home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Awas Keliru! Begini Cara Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

Awas Keliru! Begini Cara Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

Karena khasiat dan kemurniaannya, harga madu manuka asli lebih mahal dari madu biasa.

Tentu Anda tidak mau tertipu dengan produk palsu, kan? Maka dari itu, ketahui cara membedakan madu manuka asli dan palsu berikut ini.

Apa itu madu manuka?

Madu manuka adalah salah satu jenis madu yang datang dari Selandia Baru. Madu ini berasal dari lebah yang menyerbuki tanaman manuka (Leptospermum scoparium).

Dibandingkan madu biasa, madu manuka punya tekstur kental dan berwarna keruh mirip karamel.

Sebagian manfaat madu manuka berasal dari kandungan methylglyoxal (MGO) yang tinggi dan terbukti memiliki sifat antibakteri.

Uniknya, kandungan MGO pada madu manuka bisa empat kali lipat lebih banyak daripada madu biasa.

Hal inilah yang membuat madu manuka memiliki standarisasi khusus yang disebut sebagai Unique Manuka Factor (UMF).

Apa itu Unique Manuka Factor (UMF)?

manfaat dan ciri-ciri madu manuka yang asli

Pada tahun 1981, para peneliti dari New Zealand University of Waikato menemukan bahwa madu manuka memiliki kandungan aktif yang lebih tinggi daripada madu biasa.

Menurut studi dalam jurnal AIMS Microbiology, beberapa jenis madu asal Selandia baru sangat kaya akan hidrogen peroksida, methylglyoxal (MGO), dan dihydroxyacetone (DHA).

Kombinasi senyawa aktif dalam madu manuka asli bermanfaat sebagi antibakteri alami untuk pengobatan penyakit-penyakit tertentu.

Kekuatan senyawa antibakteri dalam madu manuka bisa diukur dalam standarisasi internasional UMF (Unique Manuka Factor).

Standar UMF inilah yang bisa membedakan madu manuka dengan madu biasa.

Umumnya makin tinggi jumlah UMF dalam madu manuka, maka makin tinggi tingkat senyawa pelindung yang terdapat dalam madu tersebut.

Pengujian UMF sekaligus memastikan madu manuka asli berasal dari Selandia Baru dan punya kandungan yang memiliki efek terapi atau pemulihan.

Namun, tidak semua madu dari tanaman manuka memiliki standarisasi UMF.

Madu mungkin saja berasal dari tanaman manuka, tetapi hanya ada kandungan hidrogen peroksida di dalamnya.

Madu manuka asli dengan standarisasi UMF harus memiliki kandungan hidrogen peroksida dan komposisi antibakteri alami lainnya, seperti MGO dan DHA.

Bagaimana cara membedakan madu manuka asli dan palsu?

membedakan madu manuka asli dan palsu

Produsen madu manuka asli akan memberi label UMF pada kemasan produk.

Label UMF menunjukkan tingkat leptosperin, methylglyoxal, dan dihydroxyacetone di dalamnya.

Dari label UMF inilah, Anda dapat menentukan madu manuka yang hendak Anda beli asli atau tidak.

Selain itu, madu manuka yang asli memiliki ciri-ciri lain seperti berikut ini.

  • Label UMF dan ratingnya, seperti UMF5+ atau UMF10+.
  • Nama perusahaan madu dan nomor lisensi resmi.
  • Berasal dari perusahaan Selandia baru yang berlisensi UMF.

Apabila Anda tidak menemukan beberapa ciri-ciri tersebut, artinya madu tersebut tidak memenuhi standar UMF alias madu manuka palsu.

Menurut Unique Manuka Factor Honey Association, rating UMF berfungsi untuk menginformasikan konsumen mengenai tingkat kandungan antibakteri pada madu.

UMF5 adalah rating minimum untuk madu manuka. Untuk mendapatkan manfaat pengobatan, Anda minimal mengonsumsi madu dengan UMF10 sampai UMF15.

Sementara itu, madu manuka asli dengan UMF15 ke atas artinya memiliki kualitas unggul dengan kekuatan antibakteri yang tinggi.

Meskipun begitu, tidak ada rating UMF yang benar-benar ideal. Hal ini dapat bervariasi tergantung dengan kebutuhan Anda.

Nilai UMF madu manuka asli

Sebagai konsumen, Anda bisa dengan mudah mengetahui nilai UMF dari madu manuka dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • 0 hingga 4: kandungan aktif dalam jumlah tidak terdeteksi dan bukan untuk terapi.
  • 5 hingga 9: memiliki kandungan aktif rendah dengan manfaat yang sama dengan madu-madu biasa.
  • 10 hingga 14: memiliki kandungan aktif cukup tinggi untuk mendukung penyembuhan penyakit dan menjaga bakteri baik dalam tubuh.
  • 15 ke atas: memiliki kandungan aktif sangat tinggi yang berguna dalam pengobatan, tetapi tidak boleh lebih dari satu sendok makan per hari.

Madu manuka asli juga harus mencantumkan label monofloral atau multifloral pada label sesuai dengan pedoman Kementerian Industri Primer Selandia Baru (MPI).

Madu manuka monofloral berarti madu sepenuhnya berasal dari tanaman Leptospermum scoparium (manuka).

Sementara itu, madu manuka multifloral berasal dari sebagai sumber tanaman lain, tetapi sebagian besar dari tanaman manuka.

Bagaimana cara mengonsumsi madu manuka?

Untuk mendapatkan kegunaan yang maksimal, Anda sebaiknya mengonsumsi satu atau dua sendok makan madu manuka setiap hari.

Anda bisa langsung mengonsumsinya, tapi bisa juga mencampurkan madu manuka ke dalam teh, yoghurt, atau dioles ke roti gandum bila terlalu manis rasanya.

Jika ingin meningkatkan sistem imun atau menyembuhkan radang tenggorokan, Anda dapat menambahkan satu sendok kayu manis dalam madu manuka.

Para peneliti menemukan bahwa aktivitas antibakteri dalam kedua produk ini sangat kuat sehingga bisa membantu Anda sembuh dari sakit.

Selain itu, tentunya Anda perlu mengikuti anjuran pemakaian pada kemasan produk madu manuka.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan konsultasikan ke dokter Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Raw Manuka Honey. FoodData Central – U.S. Department of Agriculture. (2019). Retrieved 19 November 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/604340/nutrients

Grading System Explained. Unique Manuka Factor Honey Association. Retrieved 19 November 2021, from https://www.umf.org.nz/grading-system-explained/

Mānuka honey testing. Ministry for Primary Industries New Zealand. Retrieved 19 November 2021, from https://www.mpi.govt.nz/food-business/honey-bee-products-processing-requirements/manuka-honey-testing/

How the antibacterial activity of manuka honey is rated. Academia. Retrieved 19 November 2021, from https://www.academia.edu/2187725/Pdf_8_How_the_antibacterial_activity_of_manuka_honey_is_rated

Mandal, M. D., & Mandal, S. (2011). Honey: its medicinal property and antibacterial activity. Asian Pacific journal of tropical biomedicine, 1(2), 154–160. https://doi.org/10.1016/S2221-1691(11)60016-6

Johnston, M., McBride, M., Dahiya, D., Owusu-Apenten, R., & Nigam, P. S. (2018). Antibacterial activity of Manuka honey and its components: An overview. AIMS microbiology, 4(4), 655–664. https://doi.org/10.3934/microbiol.2018.4.655

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 2 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro