home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Haphephobia, Phobia yang Membuat Takut Disentuh

Mengenal Haphephobia, Phobia yang Membuat Takut Disentuh

Berbagai macam rasa ketakutan yang aneh dan tidak masuk akal ada di dunia ini, salah satunya adalah hapephobia. Fobia aneh ini jenisnya langka karena membuat seseorang takut disentuh oleh orang lain. Orang yang menderita hapephobia akan merasa takut terus-menerus pada sentuhan seseorang. Mari simak penjelasan mengenai haphephobia.

Apa sih haphephobia?

Haphephobia adalah rasa takut dan kecemasan yang dapat sangat mengganggu kehidupan seseorang yang memilikinya, yang dipicu oleh sentuhan. Penderita biasanya akan terlihat cemas, tidak nyaman, berkeringat, bahkan panik hebat jika ia disentuh oleh orang lain. Tidak bisa sembarang orang bisa menyentuhnya. Hal ini terjadi karena sentuhan dianggap memasuki atau melanggar ruang privasi miliknya.

Penderita phobia ini kemungkinan mengalami kejadian yang membuatnya trauma, biasa terjadi pada korban pelecehan atau kekerasan fisik di masa lalu sehingga dirinya menimbulkan respon negatif ketika mengalami sentuhan, meski hanya sebuah tepukan biasa saja.

Apa yang menyebabkan seseorang takut disentuh?

Seperti kebanyakan phobia, trauma kehidupan nyata berlangsung pada suatu waktu di kehidupan seseorang (mungkin di masa lalu mereka) dan memicu respon takut yang berlebihan. Karena otak manusia sebagian besar sibuk membuat asosiasi selama hidupnya, menyentuh atau disentuh dikaitkan dengan sesuatu yang sangat tidak menyenangkan dalam pikiran haphephobic tersebut. Ini bisa disebabkan karena mereka pernah menjadi korban perkosaan mengerikan, penyerangan, atau penganiayaan yang menyebabkan takut disentuh.

Dalam beberapa kasus, mungkin respon yang terjadi adalah reaksi jijik ketika disentuh. Ini bisa menjadi masalah dari orang yang ingin memiliki ruang personal yang ketat dan perasaan takut jika sesorang melanggar batasan privasinya. Anda bisa menemukannya dalam beberapa kasus pada penderita autisme.

Gejalanya phobia sentuhan

  • Ketakutan dan cemas jika ada gerakan ingin menyentuh dari orang lain
  • Takut bersentuhan dengan lawan jenis
  • Menghindari keramaian dan sekumpulan orang atau kelompok
  • Adanya serangan panik dengan beberapa tanda fisik seperti peningkatan detak jantung, menggigil, berkeringat, pingsan, muntah.

Yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia

Seperti yang kita tahu ada banyak jenis fobia. Pengobatan yang paling populer untuk fobia adalah untuk menemui seorang psikolog, psikiater, hipnoterapis. Ahli hipnotis juga dapat mencoba membantu orang mengatasi fobia atau memahami apa yang menyebabkan masalah sehingga dapat diselesaikan.

Dengan bantuan seorang spesialis terlatih, penderita akan diubah alam bawah sadarnya. Ketika alam bawah sadar dibuka, ini berpotensi untuk menemukan masalah yang memicu fobia mereka, dan memperkenalkan ide-ide baru dan saran positif. Saran positif tersebut kemudian dapat digunakan untuk membantu membuat perubahan yang diinginkan, salah satunya mengatasi ketakutan sentuhan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 30/01/2017
x