Apa Itu Alter Ego? Apakah Sama dengan Kepribadian Ganda?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mendengar nama Sasha Fierce? Bagaimana dengan nama Yonce? Baik Sasha Fierce maupun Yonce, keduanya mulai diketahui dunia saat beberapa tahun lalu seorang penyanyi legendaris Beyonce, ‘mengenalkan’ mereka kepada khalayak ramai. Ya, seperti yang diungkapkan Beyonce kepada media, Sasha Fierce dan Yonce merupakan identitas alter ego miliknya. Apa itu alter ego? Apakah normal memiliki alter ego? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu alter ego?

Alter ego adalah kondisi di mana seseorang membentuk karakter lain dalam dirinya secara sadar. Karakter lain ini sering kali merupakan gambaran ideal tentang dirinya, yang tidak bisa dia realisasikan dan hanya mampu ia idam-idamkan. Beberapa orang lain juga mengatakan memiliki alter ego adalah cara mereka untuk menyembunyikan sisi diri mereka yang ingin disembunyikan dari orang lain.

Apa bedanya alter ego dengan ‘kepribadian ganda’?

Anda mungkin jadi bertanya, apakah ada perbedaan antara orang yang memiliki alter ego dengan kepribadian ganda?

Dissociative identity disorder (DID), yang sebelumnya dikenal dengan multiple personality disorder atau oleh orang awam disebut kepribadian ganda, adalah kelainan di mana seseorang memiliki lebih dari satu identitas dalam satu tubuh. Seseorang dengan banyak identitas ini lebih cenderung untuk menyebut dirinya ‘kami’.

Pada sebagian besar kasus, karakter yang dimiliki oleh orang dengan DID adalah lebih dari dua orang, dan karakter atau identitas lain (identitas alternatif) tersebut terpisah satu sama lain. Saat satu identitas alternatif tengah menguasai tubuh Anda, identitas alternatif inilah yang memegang kendali terhadap tubuh Anda seutuhnya dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga perubahan yang akan terjadi adalah secara total. Aksen bicara, memori, nama, usia, bahkan gender kepribadian ini akan benar-benar akan berbeda. Bahkan, saat identitas kembali pada identitas utama (asli), Anda takkan mampu mengingat apa yang terjadi pada diri Anda saat kepribadian yang lain sedang mengambil alih.

Dengan kata lain, ketidaksadaran yang Anda alami saat identitas tubuh Anda berubah, akan diikuti juga dengan segala perubahan dalam diri Anda, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bila pun Anda memiliki lebih dari dua kepribadian dalam diri Anda, tiap kepribadian itu masing-masing akan tetap berfungsi secara terpisah-pisah.

Berbeda halnya dengan alter ego. Perubahan identitas pada orang yang memiliki alter ego dilakukan dengan sadar dan masih dalam wewenang identitas asli. Dengan kata lain, tidak terjadi lupa ingatan pada proses perubahan karakter pada orang dengan alter ego. Selain itu, identitas asli juga masih memiliki wewenang penuh dalam tukar-menukar identitas serta dalam kesadaran yang utuh. Saat Anda merasa dalam kondisi Anda membutuhkan identitas alternatif ini yang muncul, Anda dapat memicu dan mengubahnya sendiri.

Apakah normal memiliki alter ego?

Sebenarnya, setiap orang berpotensi memiliki alter ego. Namun pada beberapa kondisi, Anda mungkin tak sadar Anda memilikinya, karena pemahaman mengenai alter ego tersebut yang masih berbeda-beda satu sama lain, seperti:

Orang A. Orang yang memiliki alter ego dalam bentuk suara dalam kepalanya yang sering kali ia ajak diskusi saat ia dihadapkan dengan keputusan yang sulit untuk dia putuskan sendiri.

Orang B, yang menggunakan alter egonya untuk tujuan tertentu, seperti Beyonce yang mengeluarkan Sasha Fierce hanya pada saat ia butuh mengeluarkan karakter berani dalam dirinya. Sedangkan ia merasa bahwa karakter asli dalam dirinya adalah karakter pemalu.

Orang C, yang mengeluarkan alter egonya hanya pada saat-saat di mana ia kesepian dan butuh lawan bicara.

Hanya saja yang perlu diketahui bahwa, pada beberapa kasus, memiliki alter ego bisa berakhir membahayakan diri Anda sendiri maupun mungkin orang-orang di sekitar Anda. Memiliki alter ego boleh-boleh saja, selama alter ego yang Anda ciptakan tersebut masih dapat Anda kendalikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Anda Punya Sifat Posesif? Ini Penyebab, Tanda, dan Cara Mengatasinya

Memiliki sifat posesif tidak akan pernah menguntungkan, justru ini akan merusak hubungan Anda dengan pasangan atau kerabat. Kenali apa itu posesif di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 18 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Bagaimana Cara Mengendalikan Ego yang Tinggi?

Ego adalah bagian dari kepribadian manusia yang seringkali dicap negatif. Memang, apa itu ego, dan bagaimana mengendalikan ego yang tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mental Illness (Gangguan Mental)

Mental illness adalah gangguan mental yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku,suasana hati, atau kombinasi diantaranya. Berikut informasi lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Mental 17 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Jangan membiarkan kesepian terlalu lama menggerogoti Anda. Cari tahu cara mengatasi kesepian agar hidup Anda jauh lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rasa kesepian depresi

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
putus kenapa cinta memudar

4 Alasan Psikologis Cinta Bisa Memudar

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan rasa cemas

8 Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebihan

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sedih

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit