4 Penyebab Anda Mendadak Tidak Nafsu Makan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah merasa tidak nafsu makan, padahal hidangan yang disajikan adalah menu favorit? Nafsu makan menurun pasti pernah dialami oleh semua orang. Kecenderungan seseorang untuk mengalami penurunan nafsu makan adalah akibat banyaknya masalah yang sedang dihadapi atau mengalami stres berlebihan. Namun, nafsu makan berkurang tidak hanya disebabkan oleh faktor psikologis atau mood saja. Ada beberapa penyebab yang harus Anda waspadai.

Apa yang terjadi pada tubuh jika nafsu makan menurun?

Nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi di dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan normal akan menjadi masalah jika kondisi tersebut terus berlanjut. Malnutrisi atau kurangnya makanan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah masalah serius utama kehilangan nafsu makan jika berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Akibat kurangnya nafsu makan, tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah. Untuk menangani nafsu makan menurun adalah dengan mengetahui penyebabnya. Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit.

Apa penyebabnya nafsu makan menurun?

1. Obat dan perawatan medis

Kehilangan nafsu makan yang diikuti rasa lelah dan rasa mual juga bisa disebabkan karena obat-obatan tertentu. Perawatan medis dapat menyebabkan Anda mengalami nafsu makan menurun khususnya akibat pengobatan kanker. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan nafsu makan adalah antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.

2. Gangguan mental

Kehilangan nafsu makan juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami gangguan mental. Mereka yang mengalami ini biasanya akan merasa stres, sedih, gelisah, dan depresi sehingga psikologi mereka terganggu. Nafsu makan menurun seperti ini tidak boleh dibiarkan berkepanjangan karena dikhawatirkan akan bertambah parah.

3. Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah awal yang sangat berat untuk ibu hamil. Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan energi calon ibu terkuras, sehingga mudah merasa lelah dan malas. Tidak hanya itu, biasanya hal tersebut juga akan menimbulkan rasa mual atau yang biasa kita kenal dengan morning sickness. Akibat perubahan hormon dan perubahan yang terjadi pada tubuh wanita hamil menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan.

4. Penyakit

Siapa yang menyangka bahwa nafsu makan menurun dapat disebabkan oleh adanya penyakit-penyakit berbahaya yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa penyakit kronis yang menyebabkan nafsu makan menurun secara drastis.

Mengonsumsi multivitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan sebagai langkah awal untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Anda juga bisa mencoba hidangan favorit anda untuk mengatasi nafsu makan menurun. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami gejala-gejala penyakit berbahaya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Oatmeal bukan hanya lezat, tapi juga penuh serat., mengenyangkan, dan cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Simak 7 resep oatmeal berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Resep Sehat, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu diet raw food

Mau Coba Diet Raw Food? Simak Dulu Info Penting Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit