atau
  • Menggelapnya bagian kulit yang diobati

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Lactic Acid?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter apabila:

  • Anda memiliki alergi pada komposisi apapun di dalam krim Asam Laktat
  • Apabila Anda sedang hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui
  • Apabila Anda menggunakan obat-obatan resep/nonresep, herbal, atau suplemen makanan lain
  • Apabila Anda memiliki alergi pada obat, makanan, atau substansi lain

Apakah Lactic Acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Lactic Acid?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Lactic Acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Lactic Acid?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan