4 Manfaat Ngemil Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa bilang jika Anda tidak boleh ngemil saat diet? Memang selama ini banyak orang yang menganggap bahwa ngemil adalah kebiasaan yang buruk dan bisa menyebabkan berat badan melonjak. Tapi tahukah Anda bahwa ngemil justru harus dilakukan setiap hari, entah itu sedang diet atau tidak? Simak apa saja manfaat ngemil bagi kesehatan.

Seperti apa kebiasaan ngemil yang dianggap sehat?

Sebenarnya, yang membuat kebiasaan ngemil tidak baik adalah jenis makanan yang Anda camil. Tentu saja kebiasaan ngemil tidak baik jika Anda menjadikan permen, makanan manis, atau makanan kemasan sebagai menu camilan. Kebiasaan tersebut malah dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, sebab semua makanan tersebut mengandung banyak gula, lemak, serta garam hanya akan membuat kadar kolesterol dan gula darah Anda naik.

Selain itu, porsi dari makanan yang Anda camil terkadang terlalu banyak, tentu saja hal ini menyebabkan tubuh Anda menerima kalori lebih banyak. Padahal konsep camilan yang sehat adalah membagi kebutuhan kalori harian dalam porsi yang lebih kecil. Sehingga, meskipun Anda ngemil, Anda tetap harus menjaga kalori makanan yang Anda makan agar tidak berlebihan dari kebutuhan harian.

Lalu bagaimana dengan camilan yang sehat, seperti buah-buahan atau makanan lain yang penuh serat namun rendah kalori? Tentu saja ngemil makanan seperti itu termasuk dari bagian hidup sehat. Tidak percaya bahwa ngemil bisa membuat Anda sehat? Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan ngemil.

Manfaat ngemil bagi kesehatan

1. Mencegah perut keroncongan

Tahukah Anda bahwa pada dasarnya perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali? Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan Anda akan terus bekerja. Sehingga jangan heran jika terdengar suara ‘keroncongan’ dari perut, itu adalah tanda bahwa perut Anda sedang bekerja walaupun dalam keadaan kosong.

Anda bisa mengakali perut Anda yang keroncongan itu dengan mengonsumsi camilan. Kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan. Anda bisa memakan kudapan sehat pada waktu-waktu tertentu seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.

2. Menjaga gula darah stabil dan normal

Terkadang aktivitas yang berat dapat menguras energi serta gula dalam darah Anda dan camilan mampu menolong Anda jika hal tersebut terjadi. Kebiasaan ngemil ini bahkan sangat membantu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal.

Penderita diabetes rentan mengalami gula darah yang naik turun dan hal tersebut cukup berbahaya untuk kesehatannya. Namun, bagi para penderita diabetes, pastikan dulu bahwa camilan yang Anda makan adalah camilan yang sehat dan sebaiknya konsultasikan hal ini ke ahli gizi dan dokter Anda.

3. Menekan nafsu makan

Kebiasaan ngemil dapat menghindarkan Anda dari makan yang terlalu berlebihan dan banyak. Karena, camilan membuat perut Anda selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut yang kosong pun berkurang.

Selain itu, ketika waktu makan datang, Anda masih terasa kenyang akibat sudah ada makanan yang masuk sebelumnya. Hal ini akan membuat Anda mengambil porsi makan sedikit dan makan dengan terkendali.

4. Tubuh mendapatkan berbagai macam zat gizi

Bila Anda makan camilan yang sehat, tentunya Anda akan semakin banyak zat gizi yang Anda dapatkan. Misalnya Anda menjadikan buah-buahan sebagai camilan Anda, maka sekali makan buah saja Anda sudah mendapat beragam vitamin dan mineral. Oleh karena itu sebaiknya jenis buah yang Anda makan bermacam-macam agar Anda mendapatkan lebih banyak zat gizi dari camilan tersebut.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Tikus terkenal sebagai hewan yang jorok karena bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Pernahkah Anda tiba-tiba mengeluarkan air mani meski tak menerima rangsangan apapun? Berikut ini penjelasannya secara medis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Beberapa orang memilih bleaching untuk memutihkan gigi. Namun adakah efek bleaching gigi yang perlu diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
sakit kepala setelah cabut gigi

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit