4 Poin yang Akan Dinilai Wanita Saat Bertemu Seorang Pria, Menurut Survei

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Layaknya pria menilai seorang wanita saat pertama kali bertemu, wanita pun juga melakukan hal demikian. Jangan salah, wanita merupakan pengamat yang tajam, lho. Karena itu, wanita selalu punya penilaian khusus saat bertemu pria. Apa saja hal-hal dinilai wanita? Ini dia ulasannya.

Apa kata survei tentang hal utama yang dinilai wanita saat bertemu pria?

Ada sejumlah survei yang menunjukan hasil berbeda-beda mengenai hal ini. Dalam laman Medical Daily, survei yang dilakukan pada seribu responden wanita menunjukan bahwa mata pria adalah poin yang paling penting, diikuti dengan senyuman dan tinggi badan. 

Sedangkan dari laman The Sun UK, survei yang dilakukan oleh Ramescar pada wanita lajang menyatakan bahwa 71 persen wanita dalam survei ini menyatakan bahwa senyuman pria adalah hal yang akan pertama kali diamati. Hal kedua dan ketiga yang dinilai oleh wanita saat bertemu pria yaitu sifat dan tinggi badan. 

Menurut survei yang dilakukan oleh Cosmopolitan, ada lima hal yang dilihat oleh wanita saat pertama kali bertemu seorang pria. Pertama adalah senyuman, lalu sorotan mata, diikuti oleh tangan, lengan, dan terakhir adalah rambut.

Survei yang berbeda oleh Men’s Health menunjukan bahwa hal-hal yang paling diperhatikan wanita saat bertemu pria adalah mata, senyuman, tinggi badan, tangan, dan yang terakhir adalah gaya berpakaian.

Dari berbagai survei tersebut, bisa disimpulkan bahwa ada lima hal yang selalu masuk dalam kriteria penilaian wanita. Keempatnya adalah mata, senyuman, tinggi badan, dan sifat.

5 tahap jatuh cinta

1. Mata

Sorot mata adalah salah satu hal yang menjadi perhatian wanita ketika bertemu pria. Mata seorang pria yang berani menatap dengan tegas pada lawan bicaranya bisa membuat wanita terkesan. 

Menurut seorang psikolog dari Northeastern University, orang yang melakukan kontak mata kepada lawan bicaranya cenderung dianggap lebih cerdas. Selain itu, wanita mungkin memiliki anggapan bahwa orang yang kurang berani menatap mata ketika berbicara dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Contohnya perasaan tidak suka, tidak menarik, dan tidak menyenangkan.

2. Senyuman

Seorang wanita biasanya menginginkan keramahan, dan senyuman menjadi bahasa tubuh yang mencerminkan keramahan. Senyuman di sini adalah senyuman sewajarnya saat bertemu orang baru, berbeda dengan senyuman yang menggoda.

Senyuman bisa menjadi salah satu poin penilaian penting bagi wanita karena lewat senyuman, seseorang bisa memancarkan perasaan positif, bahagia, dan sikap yang terbuka. Pria yang tersenyum pun bisa membuat orang lain jadi merasa lebih rileks di sekitarnya.

3. Tinggi badan

Poin penilaian ini sebenarnya berakar pada zaman manusia purba. Dulu, pria memang memiliki tugas sebagai pemimpin dan pelindung. Pasalnya, pada masa itu ancamannya berupa ancaman fisik. Misalnya serangan hewan buas atau konflik dengan manusia lainnya. Itulah mengapa fisik yang besar dan tinggi lebih menarik bagi wanita.

Sedangkan pada zaman manusia modern, hal tersebut sudah tidak penting lagi. Lalu mengapa masih banyak wanita yang menilai tinggi badan pria sebagai poin penting? Menurut para ahli, ini karena secara sadar maupun tidak, wanita cenderung memilih sosok yang paling ideal untuk menjadi ayah dari anak-anaknya kelak. Karena itu, sebagian wanita lebih menyukai pria berbadan tinggi supaya nanti anak-anaknya mewarisi gen tersebut dan badannya menjadi tinggi juga.

4. Sifat

Sifat humoris menjadi hal yang diperhatikan oleh seorang wanita. Berdasarkan survei yang dilakukan dalam laman Men’s Health, 77 persen wanita menyukai laki-laki yang memiliki rasa humor. Berbincang dengan laki-laki yang humoris membuat wanita merasa bisa mengurangi rasa stres mereka.

Selain humoris, sifat berikutnya yang menjadi perhatian seorang wanita adalah mau mencari jalan keluar. Pria yang menunjukan sifat ini membuat wanita merasa aman. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit