Coulrophobia (Fobia Badut)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Definisi coulrophobia (fobia badut)

Apa itu coulrophobia (fobia badut)?

Coulrophobia adalah jenis fobia spesifik yang mengarah pada badut. Dilansir dari The University of Texas, kata coultrophobia merupakan kombinasi kata “phobia” dan “kōlobatheron” dari bahasa Yunani yang artinya panggung.

Fobia sendiri diartikan sebagai rasa takut intens terhadap objek tertentu yang memengaruhi perilaku dan kehidupan sehari-hari. Biasanya, kondisi ini merupakan respons psikologis terkait peristiwa traumatis di masa lalu.

Fobia pada badut memang tidak termasuk dalam DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders/DSM5) panduan untuk mendiagnosis penyakit mental. Akan tetapi, ketakutan tersebut masuk dalam kategori kspesifik karena menimbulkan ketakutan dan kecemasan intens, terhadap badut yang umumya digambarkan sebagai sosok jenaka dan menggemaskan.

Bagi orang yang takut dengan badut, mereka akan kesulitan untuk tetap tenang ketika berada di acara  pertunjukkan sirkus, festival, karnaval, atau perayaan meriah lainnya.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Coulrophobia adalah kondisi yang umumnya menyerang anak-anak. Biasanya muncul di usia 4 hingga 5 tahun. Namun, bisa juga terus dialami oleh orang dewasa akibat trauma masa kecil yang tidak terobati.

Tanda & gejala coulrophobia (fobia badut)

Fobia berbeda dengan ketakutan biasa. Rasa takut tidak hanya muncul ketika menonton film yang menyajikan badut menyeramkan saja, tapi juga mengalami ketakutan dalam kehidupannya jika berhadapan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan badut.

Selain ketakutan, tanda dan gejala yang ditimbulkan jika seseorang mengalami coulrophobia (fobia badut) adalah:

  • Panik, gelisah, dan sensasi mual-mual.
  • Telapak tangan berkeringat dan gemetar.
  • Mulut kering, kadang disertai sulit bernapas.
  • Detak jantung lebih cepat dari biasanya.
  • Muncul emosi dan ingin menangis atau berteriak-teriak saat melihat objek yang ditakuti.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda atau si kecil menunjukkan tanda-tanda fobia yang disebutkan, menyegerakan diri periksa ke dokter adalah langkah yang bijak. Apalagi, jika rasa takut menghambat aktivitas tertentu.

Penyebab dan faktor risiko coulrophobia (fobia badut)

Penyebab fobia sangat beragam, biasanya akibat peristiwa yang traumatis dan menakutkan. Dalam kasus coulrophobia, ada beberapa kemungkinan penyebab dan risikonya di antaranya adalah:

Menonton film menakutkan

Sosok badut yang digambarkan dalam film-film kadang bertolak belakang dengan sosok sesungguhnya. Banyak film yang menyajikan badut sebagai sosok yang menakutkan dan mengerikan sehingga menimbulkan ketakutan. Orang yang sering menonton film-film horor tentang badut bisa saja terpengaruh, terutama pada anak-anak.

Mengalami peristiwa traumatis

Mengalami peristiwa yang menimbulkan trauma berkaitan dengan badut bisa membuat seseorang menjadi fobia dengan badut. Ini karena saat mereka dihadapkan dengan badut, otak akan memerintah tubuh untuk melakukan respons  “fight-or-flight”.

Tubuh akan menangkap sinyal otak bahwa badut adalah sebuah ancaman sehingga peristiwa traumatis bisa menimbulkan fobia terhadap sesuatu.

Memercayai bahwa sosok badut menyeramkan

Meski jarang, fobia juga bisa berkembang karena faktor ini. Biasanya, anak-anak mempelajari banyak hal di sekitar lewat orang-orang di sekelilingnya. Misal, seorang adik bisa saja merasakan ketakutan berlebihan karena sang kakak juga mengalami hal serupa.

Diganosis & pengobatan coulrophobia (fobia badut)

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Kebanyakan fobia didiagnosis dengan konseling pada terapis atau ahli kesehatan mental. Namun, pada kasus fobia badut, diagnosis mungkin agak rumit dilakukan mengingat fobia ini tidak terdaftar sebagai fobia resmi di DSM-5.

Anda mungkin hanya perlu bertemu dengan terapis untuk membahas ketakutan terhadap badut dan bagaimana dampaknya pada kehidupan Anda. Beri tahu apa yang terjadi dalam pikiran dan tubuh Anda ketika melihat badut, entah itu sesak napas, pusing, panik misalnya.

Bagaimana coulrophobia ditangani?

Berikut ini adalah pengobatan yang biasanya dijalani orang dengan fobia badut:

Psikoterapi

Psikoterapi biasanya menjadi pengobatan pertama untuk orang yang mengalami ketakutan berlebihan pada badut. Ada dua jenis psikoterapi yang biasanya dipilioh, yakni:

  • Terapi eksposur. Terapi dengan menunjukkan gambar badut, dan mendiskusikan perasaan atau emosi apa saja yang muncul saat melihatnya. Terapis akan membantu mencari cara untuk mengatasinya.
  • Terapi perilaku dan kognitif. Terapi yang dikenal dengan sebutan CBT (cognitive and behaviour therapy) ini berfokus pada perubahan pemikiran dan pola perilaku tertentu. Misalnya, mengubah cara berpikir Anda tentang badut hingga menjadi lebih positif.

Minum obat-obatan

Selain terapi, beberapa orang yang mengalami ketakutan berlebihan dengan badut juga perlu minum obat-obatan seperti:

  • Beta-blocker. Obat ini biasa digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi, yang efeknya bisa memperlambat detak jantung. Jika Anda mengalami respons panik atau ketakutan, ini dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan rileks.
  • Obat antidepresan golongan sedatif. Jenis antidepresan inidapat membantu Anda merasa lebih rileks. Sayangnya, obat ini dapat menyebabkan kecanduan obat sehingga biasanya tidak dijadikan pilihan utama.

Pengobatan coulrophobia (fobia badut) di rumah

Selain mengikuti pengobatan dokter, mengatasi fobia terhadap badut juga bisa dengan perawatan berikut ini:

  • Terapkan olahraga untuk mengelola kecemasan yang berhubungan dengan fobia pada objek tertentu. Lakukan aktivitas fisik ini secara rutin.
  • Belajar teknik relaksasi yakni melatih pernapasan dalam atau menjalani meditasi untuk mengatasi kecemasan, ketakutan, dan stres.

Pencegahan coulrophobia (fobia badut)

Sebenarnya, tidak cara ampuh yang sepenuhnya bisa mencegah fobia badut. Namun, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah konsultasi ke psikolog jika memang Anda memiliki pengalaman traumatis.

Di samping penting untuk tidak memberi gambaran menakutkan terhadap suatu objek pada anak-anak. Pasalnya, hal ini bisa mengubah presepsi anak mengenai badut adalah sosok yang menakutkan. Lebih baik hindari memberi tahu anak dengan seruan, “Nak, jangan main di situ, ada badut, seram”, maka Anda dapat mengatakan, “Nak, bahaya main di situ, nanti jatuh”.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bukan Sekadar Jijik Pada Benda Kotor, Ini Informasi Lengkap Mysophobia

Wajar jika Anda jijik dengan benda kotor, tapi pada orang dengan mysophobia, hal ini bisa menimbulkan gejala mengganggu. Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 2 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Merinding Jijik Melihat Foto Ini? Mungkin Anda Mengidap Trypophobia

Trypophobia adalah jenis fobia lubang-lubang yang diciptakan oleh alam atau bentuk melingkar. Anda bisa melakukan trypophobia test untuk mengetahuinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 29 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Phobia Ketinggian (Acrophobia), Termasuk Gejala dan Cara Mengatasinya

Orang yang memiliki phobia ketinggian bisa bereaksi berlebihan saat di tempat tinggi. Berikut informasi gejala hingga cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 28 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Social Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan Sosial)

Berbeda dengan pemalu atau gugup, penderita social anxiety disorder bisa terserang panik dan rasa takut saat bersosialisasi. Berikut informasi lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 25 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

thalassophobia

Kenali Gejala Thalassophobia atau Fobia terhadap Laut, Serta Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
xenophobia

Xenophobia, Rasa Takut yang Dapat Berubah Menjadi Tindak Diskriminasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
hemofobia adalah takut dengan darah

Mengapa Ada Orang yang Sangat Takut Darah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi fobia

Terus-terusan Dipaksa Menghadapi Rasa Takut, Apakah Bisa Menghilangkan Fobia?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit