home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Kandungan dan Manfaat Kesehatan dari Jus Mangga

Berbagai Kandungan dan Manfaat Kesehatan dari Jus Mangga

Menurut National Mango Board, buah mangga sudah menjadi bagian dari makanan manusia selama 4000 tahun terakhir. Buah yang memiliki warna kulit jingga, kuning, hingga hijau ini mengandung vitamin dan mineral penting yang baik untuk kesehatan. Apa saja kandungan dan manfaat jus mangga yang baik untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Kandungan gizi dalam manfaat jus mangga

1. Vitamin C

Mengonsumsi cukup vitamin C sehari-hari bisa membantu Anda mencegah serangan bakteri penyebab sakit pilek dan flu, lho. Kandungan vitamin C dalam manfaat jus mangga, dapat mendorong sel darah putih untuk bekerja lebih efisien dalam membasmi kuman dan bakteri. Jika Anda minum 8 gram jus mangga, jumlah tersebut sudah dapat mencukupi ⅔ kebutuhan vitamin C harian tubuh.

2. Beta karoten

Warna jingga dan kuning pada buah mangga, dapat memasok kandungan beta karoten yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Tubuh menggunakan beta karoten untuk membuat vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, kulit dan tulang tubuh butuhkan.

3. Kalium

Kandungan mineral kalium dalam tubuh berguna membantu jantung, saraf dan otot tubuh berfungsi dengan baik. Kalium juga berfungsi mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Satu cangkir jus buah mangga memasok sekitar 300 miligram kalium. Sedangkan sajian jus mangga tanpa tambahan air atau gula, dapat mengandung sekitar 325 miligram kalium.

Manfaat jus mangga untuk menjaga kesehatan

1. Membantu mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin pada jus mangga, didapuk bisa menangkal penyakit atau masalah pada jantung. Pasalnya, kenaikan asupan kalium akan sebanding pula dengan penurunan zat sodium dalam tubuh. Nah jika Anda mengonsumsi cukup asupan jus mangga dalam sehari, hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya masalah penyakit jantung.

2. Menutrisi kulit dan rambut

Siapa sangka kalau jus mangga baik untuk kulit dan rambut. Ya, kandungan vitamin A dalam mangga bagus untuk menutrisi kulit. Selain itu, vitamin A dalam manfaat jus mangga juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mangoes Health, Benefit and Nutritional Breakdown http://www.medicalnewstoday.com/articles/275921.php Diakses pada 14 Juli 2017

Benefit of Eating Mangoes http://healthyeating.sfgate.com/benefits-eating-mangoes-4378.html Diakses pada 14 Juli 2017

Mango Nutrition https://draxe.com/mango-nutrition/ Diakses pada 14 Juli 2017

http://www.webmd.com/food-recipes/features/mad-about-mangos#1

https://www.verywell.com/mangos-all-year-long-3982611

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph pada 19/07/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x