Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin kita sering mendengar ‘Jangan melihat seseorang dari penampilannya’. Banyak yang memegang prinsip dan melakukan hal itu, namun bukankah tetap saja penampilan merupakan kesan pertama seseorang ketika bertemu kita? Oleh karena itu, penampilan sangat penting. Dari penampilan, orang dapat mengira-ngira usia, bahkan karakter Anda. Salah satu aspek penampilan yang tidak kalah penting adalah warna rambut.

Diketahui dari sebuah survei global bahwa di dunia terdapat 90% lebih orang yang memiliki rambut berwarna gelap. Hanya 2% memiliki rambut pirang dan 1% lainnya memiliki rambut berwarna merah. Lalu, apa warna yang Anda punya? Apakah sudah cocok dengan karakteristik diri Anda? Warna rambut yang salah atau tidak cocok dengan karakteristik diri bisa membuat Anda lebih tua. Beberapa ahli kecantikan mengatakan bahwa warna rambut berhubungan dengan warna mata dan kulit, dengan mencocokannya maka Anda akan terlihat lebih muda dan segar.

Menentukan warna kulit dahulu

Sebelum mengetahui apa warna rambut yang cocok untuk Anda, lebih baik Anda menentukan dulu warna kulit Anda. Apakah Anda memiliki warna dasar kulit warm undertone, cool undertone, atau  neutral undertone. Bagaimana cara menentukannya? Anda bisa melihat warna pembuluh darah pada tangan di bawah cahaya yang terang. Jika pembuluh darah berwarna kebiruan, maka Anda memiliki warna kulit cool undertone, sedangkan pembuluh darah berwarna hijau berarti kulit Anda berwarna warm undertone. Namun jika terlihat kebiruan dan kehijauan sekaligus, dapat disimpulkan warna kulit Anda neutral undertone.

Mencocokkan warna rambut dengan warna kulit dan mata

Banyak sekali cat rambut berwarna yang sebenarnya dapat Anda coba untuk membuat wajah terlihat lebih muda dan segar. Namun perlu diperhatikan juga dengan warna kulit dan mata karena hal ini akan mempengaruhi penampilan.

Neutral undertone

Kulit orang yang berjenis neutral undertone biasanya cocok dengan segala jenis warna rambut. Untuk orang yang memiliki warna pupil mata yang gelap, seperti cokelat atau hitam, dapat mencoba warna cokelat sedang atau merah sedang. Sedangkan untuk orang dengan warna hijau atau biru pada pupil mata, cocok memiliki rambut berwarna brunette atau blonde (pirang).

Warm undertone

Jika Anda memiliki tipe kulit seperti ini dengan warna gelap pada pupil mata, maka disarankan untuk berambut berwarna hitam, cokelat sedang, atau cokelat keemasan. Atau, jika Anda ingin tampil lebih segar Anda bisa mencoba mewarnainya dengan warna cokelat kemerahan. Sementara jika pupil mata Anda berwarna hijau atau biru dan memiliki rambut natural berwarna cerah, tidak ada salahnya mencoba untuk mewarnainya menjadi medium blonde. Anda bisa meminta hairstylish Anda untuk memberikan campuran warna keemasan dengan medium brunette.

Cool undertone

Bagi Anda yang memiliki warna pupil mata yang gelap, cobalah untuk memiliki warna rambut cokelat tua atau burnette. Sedangkan untuk yang mempunyai mata hijau atau biru, agar terlihat lebih segar tidak ada salahnya untuk mencoba rambut yang berwarna cokelat terang hingga sedang, atau bisa juga memilih cokelat seperti pasir pantai, cokelat keemasan.

Kulit sawo matang

Jenis warna kulit ini mungkin yang paling banyak ada di Indonesia. Untuk Anda yang mempunyai mata gelap maka sangat cocok untuk memiliki rambut berwarna hitam atau cokelat sedang. Atau, Anda juga bisa tampil baru dengan memilih warna cokelat kemerahan, merah tua, atau warna terong tua. Dengan mengubah warna rambut dengan warna-warna tersebut, Anda akan terlihat berbeda dari sebelumnya namun tetap cocok dengan kulit dan warna mata Anda. Sementara bagi Anda yang memiliki pupil mata berwarna hijau atau biru, disarankan untuk memiliki warna rambut yang terang, seperti cokelat muda dan medium blonde.

Pewarnaan rambut yang salah, bisa menimbulkan efek tua, seperti orang kelelahan bahkan sakit. Dengan memiliki potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan warna rambut sesuai dengan warna kulit dan mata bisa membuat Anda lebih tirus, muda, dan dapat menutupi kekurangan dari bentuk wajah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Badan sakit setelah olahraga sebenarnya pertanda apa? Apakah ini baik atau justru sebaliknya? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Olahraga Lainnya, Kebugaran 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

fakta tentang hati manusia

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit