Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Cara Atasi Bosan Selama Liburan di Rumah

7 Cara Atasi Bosan Selama Liburan di Rumah

Menghabiskan liburan di rumah tak selalu membosankan dan kesepian. Lewat aktivitas yang tepat, liburan bisa tetap menyenangkan meski tidak pergi ke mana-mana. Beberapa kegiatan liburan di rumah di bawah ini dapat menyehatkan tubuh dan pikiran. Ingin tahu apa saja kegiatan tersebut?

Beragam aktivitas seru saat liburan di rumah

Liburan adalah momen yang tepat untuk mencoba berbagai hal yang belum sempat Anda lakukan karena sibuk bekerja. Anda bisa menjalani hobi baru, memasak resep yang rumit dan menantang, menelepon keluarga, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan selama menikmati hari-hari libur di rumah.

1. Memasak hidangan yang berbeda dari biasanya

Jika biasanya Anda hanya punya cukup waktu untuk memasak menu-menu sederhana, liburan di rumah dapat menjadi momen mencoba resep yang belum pernah Anda coba. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mencoba menu hidangan barat, Asia, atau mungkin Timur Tengah dengan rempahnya yang beragam.

Momen ini juga bisa Anda gunakan untuk memasak bersama anak atau suami Anda. Anak-anak biasanya paling senang bila dilibatkan dalam kegiatan seperti ini. Ajak mereka melakukan hal dasar seperti mengupas bawang, menghias makanan, atau menyajikannya.

2. Mengajak teman-teman berkunjung ke rumah

Agar liburan tidak terasa sepi, ajaklah teman-teman Anda berkunjung ke rumah. Minta mereka membawa makanan masing-masing dan adakan pesta barbeku kecil-kecilan.

Cobalah permainan papan seperti catur, monopoli, dan sebagainya. Aktivitas ini akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan teman-teman.

Tidak punya alat-alat yang diperlukan? Tenang, Anda masih dapat menikmati liburan di rumah dengan menginap bersama. Anda bisa berkaraoke sepanjang hari, lalu memandangi awan dan bintang, membuat api unggun kecil, atau bertukar cerita seram menjelang tidur.

3. Bersih-bersih dan mengatur ulang interior rumah

bersih-bersih rumah

Kegiatan yang satu ini tidak sekadar menjadikan liburan terasa menyenangkan, tapi juga membuat Anda lebih sehat. Pasalnya, Anda jadi aktif bergerak dan setiap sudut rumah yang lama menjadi sarang kuman serta kotoran akhirnya kembali bersih.

Awali dengan membersihkan sudut-sudut rumah dari debu, lalu bereskan semua tumpukan barang. Pindahkan posisi furnitur agar Anda bisa membersihkan lantai dengan leluasa. Setelah semuanya bersih, Anda pun dapat mengecat dinding rumah untuk menciptakan suasana baru.

4. Movie marathon

Liburan di rumah tidak lengkap tanpa maraton film atau series TV favorit. Ketika liburan, Anda dapat menonton film apa pun dan selama apa pun yang Anda inginkan.

Ingin menikmati pengalaman nonton film yang lebih seru? Coba sewa proyektor film kecil dan arahkan ke dinding rumah yang berwarna terang. Matikan semua lampu, siapkan camilan sehat, dan ajak teman-teman terdekat Anda menikmati momen ini bersama.

5. Membuat kerajinan tangan

merajut

Aktivitas seperti menjahit, merajut, menyusun manik-manik, dan sejenisnya ibarat meditasi bagi otak dan tubuh. Kegiatan ini membantu meredakan stres, menjernihkan pikiran, membuat tubuh terasa lebih rileks, serta meningkatkan kreativitas Anda.

Melalui kerajinan tangan, liburan di rumah menjadi suatu hal yang menenangkan. Apabila pikiran senantiasa tenang dan tubuh rileks selama liburan, Anda bisa kembali bekerja secara produktif begitu masa liburan sudah usai.

Menikmati kegiatan liburan di rumah dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari me time dan ketenangan. Kegiatan ini pun bisa mendekatkan Anda dengan teman-teman yang juga menikmati liburan dengan cara serupa.

Apa pun kegiatan yang Anda pilih, lakukanlah sepenuh hati agar keseruannya terasa optimal. Jangan lupa cukupi kebutuhan tidur agar Anda dapat menikmati hari-hari libur dengan mood yang baik dan tubuh yang fit.

6. Berbagi dan beramal

Liburan adalah waktu untuk memberi dan menunjukkan penghargaan, dan itu tidak boleh berhenti hanya karena pembatasan social distancing. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang lain.

Anda mungkin menghemat uang tahun ini dengan melewatkan liburan tahunan dan menjadi kurang bersosialisasi. Jadi, mungkin Anda memiliki uang ekstra untuk disumbangkan ke badan amal setempat.

Anda dapat menyumbangkan mainan lama, makanan, hadiah, dan lainnya dalam kotak hadiah untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Tetangga Anda yang tengah mengalami pembatasan dan masa sulit yang sama seperti Anda. Jadi coba tunjukkan penghargaan dan dukungan Anda dengan memberikan hadiah kecil atau sekadar silaturahmi.

7. Merawat diri

mitos skincare

Perawatan diri sama pentingnya pada tahun sebelumnya. Berada dalam keterasingan, baik sendirian atau bersama keluarga, sangat berat bagi kita semua. Melakukan perawatan diri bisa jadi opsi untuk kegiatan liburan di rumah.

Pijat di rumah, melakukan rutinitas skincare, hingga berolahraga di rumah bisa memberi banyak manfaat. Jangan heran apabila selepas pandemi lewat Anda justru terlihat lebih segar dan terawat.

Setiap orang memiliki cerita favorit, ada yang menyukai cerita fiksi, ada yang menyukai buku self-improvement. Ambil kesempatan untuk menghabiskan waktu sendirian dengan buku-buku Anda.

Apa pun kegiatan yang Anda pilih, lakukanlah sepenuh hati agar keseruannya terasa optimal. Jangan lupa cukupi kebutuhan tidur agar Anda dapat menikmati hari-hari libur dengan mood yang baik dan tubuh yang fit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Clayton, C. (2020). 10 Ways To Spend Time At Home During The Holidays. ABM College. Retrieved January 26, 2022, from https://www.abmcollege.com/blog/10-ways-to-spend-time-at-home-during-the-holidays  

Desai, S. (2013). How to Enjoy Your Holidays With Your Family!. HuffPost. Retrieved January 26, 2022, from https://www.huffpost.com/entry/holidays-family_b_2342857 

Robinson, L. (2021). The Benefits of Play for Adults. HelpGuide. Retrieved January 26, 2022, from https://www.helpguide.org/articles/mental-health/benefits-of-play-for-adults.htm 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui Feb 22
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.