backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Manfaat Air Zamzam yang Baik untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 14/06/2023

8 Manfaat Air Zamzam yang Baik untuk Kesehatan

Air zamzam adalah air yang diperoleh dari mata air di sekitar Masjidilharam, Mekah, Arab Saudi. Air ini ternyata memiliki kandungan khas yang berpotensi untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat air zamzam?

Kandungan air zamzam

Air zamzam kaya akan mineral yang berasal dari bebatuan di sekitarnya. Karena inilah, air zamzam tidak mengalami perubahan rasa dan bau meskipun disimpan dalam waktu lama.

Khasiat air zamzam berasal dari kandungannya. Jenis air ini kaya akan berbagai jenis mineral yang diperlukan tubuh, yaitu:

  • magnesium,
  • kalium,
  • natrium,
  • bikarbonat,
  • klorida,
  • fluoride
  • sulfat,
  • zat besi,
  • perunggu, dan
  • zink.

Tingginya kandungan mineral membuat air zamzam memiliki pH yang lebih tinggi  dibandingkan air putih biasa.

Khasiat air zamzam untuk kesehatan

Beberapa penelitian menyebutkan sejumlah potensi manfaat air zamzam bagi kesehatan tubuh. Apakah sudah terbukti secara pasti?

1. Mencegah dehidrasi

manfaat air zamzam untuk atasi dehidrasi

Dehidrasi menunjukkan tubuh Anda kekurangan cairan. Kondisi ini juga membuat tubuh kehilangan mineral elektrolit yang berperan penting menjaga fungsi fisiologis tubuh.

Nah, mengonsumsi air zamzam mengatasi dehidrasi. Tubuh mendapatkan cairan tambahan dan mengembalikan elektrolit yang hilang.

Bila dehidrasi tak kunjung diatasi, Anda rentan mengalami berbagai komplikasi, seperti tubuh terlalu panas, kejang, syok akibat volume darah berkurang, hingga gagal ginjal.

Berapa banyak minum air dalam sehari?

Kementerian Kesehatan RI mengimbau untuk konsumsi air sebanyak 2 liter atau sebanyak 8 gelas sebesar 230 ml setiap hari. Asupan air yang mencukupi bantu cegah dehidrasi.

2. Menurunkan risiko osteoporosis

Manfaat air zamzam memberikan asupan berbagai mineral untuk memperkuat tulang agar tidak mudah keropos, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium.

Di dalam tubuh, 99% kalsium dan 85% fosfor ditemukan dalam tulang. Kedua mineral ini memang merupakan penyusun utama tulang anggota gerak.

Tulang yang kuat membantu mengurangi risiko osteoporosis, yakni kondisi berkurangnya kepadatan sehingga tulang mudah retak. 

3. Mencegah gigi berlubang

Air zamzam juga kaya akan fluoride yang membantu mencegah gigi berlubang. Senyawa ini memberi lapisan pelindung agar lebih tahan terhadap asam yang mengikis permukaan gigi.

Kandungan kalsium dan fosfor juga melindungi dan membangun kembali enamel atau lapisan terluar gigi.

Air zamzam pun bersifat basa sehingga tidak membuat gigi terkikis. Gigi yang kuat membantu Anda mengunyah makanan sampai halus sehingga proses pencernaan lebih lancar. 

4. Mengontrol tekanan darah

Kegunaan lain air zamzam lainnya yaitu membantu mengendalikan tekanan darah agar tak terlalu tinggi. Manfaat ini berasal dari kandungan mineral kalium.

Kalium membantu mengurangi natrium berlebih melalui urine. Natrium merupakan mineral pada garam yang memicu tekanan darah tinggi.

Selain itu, kalium mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Efeknya, aliran darah pun lancar dan jantung tidak perlu memompa terlalu kencang.

5. Mengurangi kerusakan liver

Studi terbitan Life Science Journal (2014) mengamati bahwa minum air zamzam berpotensi melindungi liver dari kerusakan akibat senyawa carbon tetrachloride

Berdasarkan hasil studi ini, manfaat air zamzam ini berasal dari kandungan yang bersifat antioksidan. Nah, antioksidan berperan melindungi liver dari paparan radikal bebas yang bisa merusak organ hati.

Namun, penelitian ini masih diuji coba pada tikus dan cara kerja antioksidan pada air zamzam masih belum diketahui secara pasti. Jadi, khasiat air zamzam ini masih perlu dibuktikan dalam studi lanjutan.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Membersihkan luka gigitan

Khasiat air zamzam ternyata mempercepat penyembuhan luka. Cobalah rutin membersihkan luka Anda dengan menggunakan air ini.

Air memberikan kelembapan dan mempercepat proses kerusakan jaringan. Jadi, jaringan yang rusak segera diganti oleh jaringan kulit yang baru.

Air mineral pada zamzam membantu merangsang pembentukan kolagen dan pembuluh darah baru. Hal ini membuat jaringan kulit lebih cepat pulih.

7. Menjaga fungsi otot dan saraf

Air zamzam kaya akan kalsium, fosfor, natrium, dan magnesium yang berguna untuk menjaga fungsi otot dan saraf.

Mineral tersebut berguna agar otot bisa berkontraksi (mengencang) dan pembuluh darah melebar. 

Tak hanya itu, beberapa mineral ini juga diperlukan agar sistem saraf bisa mengirim pesan ke bagian tubuh lainnya. 

8. Mengurangi sembelit

Kegunaan air zamzam membantu memperlancar BAB. Asupan air yang mencukupi bisa melunakkan feses. 

Hal ini membuat Anda tidak perlu mengejan berlebihan sehingga feses bisa keluar dengan mudah.

Selain itu, air zamzam mengandung magnesium yang bersifat laksatif atau memicu BAB. Zat gizi ini bekerja dengan cara menarik air dari dalam tubuh. Air tersebut membuat tekstur feses lebih lunak.

Manfaat air zamzam berasal dari tingginya kadar mineral yang terkandung. Meski begitu, air ini tidak bisa menjadi satu-satunya sumber mineral atau berperan sebagai suplemen. 

Beberapa klaim khasiatnya juga masih perlu diteliti lebih lanjut. Pastikan Anda memilih distributor terpercaya agar Anda terhindar dari produk air zamzam palsu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 14/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan