home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan 7 Cara Mudah Ini

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri dengan 7 Cara Mudah Ini

Mencintai orang lain bagi sebagian orang mungkin lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Terkadang, Anda sulit menerima kekurangan diri karena merasa insecure dengan apa yang orang lain punya. Padahal, menerapkan cara mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin silaturahmi dengan orang lain.

Oleh karena itu, sebelum Anda menyayangi orang lain dan lingkungan sekitar, mulailah terlebih dahulu menyukai diri sendiri. Tak perlu melakukan hal khusus yang merepotkan, Anda bisa mulai mencintai diri sendiri dengan menerapkan berbagai cara dan kebiasaan yang mudah, sederhana, serta sehat.

Apa pentingnya mencintai diri sendiri?

betah hidup sendiri

Mencintai diri sendiri atau sel-love bukan berarti Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsisistik yang menyimpang. Justru, Anda menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi segala kebutuhan Anda dan tidak mengorbankan kesejahteraan Anda untuk menyenangkan orang lain. Ini juga bisa berarti memprioritaskan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, serta memaafkan diri sendiri saat Anda melakukan hal buruk pada diri Anda.

Dengan mencintai diri sendiri setulus hati, Anda dapat memperoleh sejumlah manfaat yang baik bagi diri Anda dan juga orang sekitar. Anda dapat terbebas dari beban sosial, karena tidak akan membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Anda pun akan punya banyak waktu untuk mengurus diri sendiri, sehingga bisa menjadi lebih sehat dari segi fisik dan juga mental.

Adapun kesehatan mental dan fisik merupakan modal untuk mendapatkan hidup yang lebih tentram, nyaman, aman, dan bahagia. Anda pun akan lebih percaya diri untuk mengejar mimpi Anda, sehingga bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik saat ini dan untuk ke depannya.

Bahkan, mental yang sehat juga bisa mengurangi risiko berbagai gangguan mental pada masa depan, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Anda juga lebih bisa menghadapi segala kesulitan dalam hidup, sehingga bisa terhindar dari stres yang mungkin datang.

Tak hanya itu, jika Anda sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar Anda pun ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan nyaman berada di dekat Anda, karena Anda memancarkan energi positif dari dalam diri. Ini juga penting untuk menjalin hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan dalam hidup.

Cara mudah dan sederhana untuk mencintai diri sendiri

Cinta pada diri sendiri tidak datang begitu saja. Anda perlu membangunnya dengan melakukan beberapa hal yang berguna bagi diri Anda. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui kalau mencintai diri sendiri bisa dimulai dari hal-hal mudah dan sederhana. Berikut adalah tips atau cara mencintai diri sendiri yang bisa Anda lakukan:

1. Menjaga kesehatan tubuh

Mulailah mencintai diri Anda dengan cara menjaga kesehatan fisik. Adapun cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, dan membiasakan diri tidur secara teratur dan cukup. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, dan berolahraga rutin, seperti jalan kaki, senam, yoga, atau bahkan merilekskan diri dengan meditasi.

2. Meluangkan waktu tanpa gawai elektronik

Cara ini kemungkinan besar efektif agar Anda dapat mencari tahu apa yang dapat dilakukan tanpa harus melibatkan gawai Anda. Berikan waktu kepada diri Anda sendiri untuk beristirahat dari menatap layar ponsel atau laptop, yang selama ini menguras pikiran karena pekerjaan atau lingkungan sosial. Sebagai gantinya, Anda bisa bertemu teman atau melakukan sesuatu yang kreatif.

3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Walaupun sulit dilakukan, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda suka meski hanya sebentar. Anda bisa membaca buku, main teka teki silang atau sudoku, mendengarkan musik, atau apapun yang Anda suka di sela kesibukan Anda. Cara ini bisa membantu Anda lebih menghargai dan mencintai diri Anda sendiri, sekaligus untuk meredakan stres.

4. Membersihkan rumah atau kamar

membersihkan rumah sehat

Membersihkan dan menata rumah atau kamar Anda bisa jadi salah satu cara sederhana untuk mencintai diri sendiri yang kadang disepelekan. Padahal, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa membuat suasana baru sehingga Anda lebih semangat. Anda pun bisa mengurangi rasa kecemasan dan stres, atau bahkan menemukan inspirasi baru yang bisa Anda lakukan untuk diri Anda sendiri.

5. Meluapkan isi hati

Jika Anda sedang mengalami sebuah kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kekecewaan, janganlah ditahan. Meluapkan isi hati Anda bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam di diri Anda, sehingga Anda bisa lebih mencintai diri sendiri. Anda bisa meluapkannya dengan menulis di buku harian atau berbicara dengan diri sendiri, baik di dalam hati, di kamar mandi, atau di depan cermin.

6. Menyingkirkan pikiran negatif

Tak hanya melepaskan emosi yang terpendam, Anda pun perlu menghilangkan pikiran-pikiran negatif. Terkadang, pikiran-pikiran negatif inilah yang membuat Anda tersiksa dan kerap merendahkan diri Anda sendiri.

Sebaliknya, pikirkan hal-hal yang positif, seperti kekuatan yang Anda miliki, agar Anda menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri Anda. Anda pun perlu mengurangi konsumsi berita negatif yang cenderung membuat diri Anda berpikiran negatif terus menerus.

7. Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif

Salah satu cara untuk mencintai diri Anda adalah dengan berada di antara orang-orang yang positif dan menyayangi Anda. Berkumpul dengan orang-orang yang positif bisa membawa Anda kepada suasana dan kebiasaan yang positif pula pada diri Anda. Hal ini bisa membuat diri Anda jadi lebih baik.Sebaliknya, akhiri semua hubungan yang toxic yang justru merugikan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

17 Ways to Learn to Love Yourself and Be Happy. Lifehack. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.lifehack.org/863539/learning-to-love-yourself.

First, Y. (2021). Learning to Love Yourself – Youth First. Youthfirstinc.org. Retrieved 29 January 2021, from https://youthfirstinc.org/learning-to-love-yourself/.

10 Reasons Why You Should Love Yourself First. Lifehack. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.lifehack.org/424752/love-yourself-first-or-no-one-else-will.

Self-Love and What It Means. Brain & Behavior Research Foundation. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.bbrfoundation.org/blog/self-love-and-what-it-means.

Loving Others Means Loving Yourself First | Psychreg. Psychreg. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.psychreg.org/loving-others-means-loving-yourself-first/.

30 Ways To Practice Self-Love And Be Good To Yourself. Lifehack. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.lifehack.org/articles/communication/30-ways-practice-self-love-and-good-yourself.html.

Therapy for Self Love, Therapist for Self Love Issues. Goodtherapy.org. (2021). Retrieved 29 January 2021, from https://www.goodtherapy.org/learn-about-therapy/issues/self-love.

Ghaffari, N. (2021). The Mental Health Benefits of Cleaning, Organizing, & Decluttering Your Space – Recovery.org. Recovery.org. Retrieved 29 January 2021, from https://www.recovery.org/pro/articles/the-mental-health-benefits-of-cleaning-organizing-decluttering-your-space/.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal diperbarui 01/02/2021
x