Doxycycline obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Nama Generik: Doxycycline Merek: Dohixat, Siclidon, Viadoxin, Arclate, Dotur, Doxacin, Doxicor, Doxycycline Indo Farma, Dumoxin, Interdoxin, Vibramycin dan Doxycycline obat jerawat dosis 100 mg.

Penggunaan

Untuk apa Doxycycline?

Doxycycline adalah obat golongan antibiotik tetrasiklin, yang memiliki kegunaan untuk mengatasi berbagai macam infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat. Doxycycline juga digunakan untuk mencegah malaria dan mengobati kondisi kulit rosasea.

Cara kerja doxyxycline adalah dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik ini hanya mengobati infeksi bakteri. Obat ini tidak bekerja untuk infeksi virus (seperti pilek, flu). Penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau salah dapat menyebabkan penurunan efektivitas.

Dosis doxycycline dan efek samping doxycycline akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana aturan pakai Doxycycline?

Doxycycline sebaiknya diminum dalam keadaan lambung kosong, minimal 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan, biasanya 1 atau 2 kali sehari. Gunakan obat ini dengan segelas air (240 mL) kecuali diarahkan sebaliknya. Jika lambung sakit terjadi, gunakan bersama makanan atau susu untuk membantu. Meski begitu, Doxycycline dapat tidak bekerja dengan baik jika Anda menggunakannya bersama makanan atau susu (atau apapun yang tinggi kalsium), jadi tanyakan dokter atau apoteker jika Anda akan menggunakannya dengan cara itu. Jangan berbaring selama 10 menit setelah menggunakan obat ini.

Minumlah obat ini 2-3 jam sebelum atau setelah konsumsi produk yang mengandung aluminum, calcium, iron, magnesium, zinc, atau bismuth subsalicylate. Beberapa contoh yaitu antacids, didanosine solution, quinaprilvitamin/mineral, produk susu (seperti susu, yogurt), dan jus kaya kalsium. Produk ini berikatan dengan Doxycycline, membuat tubuh Anda tidak mengabsorpsi obat dengan sempurna.

Saat digunakan untuk mencegah malaria, obat ini biasanya diminum sekali sehari. Gunakan dosis pertama 1-2 hari sebelum bepergian atau sesuai anjuran dokter.

Lanjutkan penggunaan obat harian selama di area malaria. Setelah kembali ke rumah, Anda harus terus menggunakan obat ini selama 4 minggu lagi. Jika Anda tidak dapat menghabiskannya, hubungi dokter.

Jika Anda menggunakan bentuk cairan, kocok botol setiap sebelum menggunakan. Gunakan alat/sendok pengukur obat untuk mengukur dosis yang tepat sesuai yang diresepkan. Jangan gunakan sendok rumah karena dosisnya dapat tidak sesuai.

Dosis berdasarkan kondisi kesehatan dan respon terapi Anda. Untuk anak, dosis dapat juga berdasarkan berat badan.

Antibiotik bekerja dengan baik saat jumlah obat di tubuh Anda tetap dalam kadar yang konstan. Jadi, gunakan obat ini dengan interval yang kurang lebih sama.

Lanjutkan penggunaan obat ini hingga yang diresepkan habis, walapun gejala menghilang setelah beberapa hari.

Menghentikan obat terlalu cepat dapat membuat bakteri lanjut berkembang, yang akhirnya kembali terinfeksi.

Beritahukan dokter jika kondisi Anda menetap atau memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Doxycycline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Doxycycline untuk orang dewasa?

Dosis Doxycycline oral 200 mg pada hari pertama terapi (diberikan 100 mg setiap 12 jam atau 50 mg setiap 6 jam) diikuti dengan dosis rumatan 100 mg/hari. Dosis rumatan dapat diberikan dalam dosis tunggal atau 50 mg setiap 12 jam. Dalam terapi infeksi yang lebih berat (khususnya infeksi kronis saluran kencing), dianjurkan 100 mg setiap 12 jam.

Dosis doxycycline untuk infeksi gonococcal tidak berkomplikasi (kecuali infeksi anorektal pada pria):

Doxycycline 100 mg, diminum, 2 kali sehari selama 7 hari. Sebagai dosis alternatif yang diberikan satu kali, berikan 300 mg secepatnya diikuti dosis kedua 300 mg setelah 1 jam

Dosis doxycycline untuk pididimo-orchitis akut yang disebabkan oleh N. gonorrhoeae:

Doxycycline 100 mg, diminum, 2 kali sehari selama minimal 10 hari.

Dosis doxycycline untuk sifilis primer dan sekunder:

Doxycycline 300 mg sehari dalam dosis terbagi selama minimal 10 hari.

Dosis doxycycline untuk infeksi uretra, endoservikal, atau rectal tidak berkomplikasi  yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis:

Doxycycline 100 mg, diminum, dua kali sehari, selama minimal 7 hari.

Dosis doxycycline untuk uretritis nongonococcal yang disebabkan oleh C. trachomatis dan U. urealyticum:

Doxycycline 100 mg, diminum, dua kali sehari, selama minimal 7 hari.

Dosis doxycycline untuk epididimo-orchitis yang disebabkan oleh C. trachomatis:

Doxycycline 100 mg, diminum, dua kali sehari, selama minimal 10 hari.

Dosis doxycycline untuk anthrax inhalasi (paska paparan)

Dewasa: Doxycycline 100 mg, diminum, 2 kali sehari selama 60 hari.

Anak: berat badan kurang dari 45 kg; 1 mg/lb (2.2 mg/kg) berat badan, diminum, 2 kali sehari selama 60 hari. Anak dengan berat badan ≥50 kg harus menerima dosis dewasa.

Saat digunakan untuk infeksi streptococcal, terapi harus dilanjutkan hingga 10 hari.

Bagaimana dosis Doxycycline untuk anak-anak?

Dosis doxycycline yang dianjurkan untuk pasien anak (>8 tahun, </= 45 kg) yaitu 2-5mg/kg/hari dibagi dalam 1-2 dosis, tidak lebih dari 200mg/hari.

Dalam dosis apakah Doxycycline tersedia?

Doxycycline tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut.

  • Kapsul, oral (hyclate): 20mg, 100mg
  • Kapsul, oral (monohydrate): 50mg, 75mg, 100mg, 150mg
  • Kapsul delayed-release, oral (monohydrate): 40mg
  • Kapsul delayed-release particles, oral (hyclate): 100mg
  • Solution reconstituted, intravena (hyclate): 100mg
  • Suspension reconstituted, oral (monohydrate): 25mg/5ml (60ml)
  • Sirup, oral (calcium): 50mg/5ml
  • Tablet, oral (hyclate): 20mg, 100mg
  • Tablet, oral (monohydrate): 50mg, 75mg, 100mg
  • Tablet delayed-release, oral (hyclate): 75mg, 100mg, 150mg, 200mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Doxycycline?

Efek samping doxycycline yang cukup umum terjadi adalah:

  • Mual dan diare ringan
  • Sakit perut
  • Ruam kulit ringan atau gatal atau
  • Vagina gatal atau mengeluarkan cairan

Hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius dari doxycycline, seperti:

  • Sakit kepala berat, pusing, penglihatan kabur
  • Demam, menggigil, nyeri badan, gejala flu, pembesaran kelenja, ruam atau gatal, nyeri sendi, atau rasa sakit keseluruhan
  • Lebih jarang atau tidak buang air kecil
  • Diare air atau darah
  • Kulit pucat atau menguning, urin berwarna gelap, demam, bingung atau lemah
  • Nyeri hebat pada perut atas menjalar ke punggung, mual, dan muntah, denyut jantung cepat
  • Tidak napsu makan, sakit kuning (kulit atau mata menguning) atau
  • Reaksi kulit berat – demam, sakit tenggorokan, bengkak wajah atau lidah, rasa terbakar di mata, nyeri kulit, diikuti ruam kulit merah atau ungu yang menyebar (khususnya pada wajah atau tubuh bagian atas) dan menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Doxycycline?

Sebelum menggunakan Doxycycline,

  • Beri tahukan dokter dan apoteker jika Anda alergi Doxycycline, minocycline, tetracycline, sulfites (hanya untuk sirup Doxycycline), atau obat lainnya
  • Beri tahukan dokter dan apoteker Anda obat resep dan non resep yang Anda konsumsi, khususnya antasida, antikoagulan (‘pengencer darah’) seperti warfarin (Coumadin), carbamazepine (Tegretol), penicillin, phenobarbital, phenytoin (Dilantin), and vitamin. Doxycycline menurunkan efektivitas beberapa kontrasepsi oral; bentuk lain dari pengontrol kehamilan harus digunakan saat menggunakan obat ini
  • Sadari bahwa antasida, suplemen kalsium, produk iron, dan laksatif yang mengandung magnesium bersama dengan Doxycycline, membuatnya kurang efektif. Gunakan Doxycycline 1 jam sebelum atau 2 jam sebelum antasida (termasuk sodium bicarbonate), suplemen kalsium, dan laksatif yang mengandung magnesium. Gunakan Doxycycline 2 jam sebelum atau 3 jam setelah pereparat iron dan produk vitamin yang mengandung iron
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita atau pernah menderita diabetes atau penyakit ginjal atau hati
  • Beri tahu dokter jika Anda hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda akan hamil dan sedang konsumsi Doxycycline, hubungi dokter segera. Doxycycline dapat membahayakan janin
  • Jika Anda akan melakukan operasi, seperti operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Doxycycline
  • Hindari paparan sinar matahari yang tidak perlu atau lama dan gunakan baju pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya

Doxycycline dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari.

  • Anda harus tahu bahwa saat Anda menerima Doxycycline untuk pencegahan malaria, Anda juga harus menggunakan pelindung seperti obat pengusir serangga, sarang nyamuk, baju yang menutupi seluruh tubuh, dan tetap tinggal di area aman, khususnya dari sore hingga subuh. Menggunakan Doxycycline tidak memberikan perlindungan penuh terhadap malaria
  • Anda harus mengetahui bahwa Doxycycline yang digunakan selama kehamilan atau pada bayi atau anak hingga usia 8 tahun, dapat menyebabkan pewarnaan gigi permanen. Doxycycline tidak boleh digunakan pada anak di bawah 8 tahun kecuali untuk anthrax inhalasi atau jika dokter Anda memutuskan bahwa obat ini dibutuhkan

Apakah Doxycycline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan doxycycline pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D (ada bukti bahwa berisiko) menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •  A=Tidak berisiko
  •  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  •  C=Mungkin berisiko
  •  D=Ada bukti positif dari risiko
  •  X=Kontraindikasi
  •  N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Doxycycline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Walaupun obat tertentu tidak dapat digunakan bersamaan, pada kasus lain 2 obat berbeda dapat digunakan bersamaan walaupun dapat terjadi interaksi obat. Pada kasus ini, dokter dapat mengubah dosis, atau peringatan lain mungkin dibutuhkan. Saat Anda menggunakan obat ini, sangat penting untuk dokter Anda mengetahui jika Anda menggunakan obat yang disebutkan di bawah ini. Interaksi berikut dipilih berdasarkan perbedaan potensial obat dan belum tentu semua termasuk di dalamnya.

Menggunakan obat ini dengan Acitretin biasanya tidak dianjurkan. Dokter mungkin memutuskan untuk tidak mengobati Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat yang Anda gunakan.

Menggunakan obat ini dengan obat di bawah ini biasanya tidak dianjurkan, namun dapat dibutuhkan pada beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter Anda mungkin telah mengubah dosis atau frekuensi penggunaan satu atau kedua obat.

  • Amoxicillin
  • Ampicillin
  • Bacampicillin
  • Bexarotene
  • Cloxacillin
  • Dicloxacillin
  • Digoxin
  • Etretinate
  • Isotretinoin
  • Methicillin
  • Methotrexate
  • Nafcillin
  • Oxacillin
  • Penicillin G
  • Penicillin G Benzathine
  • Penicillin G Procaine
  • Penicillin V
  • Piperacillin
  • Pivampicillin
  • Sultamicillin
  • Temocillin
  • Tretinoin

Interaksi doxycycline dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius, namun penggunaan kedua obat mungkin merupakan terapi terbaik bagi Anda. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter Anda mungkin telah mengubah dosis atau frekuensi penggunaan satu atau kedua obat.

  • Aluminum Carbonate, Basic
  • Aluminum Hydroxide
  • Aluminum Phosphate
  • Bismuth Subsalicylate
  • Calcium
  • DihydroxyaluminumAminoacetate
  • Dihydroxyaluminum Sodium Carbonate
  • Iron
  • Magaldrate
  • Magnesium Carbonate
  • Magnesium Hydroxide
  • Magnesium Oxide
  • Magnesium Trisilicate
  • Rifampin
  • Rifapentine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Doxycycline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Doxycycline?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Asma—Sirup Vibramycin® mengandung sodium metabisulfite, yang dapat menyebabkan alergi dan reaksi membahayakan nyawa pada pasien dengan kondisi ini
  • Diare
  • Infeksi kandidiasis Vaginal (jamur)—gunakan dengan hati-hati. Dapat memperparah kondisi
  • Masalah ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat akibat melambatnya pembuangan obat dari tubuh

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

BACA JUGA:

Sumber

Direview tanggal: Mei 29, 2017 | Terakhir Diedit: Mei 29, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan