home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Langkah Tetap Sehat dan Bugar Saat Ibadah Haji

6 Langkah Tetap Sehat dan Bugar Saat Ibadah Haji

Ada beberapa tips sehat yang bisa Anda lakukan sebagai langkah untuk tetap bugar selama menjalankan ibadah haji. Saat berada di Tanah Suci, Anda akan menjalani rangkaian ibadah mulai dari Wukuf di Padang Arafah, keliling Ka’bah, serta menaiki Bukit Shafa dan Marwah.

Untuk menjalankan rangkaian ibadah haji dengan lancar, Anda perlu memastikan kondisi tubuh tetap prima. Maka itu, simak tips sehat saat menjalankan ibadah haji berikut ini.

Tips sehat saat menjalankan ibadah haji

Jemaah yang datang dari beragam negara berkumpul di Tanah Suci memiliki tujuan yang sama dalam menjalani ibadah haji. Banyaknya orang dari beragam latar belakang kesehatan memungkinkan terjadinya penyebaran virus atau bakteri penyebab penyakit. Tidak menutup kemungkinan, ada beragam penyakit mungkin menyebar dari satu orang ke yang lainnya.

Dalam kondisi tubuh yang lemah, individu akan mudah terinfeksi penyakit dan tidak mampu menjalani ibadah haji hingga tuntas. Meskipun tinggi risiko penularan penyakit, selalu ada cara untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Masalah kesehatan yang sering terjadi selama ibadah haji adalah sun stroke, dehidrasi, masalah sistem pernapasan, hepatitis B dan C, meningitis, dan lainnya.

Masalah kesehatan tersebut masih dapat dihindari. Maka itu, lakukan tips sehat di bawah ini sehingga untuk meningkatkan stamina tubuh Anda saat beribadah haji.

1. Minum banyak air

Cuaca yang terik dan suasana yang ramai membuat Anda lebih banyak berkeringat. Jangan biarkan tubuh Anda kehilangan banyak cairan. Dehidrasi dapat membuat Anda kehilangan tenaga, pusing, dan otot jadi lemah.

Tetap minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari untuk menghindari dehidrasi yang dapat mengganggu kelancaran ibadah Anda. Selain menjalankan tips sehat minum banyak air putih saat ibadah haji, usahakan diri untuk berjalan di tempat teduh dan menghindari terik matahari. Cara ini mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Tidur cukup

Tidak hanya dari makanan yang Anda konsumsi, tidur cukup juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Setidaknya Anda perlu memenuhi waktu tidur 7-8 jam setiap harinya agar stamina tetap terjaga. Istirahat yang cukup dapat mendukung tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat memengaruhi kerja sistem imunitas, sehingga membuat tubuh jadi mudah sakit.

3. Konsumsi makanan bernutrisi

Tips sehat untuk menjalankan ibadah haji adalah dengan konsumsi makanan bernutrisi. Tentu, Anda membutuhkan tenaga yang cukup sehingga ibadah bisa diselesaikan dengan lancar.

Konsumsi makanan tinggi protein untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, protein dapat meningkatkan kekuatan dan tenaga Anda. Protein bisa diperoleh dari telur, daging, ikan, kacang-kacangan, produk kedelai, yogurt, dan keju.

4. Jangan makan berlebihan

Selanjutnya, tips sehat agar sistem pencernaan lancar saat ibadah haji adalah dengan memilih-milih apa yang Anda makan. Jangan lupa untuk makan tidak berlebihan. Makanlah pada porsi yang cukup dan jangan sampai terlalu kenyang.

Makan terlalu kenyang dapat memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Bila sudah terjadi, ini akan menghambat kegiatan Anda selama menjalankan ibadah haji.

5. Menjaga kebersihan

Penularan penyakit bisa dari mana saja, termasuk dari benda ke tangan kita. Maka itu, tips sehat yang perlu dijalani selama ibadah haji dengan menjaga kebersihan diri. Jangan lupa untuk cuci tangan setiap sebelum menyiapkan makanan dan makan.

Saat hendak mengonsumsi buah, pastikan Anda mencuci buah terlebih dulu untuk meminimalkan risiko keracunan makanan.

6. Konsumsi suplemen vitamin C

Vitamin C dapat memberikan proteksi terhadap bahaya radikal bebas. Anda bisa mendapatkan vitamin C ini dari brokoli, stroberi, tomat, kiwi, paprika, dan jeruk.

Selain itu Anda juga bisa melengkapi asupan harian vitamin dengan mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan zinc dalam format effervescent (tablet larut air). Suplemen ini secara efektif meningkatkan daya tahan tubuh, serta menambah asupan cairan tubuh sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

الصحة, ف. Health Guidelines – During Hajj. Retrieved 3 February 2020, from https://www.moh.gov.sa/en/Hajj/HealthGuidelines/Pages/DuringHajj.aspx

Hajj travel advice – Fact sheets. (2019). Retrieved February 3, 2020, from Nsw.gov.au website: https://www.health.nsw.gov.au/Infectious/factsheets/Pages/hajj-travel-advice.aspx

Rachel Reiff Ellis. (2019, January 10). Surprising Reasons to Get More Sleep. Retrieved February 3, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/sleep-disorders/benefits-sleep-more#2

Osterweil, N. (2004, April 21). The Benefits of Protein. Retrieved February 3, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/men/features/benefits-protein#1

Gunnars, K. (2019, June 7). 27 Health and Nutrition Tips That Are Actually Evidence-Based. Retrieved February 3, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/27-health-and-nutrition-tips#section28

Beyond Food: Other Causes of Heartburn and GERD. Retrieved February 3, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/heartburn-gerd/causes-of-heartburn#1

Dehydration: Symptoms, causes, and treatments. Retrieved from Medical News Today website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/153363.php

Chambial, S., Dwivedi, S., Shukla, K., John, P., & Sharma, P. (2013). Vitamin C in Disease Prevention and Cure: An Overview. Indian Journal Of Clinical Biochemistry, 28(4), 314-328. doi: 10.1007/s12291-013-0375-3

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 10/03/2020
x