Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

4 Makanan yang Membuat Hati bahagia

    4 Makanan yang Membuat Hati bahagia

    Bukan hanya mendengarkan lagu atau liburan saja yang bisa bikin hati bahagia muncul. Nyatanya, makan juga bisa bikin mood Anda jadi happy dan bahagia. Makanan apa yang bisa bikin hati bahagia?

    Makanan yang bisa bikin hati bahagia

    1. Buah, sayuran, dan ikan

    sayur rendah karbohidrat

    Dalam penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Jurnal Psikiatri Inggris, sebanyak 3.500 pria dan wanita yang memakan makanan kaya akan kandungan gizi dilaporkan jarang mengalami depresi dibandingkan mereka yang banyak memakan makanan manis, berminyak, daging olahan, dan produk susu tinggi lemak.

    Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran serta asam lemak omega-3 pada ikan berkaitan erat dengan penurunan risiko depresi dan bisa bikin hati bahagia.

    Folat dan vitamin B yang ada pada sayuran hijau seperti bayam, biji-bijian dan jeruk-jerukan, memengaruhi transmisi saraf yang berdampak pada perubahan suasana hati. Para ahli mengatakan efek pelindung stres dari makanan ini berasal dari akumulasi nutrisi yang dibawa.

    2. Makanan karbohidrat

    sumber karbohidrat paling sehat

    Dalam sebuah studi baru dalam Archives of Internal Medicine, menyatakan bahwa orang yang selama setahun mengikuti diet rendah karbohidrat, yang terdiri atas 20 sampai 40 gram karbohidrat setiap hari (kira-kira sejumlah ½ cangkir beras ditambah satu potong roti) mengalami depresi, cemas, dan marah lebih sering daripada mereka yang diet rendah lemak, tinggi karbohidrat, dan fokus pada susu rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

    Di sini para peneliti menduga bahwa karbohidrat meningkatkan produksi serotonin, bahan kimia otak yang memberikan perasaan baik. Diet rendah karbohidrat selama setahun penuh juga dapat membawa dampak negatif pada mood. Ada baiknya makan karbohidrat sehat rendah glikemik seperti beras merah atau pasta gandum.

    3. Dark chocolate

    meningkatkan daya ingat, manfaat makan dark chocolate

    Makan dark chocolate (sekitar 40 gram) setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol, pada orang yang berisiko stres tinggi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Nestlé Research Center (Pusat Penelitian Nestlé) di Swiss baru-baru ini. Penelitian ini menunjukkan polifenol (antioksidan) dalam cokelat, dan juga buah-buahan dan sayuran, mungkin telah berkontribusi terhadap perubahan stres. Tetapi jangan lupa bahwa 40 gram cokelat berjumlah 235 kalori. Berat badan Anda mungkin akan sedikit bertambah. Tapi jangan stres, ya!

    4. Teh hijau

    manfaat minum teh hijau

    Sebuah penelitian di Jepang meneliti tingkat stres 40.000 orang. Ditemukan bahwa, 20 persen orang yang minum teh hijau 5 cangkir per hari, memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan orang yang hanya minum satu cangkir teh sehari. Hasilnya tetap benar bahwa teh hijau bisa bikin hati bahagia. Termasuk setelah dipengaruhi faktor-faktor lain termasuk usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, merokok, dan diet.


    Stres dan butuh teman berbagi cerita?

    Ayo tanya psikolog kami atau berbagi cerita bersama di Komunitas Kesehatan Mental!


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Mood boosting foods http://www.eatingwell.com/nutrition_health/mind_body_spirit/mood_boosting_foods?page=4 Diakses pada 12 Oktober 2018.

    6 Foods that can make you happier https://www.health.com/nutrition/6-foods-tahat-can-make-you-happier Diakses pada 12 Oktober 2018.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui Oct 16, 2018
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: