Seberapa Berbahaya Makanan Tinggi Kolesterol Bagi Tubuh Kita?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Katanya agar terhindar dari serangan penyakit jantung, Anda harus menghindari makanan tinggi kolesterol. Makanan tinggi kolesterol seperti kuning telur, udang, dan beberapa jenis makanan laut dianggap sebagai penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Sebenarnya, apakah benar makanan tinggi kolesterol tersebut akan langsung bikin kadar kolesterol tubuh melonjak? Apakah makanan tinggi kolesterol penyebab utama dari melonjaknya kadar kolesterol tubuh?

Apakah makanan tinggi kolesterol bikin kolesterol dalam tubuh melonjak?

Pada dasarnya, ada dua jenis kolesterol, yaitu yang didapatkan dari makanan dan kolesterol yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Di tubuh, yang memiliki tugas untuk menghasilkan zat yang berbentuk seperti lilin ini adalah hati (liver).

Ya, meski banyak yang mengira kolesterol itu buruk, sebenarnya zat ini justru diperlukan tubuh. Kolesterol penting bagi tubuh untuk:

  • Membentuk dinding-dinding sel tubuh
  • Membantu tubuh menghasilkan vitamin D
  • Berperan penting dalam pembentukan hormon
  • Membantu proses pencernaan

Namun, masalah mulai muncul jika kadarnya terlalu banyak di dalam tubuh yang kemudian masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan. Bila kondisi ini terjadi, maka risiko untuk terjadinya serangan jantung sangat tinggi.

Jadi, sebenarnya tidak masalah bila makanan yang mengandung kolesterol dikonsumsi dalam porsi yang normal dan wajar.

Kolesterol dari makanan hanya diambil sedikit, sisanya diproduksi tubuh

Anda bisa saja menyalahkan makanan tinggi kolesterol yang Anda konsumsi sebelumnya. Namun, makanan saja tak cukup bikin jumlah kolesterol meningkat dan menimbulkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Faktanya, hanya sebesar 15-20 persen saja kolesterol yang diambil dari makanan.

Sisanya atau sebanyak 80-85 persen kolesterol dibuat sendiri oleh tubuh. Jadi ketika kadar kolesterol naik, ini disebabkan oleh peningkatan produksi kolesterol di dalam tubuh, bukan semata-mata akibat Anda mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Ketika Anda makan 200-300 mg kolesterol – yang terkandung di dalam satu kuning telur, hati akan memproduksi kolesterol tambahan sebanyak 800 mg dari makanan lain yang sudah masuk ke dalam tubuh, seperti karbohidrat (gula), protein, hingga lemak.

Ini artinya apapun makanan Anda, sebenarnya bisa berpotensi meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Apalagi, bila Anda makan dalam porsi yang berlebihan, maka semua makanan – entah itu dari protein atau karbohidrat – sisa yang belum digunakan oleh tubuh akan diubah menjadi cadangan lemak. Nah, semua cadangan lemak ini berpotensi menjadi kolesterol yang akan meningkatkan kadarnya di dalam darah.

Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang berlebihan, termasuk makanan tinggi kolesterol, yang juga berpeluang memengaruhi kadar kolesterol darah.

kolesterol pada orang kurus

Makanan dengan lemak trans jauh lebih berbahaya dari makanan tinggi kolesterol

Jika Anda pernah dengar lemak trans, maka jenis lemak tersebut adalah lemak yang paling jahat di antara lainnya. Pasalnya, lemak ini tak hanya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh tapi juga menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah sangat besar.

Lemak trans sendiri adalah lemak yang dihasilkan ketika makanan atau minuman menjalani proses pengolahan di pabrik. Biasanya, beberapa produsen bahkan menambahkan kadar lemak trans ke dalam produknya agar produk tersebut lebih tahan lama.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak trans bertanggung jawab atas tingginya kolesterol dalam tubuh yang kemudian dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah. Maka dari itu, sebaiknya jauhi makanan yang memiliki lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan serta minuman kemasan serta makanan yang digoreng.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong

7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit