home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sakit Tulang Punggung Bagian Tengah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Tulang Punggung Bagian Tengah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang lebih sering mengeluhkan sakit punggung di bagian kanan, kiri, atau bawah dekat pinggang. Keluhan nyeri di punggung tengah memang cukup jarang karena justru area atas dan bawah yang lebih sering dijadikan tumpuan berat badan. Namun nyatanya, tidak sedikit juga yang mengalami sakit punggung tepat di bagian tengah tulang belakang. Lantas, apa penyebabnya?

Supaya semua kegiatan tetap lancar, jangan lupa juga untuk simak cara mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah yang bisa dicoba di rumah.

Penyebab sakit tulang punggung bagian tengah

sakit punggung setelah makan

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi kemunculan sakit di tulang punggung tengah, seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Umur

Semakin usia bertambah tua, Anda semakin rentan mengalami nyeri punggung. Itu kenapa keluhan sakit tulang belakang di tengah punggung cenderung lebih sering dialami oleh orang-orang berusia 30-60 tahun.

Peningkatan risiko ini dipengaruhi oleh proses penuaan yang membuat massa otot berkurang, cairan di persendian tulang belakang menipis, dan penurunan kepadatan tulang.

2. Masalah tulang atau sendi

Masalah pada tulang dan/atau persendian di area punggung seperti arthritis (radang sendi) atau osteoporosis (pengeroposan tulang) dapat memicu rasa sakit pada tulang belakang bagian tengah.

Selain arthritis, osteoarthritis (OA) adalah peradangan sendi yang umum menyebabkan rasa nyeri di punggung tengah. Gejala OA menyebabkan ujung-ujung tulang saling bergesekan, menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kaku.

Ankylosing spondylitis juga merupakan jenis radang sendi yang memengaruhi tulang belakang. Gejalanya meliputi rasa sakit dan kaku di punggung bagian tengah. Seiring waktu, penyakit ini menyebabkan ruas tulang belakang menyatu yang dapat mempengaruhi postur dan mobilitas.

3. Gaya hidup

Hampir sebagian besar penyebab nyeri pada punggung tengah diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik.

Postur tubuh yang cenderung membungkuk dapat menyebabkan otot-otot punggung, terutama otot fleksor dan ekstensor, meregang karena harus bekerja lebih keras untuk menstabilkan posisi pangkal leher dan pundak agar selaras dengan punggung.

Nyeri juga bisa muncul akibat kebiasaan Anda mengangkat barang berat dengan cara yang buruk. Mengangkat benda berat secara berulang-ulang dengan postur yang tidak tepat dapat menyebabkan otot dan ligamen di bagian belakang meregang atau robek.

Di luar dari itu, risiko nyeri dapat semakin tinggi apabila Anda memiliki kebiasaan merokok aktif. Merokok membuat Anda lebih rentan terhadap nyeri karena berkurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang.

Begitu pula dengan obesitas. Semakin berlebih berat badan Anda, bisa membuat nyeri pada tulang, otot, dan setiap struktur pada bagian belakang lebih terasa nyata.

4. Penyebab lainnya

Kemunculan rasa sakit di tulang punggung bagian tengah dapat dipicu oleh cedera fisik yang mengakibatkan patah tulang. Fraktur atau patah tulang dapat terjadi pada salah satu vertebra di punggung tengah sebagai akibat dari cedera olahraga, kecelakaan mobil, atau jatuh.

Gejala-gejalanya termasuk nyeri hebat yang semakin parah setiap kali bergerak. Jika cedera memengaruhi sumsum tulang belakang, nyeri dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan inkontinensia. Patah tulang membutuhkan perawatan medis segera.

Selain itu, herniated disc juga dapat memicu rasa sakit di punggung tengah. Disk terletak di antara vertebra yang masing-masingnya terisi dengan cairan untuk bertindak sebagai bantalan penyerap goncangan. Bantalan berisi cairan tersebut dapat dapat pecah atau menonjol keluar. Inilah yang dikenal sebagai herniated disc. Disk yang bergeser atau pecah dapat memberikan tekanan pada saraf di sekitarnya.

Cara mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah

Sebelum pergi ke dokter, mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi ini di rumah sendiri.

1. Kompres hangat dan dingin

Mengompres hangat dan dingin pada area yang terasa nyeri merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi kondisi ini. Pertama-tama Anda dapat mengompres punggung tengah Anda dengan es batu yang dilapisi kain.

Kemudian, setelah beberapa menit letakkan kompres hangat pada daerah yang sama. Jangan lupa untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit untuk mengistirahatkan area yang terasa nyeri.

2. Mengonsumsi obat-obatan

efek samping ibuprofen

Jika teknik kompres tidak berhasil, mungkin Anda bisa minum obat penghilang rasa nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen. Cara ini dipercaya dapat mengatasi nyeri dan bengkak, terutama sakit pada punggung bagian tengah.

Sedangkan untuk kasus sakit tulang punggang bagian tengah yang lebih parah perlu diobati menggunakan obat yang lebih kuat. Diantaranya adalah opioid serta antidepresan yang dapat mengontrol rasa sakit.

3. Memperbaiki postur tubuh

Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Salah satu penyebab punggung bagian tengah Anda sakit adalah postur tubuh yang salah. Oleh karena itu, mulailah untuk memperbaiki posisi tubuh saat duduk atau berjalan dengan cara:

  • Berdiri tegak dengan bahu yang tegap.
  • Tidak membungkuk.
  • Jika Anda sering duduk, upayakan memberi waktu untuk berdiri dalam beberapa menit.
  • Mengatur tinggi kursi dan komputer, serta posisi keyboard dan mouse.

4. Olahraga

Ternyata, melakukan aktivitas fisik juga dapat mengatasi sakit tulang punggung bagian tengah, lho! Akan tetapi, tentu saja tidak semua jenis olahraga aman dan efektif untuk meredakan nyeri di area tersebut.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah pose yoga untuk sakit punggung tertentu, berenang, dan juga berjalan kaki.

Jika Anda masih merasa kurang, cobalah untuk melakukan bridges dan planks untuk melatih otot perut dan punggung.

5. Periksa ke dokter

Granuloma Inguinale adalah

Jika Anda masih merasakan nyeri selama 72 jam ke depan, sebaiknya Anda berkonsultasi mengenai kondisi ini kepada dokter. Biasanya, mereka akan memberikan beberapa opsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit tersebut, antara lain:

  • Terapi fisik seperti pijat dan aktivitas fisik.
  • Diberikan obat-obatan berjenis penghilang rasa sakit, pereda nyeri otot, dan injeksi steroid.
  • Operasi yang dilakukan dengan melihat apa penyebabnya terlebih dahulu, seperti disektomi, laminotomi, atau operasi tulang belakang.

Nah, setelah mengatasi sakit tulang punggung tengah, tentu saja Anda tidak ingin bukan mengalami hal ini kembali? Ini dia beberapa cara untuk mencegah munculnya rasa nyeri pada area yang sama.

Cara mencegah sakit tulang punggung di bagian tengah

Tidak hanya meredakan dan juga mengobati, sebaiknya Anda pun melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisir sakit tulang initerjadi kembali. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Menjaga berat badan

Salah satu penyebab dari sakit tulang punggung bagian tengah adalah obesitas. Hal ini dikarenakan adanya tekanan berlebih pada bagian tulang belakang Anda. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi tentu saja Anda harus menjaga berat badan agar tetap ideal dan terhindar dari nyeri tersebut.

2. Mengangkat barang berat dengan hati-hati

Selain obesitas, nyeri punggung juga diakibatkan oleh terlalu banyak beban yang diangkat oleh Anda dan terkadang tidak melakukannya dengan hati-hati. Oleh karena itu, usahakan untuk hati-hati mengangkat barang yang berat dengan menjaga punggung tegak dan bertumpu pada lutut untuk mencegah sakit tulang punggung bagian tengah.

3. Mengganti posisi tidur

Tidak hanya saat berjalan atau duduk, posisi tidur juga dapat memengaruhi sakit tulang punggung tengah.

Jika Anda tidur dengan posisi telentang, Anda dapat menyelaraskan tulang belakang dan membuat nyeri atau sakit pada tulang punggung tengah Anda. Nah, cobalah untuk mengubah posisi tidur Anda menjadi miring dengan meletakkan guling atau bantal di sela lutut Anda.

Setelah mengetahui beberapa cara mengatasi dan mencegah sakit tulang bagian punggung tengah, cobalah untuk mempraktekkan hal tersebut. Apabila rasa nyeri tidak kunjung hilang, konsultasikan kepada dokter Anda untuk perawatan yang lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Minnis, Gregory. Middle Back Pain: Causes, Treatment, and Home Remedies. (2020). Retrieved 3 February 2020, from https://www.healthline.com/health/middle-back-pain

Posture tips to prevent back pain. (2020). Retrieved 3 February 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/multimedia/back-pain/sls-20076817

Morrison, William. Middle back pain: Causes, treatment, and exercises. (2020). Retrieved 3 February 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/article

(2020). Why Does My Middle and Upper Back Hurt?. Retrieved 3 February 2020, from https://www.webmd.com/back-pain/why-does-my-middle-and-upper-back-hurt#1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 25/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x