home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Pemanis Buatan Bisa Dipakai untuk Memasak?

Apakah Pemanis Buatan Bisa Dipakai untuk Memasak?

Saat ini banyak yang beralih dari menggunakan gula murni menjadi pemanis buatan. Ya, pemanis buatan dianggap sebagai solusi bagi orang diabetes atau orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat, tetapi tetap ingin merasakan berbagai makanan atau minuman manis. Lalu, apakah pemanis buatan masih bisa dipakai untuk memasak suatu makanan? Apakah semua jenis pemanis buatan dapat digunakan dalam proses memasak?

Apa bedanya memasak dengan pemanis buatan dan dengan gula?

Jika Anda penderita diabetes atau berisiko lebih besar mengalami diabetes – akibat keturunan – dan kemudian disarankan untuk tidak mengonsumsi gula lagi, jangan khawatir tidak bisa makan makanan enak dan manis seperti sebelumnya. Walaupun memang porsinya tidak bisa seperti dulu, tetapi Anda tetap bisa merasakan berbagai makanan favorit Anda dengan mengganti kandungan gulanya dengan pemanis buatan.

Terdapat berbagai jenis gula buatan dan hampir semuanya dapat Anda pakai untuk memasak makanan atau membuat kue kesukaan Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Anda ingin menggunakan pemanis buatan dalam masakan Anda, yaitu:

  • Pada makanan yang dipanggang, penggunaan pemanis buatan akan mengubah warna dari masakan Anda. Jika pada keadaan sebelumnya Anda menggunakan gula pada makanan yang dipanggang, kemudian makanan tersebut membentuk karamel dan berwarna kecokelatan dalam waktu yang singkat, tapi hal ini tidak terjadi pada makanan dengan gula buatan. Makanan yang dicampur dengan gula buatan memerlukan waktu yang lebih lama untuk membentuk karamel dan mengubah warna masakan menjadi coklat.
  • Apabila Anda membuat kue – contohnya muffin atau bolu – dengan menggunakan pengganti gula ini, maka volume kue tersebut tidak akan mengembang sempurna seperti ketika Anda menggunakan gula biasa.
  • Gula buatan juga dapat mengubah tekstur makanan, khususnya kue.
  • Rasa aftertaste makanan berubah, tidak sama ketika Anda menggunakan gula.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan yang menggunakan pemanis buatan akan berbeda dengan makanan yang memakai gula.
  • Makanan yang menggunakan campuran gula buatan saat proses pemasakan mungkin tidak dapat bertahan lama seperti makanan yang mengandung gula alami, sebab gula alami juga dapat berperan sebagai pengawet makanan.

Jenis pemanis buatan apa saja yang bisa digunakan untuk memasak?

Walaupun hampir semua jenis pemanis ini dapat digunakan untuk memasak, tapi ada beberapa pemanis yang tidak tahan dengan suhu panas, sehingga hanya akan merusak kualitas pemanis tersebut. salah satu contohnya yaitu aspartam.

Aspartam adalah pemanis yang paling tidak stabil jika dipanaskan dalam suhu tinggi, jadi jenis pemanis ini tidak cocok digunakan untuk memasak. Tidak hanya kualitasnya yang berubah, jika Anda menggunakan aspartam ketika memasak, gula buatan ini akan mengubah rasa masakan menjadi kurang sedap. Sedangkan sakarin dan sukralosa adalah jenis gula buatan yang paling bisa diandalkan dalam proses memasak. Kedua jenis gula buatan tersebut tahan dengan panas dan mudah menyatu dengan makanan yang sedang dimasak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Dietetic Association. (2011). The Truth about Artificial Sweeteners or Sugar Subtitutes: How Much Is Too Much? ADA Evidence Analysis Library® (EAL).

Liveeatplay.colostate.edu. (2017). [online] Available at: http://liveeatplay.colostate.edu/eat/disease-mgmt/diabetes/sweeteners.pdf  [Accessed 10 Mar. 2017].

 


Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 19/03/2017
x