home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Berapa Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Saat Puasa?

Berapa Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil Saat Puasa?

Saat hamil, asupan nutrisi yang dibutuhkan semakin bertambah guna menjaga pertumbuhan dan perkembanganjanin. Terlebih bila Anda ikut berpuasa di bulan Ramadan, Anda wajib mengatur pola makan dengan sebaik mungkin agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap terpenuhi. Nah, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalsium. Lantas, berapa jumlah kebutuhan kalsium ibu hamil yang harus dipenuhi saat puasa? Ini penjelasan lengkapnya.

Berbagai manfaat kalsium untuk ibu hamil dan janin

herpes genital pada ibu hamil

Seperti yang Anda ketahui, kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dari risiko pengeroposan (osteoporosis).

Hal ini nyatanya tidak hanya berlaku untuk ibu hamil saja, tetapi juga pada janin dalam kandungan.

Kebutuhan kalsium ibu hamil cenderung lebih banyak daripada saat sebelum hamil. Ini karena setiap asupan kalsium yang masuk ke tubuh ibu juga akan digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Jika kebutuhan kalsium selama kehamilan tidak tercukupi, janin akan mengambilnya dari tulang ibu.

Hal ini tentu akan mengganggu kesehatan tulang ibu dan berdampak pada risiko osteoporosis di kemudian hari.

Selain untuk pertumbuhan tulang dan gigi, janin memerlukan kalsium untuk memaksimalkan perkembangan organ hati, saraf, dan ototnya.

Bahkan, kalsium juga bermanfaat untuk memperkuat detak jantung si kecil agar ia kelak lahir dalam kondisi sehat dan normal.

Sementara untuk ibu hamil, asupan kalsium diperlukan untuk mengurangi risiko hipertensi dan preeklampsia. Kedua hal tersebut termasuk ke dalam jenis komplikasi yang paling sering terjadi selama kehamilan.

Maka itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan guna mencegah risiko komplikasi kehamilan yang bisa membahayakan ibu dan janinnya.

Begitu bayi Anda lahir hingga selesai masa ASI eksklusif, Anda tetap wajib memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

Ini karena kalsium akan selalu dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegahnya dari pengeroposan di kemudian hari.

Kebutuhan kalsium ibu hamil saat puasa

calcium lactate kalsium laktat obat hamil

Kebutuhan kalsium ibu hamil saat puasa umumnya sama seperti hari-hari biasa.

Hanya saja, Anda perlu mengatur pola makan dengan sebaik mungkin agar kebutuhan kalsium selama berpuasa tetap terpenuhi dan tidak berlebihan.

Kebutuhan kalsium selama kehamilan bertambah sebanyak 200 miligram (mg) dari kebutuhan biasanya, baik pada trimester 1, trimester 2, maupun trimester 3.

Akan tetapi, hal ini juga dilihat dari usia ibu hamil itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat jumlah kebutuhan kalsium ibu hamil berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) lewat Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2019 berikut ini:

  • Ibu hamil yang berusia 19-49 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1.200 miligram (mg) per hari.

Agar kebutuhan kalsium tetap terpenuhi selama berpuasa, cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan sumber kalsium seperti susu, keju, yogurt, sereal, dan bayam.

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda dengan bahan makanan tersebut.

Ambil contohnya bila Anda sedang hamil di usia 25 tahun dengan kebutuhan kalsium 1.300 mg, ini bisa dipenuhi dengan makan satu mangkuk sereal berisi 1.000 mg kalsium dan segelas susu berisi 299 mg kalsium.

Namun, beberapa ibu hamil tidak suka minum susu karena cenderung menyebabkan mual atau muntah.

Tenang saja, ini bisa Anda siasati dengan beberapa sumber kalsium lainnya seperti:

  • Jus jeruk, mengandung 415 mg kalsium
  • Sarden, mengandung 375 mg kalsium
  • Tahu, mengandung 253 mg kalsium
  • Bok coy, mengandung 74 miligram
  • Roti tawar, mengandung 73 miligram

Namun, pastikan juga asupan zat gizi lainnya selama ibu hamil berpuasa juga tercukupi dengan baik dari makanan sehat sehari-hari.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Bagi Bangsa Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Why You Need Calcium During Pregnancy. Retrieved 16 April 2021, from https://www.babycenter.com/0_calcium-in-your-pregnancy-diet_665.bc

How Much Calcium Do I Need When Pregnant?. Retrieved 16 April 2021, from https://www.livestrong.com/article/380575-how-much-calcium-do-i-need-when-pregnant/

Get the Calcium You Need During Pregnancy. Retrieved 16 April 2021, from https://www.webmd.com/baby/get-the-calcium-you-need-during-pregnancy#1

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 16/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus