4 Makanan yang Membuat Hati bahagia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bukan hanya mendengarkan lagu atau liburan saja yang bisa bikin hati bahagia  muncul. Nyatanya, makan juga bisa bikin mood Anda jadi happy dan bahagia. Makanan apa yang bisa bikin hati bahagia?

Makanan yang bisa bikin hati bahagia

1. Buah, sayuran, dan ikan

sayur rendah karbohidrat

Dalam penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam Jurnal Psikiatri Inggris, sebanyak 3.500 pria dan wanita yang memakan makanan kaya akan kandungan gizi dilaporkan jarang mengalami depresi dibandingkan mereka yang banyak memakan makanan manis, berminyak, daging olahan, dan produk susu tinggi lemak.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran serta asam lemak omega-3 pada ikan berkaitan erat dengan penurunan risiko depresi dan bisa bikin hati bahagia.

Folat dan vitamin B yang ada pada sayuran hijau seperti bayam, biji-bijian dan jeruk-jerukan, memengaruhi transmisi saraf yang berdampak pada perubahan suasana hati. Para ahli mengatakan efek pelindung stres dari makanan ini berasal dari akumulasi nutrisi yang dibawa.

2. Makanan karbohidrat

sumber karbohidrat paling sehat

Dalam sebuah studi baru dalam Archives of Internal Medicine, menyatakan bahwa orang yang selama setahun mengikuti diet rendah karbohidrat, yang terdiri atas 20 sampai 40 gram karbohidrat setiap hari (kira-kira sejumlah ½ cangkir beras ditambah satu potong roti) mengalami depresi, cemas, dan marah lebih sering daripada mereka yang diet rendah lemak, tinggi karbohidrat, dan fokus pada susu rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Di sini para peneliti menduga bahwa karbohidrat meningkatkan produksi serotonin, bahan kimia otak yang memberikan perasaan baik. Diet rendah karbohidrat selama setahun penuh juga dapat membawa dampak negatif pada mood. Ada baiknya makan karbohidrat sehat rendah glikemik seperti beras merah atau pasta gandum.

3. Dark chocolate

meningkatkan daya ingat, manfaat makan dark chocolate

Makan dark chocolate (sekitar 40 gram) setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol, pada orang yang berisiko stres tinggi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Nestlé Research Center (Pusat Penelitian Nestlé) di Swiss baru-baru ini. Penelitian ini menunjukkan polifenol (antioksidan) dalam cokelat, dan juga buah-buahan dan sayuran, mungkin telah berkontribusi terhadap perubahan stres. Tetapi jangan lupa bahwa 40 gram cokelat berjumlah 235 kalori. Berat badan Anda mungkin akan sedikit bertambah. Tapi jangan stres, ya!

4. Teh hijau

manfaat minum teh hijau

Sebuah penelitian di Jepang meneliti tingkat stres 40.000 orang. Ditemukan bahwa, 20 persen orang yang minum teh hijau 5 cangkir per hari, memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan orang yang hanya minum satu cangkir teh sehari. Hasilnya tetap benar bahwa teh hijau bisa bikin hati bahagia. Termasuk setelah dipengaruhi faktor-faktor lain termasuk usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, merokok, dan diet.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Telur mentah bisa ditemukan dalam berbagai minuman dan masakan. Tapi ternyata ada banyak risiko makan telur mentah, apalagi untuk orang-orang tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit