Nama Generik: Dulcolax Merek: Dulcolax.

Penggunaan

Apa itu Dulcolax?

Dulcolax adalah obat pencahar  atau obat stimulan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Dulcolax juga dapat digunakan untuk membersihkan usus sebelum pemeriksaan atau operasi usus. Obat ini bekerja dengan meningkatkan pergerakan usus serta membantu pengeluaran feses.

Cara Pakai

Bagaimana cara pakai Dulcolax?

Obat ini digunakan dengan cara diminum atau bisa digunakan sesuai dengan aturan yang diberikan oleh dokter. Jika Anda mengobati sendiri, ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Telan obat ini secara utuh. Jangan menghancurkan, mengunyah atau mematahkan tablet atau menggunakannya dalam 1 jam setelah meminum antasida, susu atau produk susu, karena dapat merusak lapisan tablet dan dapat meningkatkan risiko sakit perut dan mual.

Dosis diberikan berdasarkan pada usia, kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Jangan menaikkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering dari petunjuk. Jangan gunakan obat ini untuk lebih dari 7 hari kecuali diberi petunjuk oleh dokter. Efek samping serius dapat terjadi dengan penggunaan berlebih dari obat ini.

Mungkin diperlukan 6-12 jam sebelum obat ini menyebabkan buang air besar. Beri tahu dokter jika kondisi tidak membaik atau memburuk, atau jika perdarahan dari rektum terjadi. Jika Anda merasa Anda memiliki masalah medis khusus, segera cari bantuan medis.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Dulcolax untuk orang dewasa?

Anda bisa mengonsumsi Dulcolax di malam hari sebanyak 1 tablet.

Bagaimana dosis Dulcolax untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam sediaan apa obat ini tersedia?

Dulcolax tersedia dalam sediaan tablet 5 gram dan 10 gram.

Efek Samping

Efek samping apa yang bisa terjadi akibat Dulcolax?

Beberapa kemungkinan efek samping Dulcolax adalah sakit pada lambung, sakit perut, kram, mual, diare, atau badan lemas. Jika salah satu efek samping tersebut tidak membaik atau bahkan memburuk setelah minum obat, beri tahu dokter atau apoteker segera.

Jika dokter memberikan obat ini untuk Anda gunakan, ketahuilah bahwa dokter telah menimbang manfaat yang melebihi risiko dari efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping serius.

Segera beri tahu dokter jika efek samping serius namun jarang ini terjadi: mual, muntah, diare yang tidak kunjung membaik, kram otot, detak jantung tidak teratur, pusing, berkurangnya urinasi, perubahan mental atau mood (suasana hati)

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Tidak semua orang mengalami efek samping obat. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum pakai Dulcolax?

Sebelum menggunakan Dulcolax, ada baiknya Anda beri tahu dokter dan apoteker apabila Anda alergi terhadap obat lain atau kandungan zat pada Dulcolax. Periksa label atau tanyakan pada apoteker tiap daftar kandungan obat ini.

Beri tahu dokter dan apoteker apa saja obat-obatan dengan atau tanpa resep, vitamin, suplemen dan produk herbal yang sedang Anda gunakan. Dokter mungkin perlu menyesuaikan dosis atau mengawasi Anda dari efek samping.

Jika Anda menggunakan antacid, tunggu hingga setidaknya 1 jam sebelum menggunakan Dulcolax. Beri tahu dokter jika Anda memiliki sakit perut, mual, muntah atau perubahan pada buang air besar secara mendadak hingga lebih dari 2 minggu.Sebelum menjalani operasi apapun, beri tahu dokter apabila Anda mengonsumsi obat ini.

Apakah Dulcolax aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Beri tahu dokter Anda jika Anda hamil sebelum menggunakan obat ini. Tidak dianjurkan menggunakannya dalam jangka waktu lama selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk  lebih lanjut.

Selain itu, tidak diketahui apakah obat ini bisa masuk memengaruhi ASI atau tidak untuk ibu menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi

Interaksi apa yang bisa saya ketahui sebelum minum Dulcolax?

Ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, baik oba resep atau bahkan obat herbal. Ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami efek samping serius atau dapat menyebabkan obat yang Anda konsumsitidak bekerja dengan benar.

Interaksi obat ini mungkin ada, tetapi tidak selalu terjadi. Dokter atau apoteker Anda dapat mencegah atau mengendalikan interaksi obat dengan mengubah cara Anda menggunakan obat-obatan Anda sembari dipantau dengan ketat.

Untuk membantu dokter dan apoteker Anda memberikan perawatan terbaik, pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non-resep, dan produk herbal) sebelum memulai perawatan dengan produk ini.

Saat menggunakan produk ini, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat lain apa pun yang Anda gunakan tanpa persetujuan dokter.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini termasuk: obat yang menurunkan asam lambung (seperti H2 blocker seperti ranitidine, inhibitor pompa proton seperti omeprazole).

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 8, 2019 | Terakhir Diedit: Februari 8, 2019