backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Manfaat Kesehatan dari Buah Zuriat

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 12/12/2022

6 Manfaat Kesehatan dari Buah Zuriat

Buah zuriat dengan nama latin Hyphaene thebaica ini memiliki rasa yang manis bercampur asam. Cari tahu manfaat dan kandungan gizi dari buah zuriat, yuk!

Kandungan gizi dari buah zuriat

Buah yang juga dikenal sebagai buah doum ini memang kaya akan nutrisi yang melimpah. Berikut gizi yang bisa Anda temukan pada buah zuriat.

  • Protein: 3,9 gram (g)
  • Lemak: 6,4 g
  • Serat: 41,9 g
  • Kalsium: 144 miligram (mg)
  • Kalium 171,60 mg
  • Magnesium: 131,35 mg
  • Natrium: 153,92 mg
  • Zat besi: 168,87 mg

Namun, tak hanya itu, buah zuriat juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, serta berbagai senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat kesehatan buah zuriat

manfaat buah zuriat

Dari berbagai kandungan nutrisi tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi buah zuriat berikut ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Buah zuriat memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pasalnya, kandungan fenol yang terdapat pada ekstrak air zuriat dapat membantu mengatasi hiperlipidemia (kolesterol tinggi).

Lebih daripada itu, buah zuriat juga memberikan manfaat dalam membantu menurunkan risiko penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis), yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat di dalam buah zuriat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang dimuat di International Food Research Journal pada 2017 lalu.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa serat berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah zuriat memberikan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengingat tubuh tidak memproduksi vitamin C sendiri, Anda membutuhkan asupan vitamin C dari berbagai makanan, termasuk buah yang satu ini.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh Anda lebih kuat melawan berbagai penyakit yang berhubungan dengan imunitas seperti infeksi virus dan bakteri.

4. Mencegah komplikasi diabetes

Mengonsumsi buah zuriat dapat memberikan manfaat dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah diabetes. Namun, manfaatnya bukan itu saja.

Melansir penelitian di Folia Morphologica, buah zuriat berpotensi mencegah terjadinya komplikasi diabetes termasuk nefropati diabetik (gangguan ginjal akibat diabetes).

5. Menangkal anemia

Anemia dapat terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin. Oleh sebab itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan akan vitamin B dan vitamin C agar terhindar dari penyakit tersebut.

Tak heran jika buah zuriat memiliki manfaat dalam menangkal terjadinya anemia. Pasalnya, buah ini memang kaya akan kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C-nya.

6. Menjaga kehamilan tetap sehat

Di Indonesia, masyarakat mengenal buah zuriat dapat mempercepat kehamilan. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan kebenarannya.

Meski begitu, buah zuriat bermanfaat membantu ibu hamil menjaga agar kehamilannya tetap sehat. Sebab, kandungan vitamin B kompleksnya memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin.

Buah zuriat yang kaya vitamin B kompleks bisa menjadi pilihan makanan sehat ibu hamil, terutama pada trimester 1 dan 3 untuk meningkatkan energi dan menjaga janin sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 12/12/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan