Berapa Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Saat Puasa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat hamil, asupan nutrisi yang dibutuhkan semakin bertambah. Pasalnya, setiap makanan yang Anda makan harus dibagi dengan janin dalam kandungan supaya pertumbuhan dan perkembangannya tetap terjaga. Terlebih bila Anda ikut berpuasa di bulan Ramadan, Anda wajib mengatur pola makan dengan sebaik mungkin agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap terpenuhi. Nah, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Lantas, berapa jumlah kebutuhan kalsium ibu hamil yang harus dipenuhi saat puasa? Ini penjelasan lengkapnya.

Berbagai manfaat kalsium untuk ibu hamil dan janin

herpes genital pada ibu hamil

Seperti yang Anda ketahui, kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dari risiko pengeroposan (osteoporosis). Hal ini nyatanya tidak hanya berlaku untuk ibu hamil saja, tetapi juga pada janin dalam kandungan.

Kebutuhan kalsium ibu hamil cenderung lebih banyak daripada saat sebelum hamil. Ini karena setiap asupan kalsium yang masuk ke tubuh ibu juga akan digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka janin akan mengambil sejumlah kalsium dari tulang ibu. Hal ini tentu akan mengganggu kesehatan tulang ibu dan berdampak pada risiko osteoporosis di kemudian hari.

Selain untuk pertumbuhan tulang dan gigi, janin memerlukan kalsium untuk memaksimalkan perkembangan organ hati, saraf, dan ototnya. Bahkan, kalsium juga bermanfaat untuk memperkuat detak jantung si kecil agar ia kelak lahir dalam kondisi sehat dan normal.

Sedangkan untuk ibu hamil, asupan kalsium diperlukan untuk mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia. Dua hal tersebut termasuk ke dalam jenis komplikasi yang paling sering terjadi selama kehamilan. Maka itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil untuk mencegah risiko komplikasi kehamilan yang bisa membahayakan ibu dan janinnya.

Begitu bayi Anda lahir hingga selesai masa ASI eksklusif, Anda tetap wajib memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Sebab, kalsium ini akan selalu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegahnya dari pengeroposan di kemudian hari.

Kebutuhan kalsium ibu hamil saat puasa

calcium lactate kalsium laktat obat hamil

Kebutuhan kalsium ibu hamil saat puasa umumnya sama seperti hari-hari biasa. Hanya saja, Anda perlu mengatur pola makan dengan sebaik mungkin agar kebutuhan kalsium selama berpuasa tetap terpenuhi dan tidak berlebihan.

Kebutuhan kalsium ibu hamil bertambah sebanyak 200 miligram (mg) dari kebutuhan biasanya, baik pada trimester 1, trimester 2, maupun trimester 3. Akan tetapi, hal ini juga dilihat dari usia ibu hamil itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat jumlah kebutuhan kalsium ibu hamil berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) lewat Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2013 berikut ini:

  • Ibu hamil yang berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan kalsium sebanyak 1.400 mg per hari.
  • Ibu hamil yang berusia 19 sampai 29 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.300 mg per hari.
  • Ibu hamil yang berusia 30 sampai 49 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 mg per hari.

Agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi selama berpuasa, cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan sumber kalsium seperti susu, keju, yogurt, sereal, dan bayam.

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan bahan makanan tersebut. Misalnya bila Anda sedang hamil di usia 25 tahun dengan kebutuhan kalsium 1.300 mg, maka ini bisa dipenuhi dengan makan satu mangkuk sereal yang mengandung 1.000 mg kalsium dan segelas susu yang mengandung kalsium sebanyak 299 mg.

Namun, beberapa ibu hamil tidak suka minum susu karena cenderung menyebabkan mual atau muntah. Tenang saja, ini bisa Anda siasati dengan beberapa sumber kalsium lainnya seperti:

  • Jus jeruk, mengandung 415 mg kalsium
  • Sarden, mengandung 375 mg kalsium
  • Tahu, mengandung 253 mg kalsium
  • Bok coy, mengandung 74 miligram
  • Roti tawar, mengandung 73 miligram

Bila perlu, penuhi kebutuhan kalsium Anda dengan minum CDR. CDR mengandung kombinasi kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6 yang dapat membantu memelihara tulang yang sehat. Selain itu, minum CDR juga dapat membantu memenuhi nutrisi yang Anda butuhkan selama berpuasa. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan kesehatan kandungan Anda sebelum minum CDR.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kupas Tuntas Penyebab, Gejala, Hingga Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Meski bukan penyakit berbahaya, diare pada ibu hamil tak boleh disepelekan lho, Bu! Yuk, cari tahu informasi lengkapnya dalam artikel ini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Berbahayakah Bagi Janin Jika Perut Ibu Hamil Tertekan atau Terbentur?

Meski telah berhati-hati, bisa saja kecelakaan kecil terjadi saat hamil. Misalnya perut ibu hamil tertekan atau terbentur sesuatu. Apakah ini berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Jus untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan Kehamilan dan Janin

Jika Anda bosan makan buah potong saat hamil, bagaimana jika dibuat jus buah? Apa saja jus untuk ibu hamil yang menyehatkan kehamilan dan janin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 16 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Di trimester ketiga, janin masih banyak melakukan perkembangan sehingga asupan nutrisi perlu dipenuhi. Apa saja nutrisi trimester ketiga untuk ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan janin ideal

Pertumbuhan Berat Badan Janin dalam Kandungan di Setiap Trimester Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
setelah kuret

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
janin berhenti bergerak

Janin Berhenti Bergerak, Apakah Harus Periksa ke Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
plasenta previa adalah

Plasenta Previa: Gejala, Penyebab, dan Pilihan Pengobatannya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit