home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Alasan Perasaan Cemas Bikin Seseorang Tidak Selera Makan

Alasan Perasaan Cemas Bikin Seseorang Tidak Selera Makan

Pernahkah Anda merasa gugup atau cemas ketika mencoba berhadapan dengan hal yang tidak disukai dan malah bikin tidak selera makan? Tidak perlu khawatir. Salah satu penyebab seseorang kehilangan nafsu makan adalah rasa cemas yang berlebihan. Namun, mengapa kondisi ini bisa terjadi?

Hubungan rasa cemas dengan tidak selera makan

menambah nafsu makan

Perasaan cemas terhadap sesuatu kerap membuat orang makan lebih banyak daripada porsi yang biasa ia konsumsi. Namun, tidak sedikit dari mereka yang justru tidak selera makan saat merasa khawatir atau cemas.

Kondisi ini dapat terjadi karena adanya pelepasan hormon stres ketika mengalami perasaan cemas. Akibatnya, hormon tersebut dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik dan menyebabkan respons tubuh untuk melawan hormon tersebut.

Perlawanan dari tubuh adalah situasi yang sangat normal karena tubuh berusaha menjaga Anda dari ancaman. Pelepasan hormon stres tersebut tentu berpengaruh terhadap tubuh Anda.

Penelitian dari jurnal Cureus menunjukkan salah satu hormon, yaitu corticotropin-releasing factor (CRF), berpengaruh terhadap pencernaan. Salah satu dampak yang cukup terlihat dari pelepasan hormon ini adalah berkurangnya hingga hilangnya nafsu makan seseorang.

mengatasi gangguan kecemasan

Hormon CRF ini ternyata tidak hanya menghilangkan nafsu makan orang yang mengalami rasa cemas, melainkan juga masalah pencernaan lainnya, seperti:

  • sembelit
  • diare
  • gangguan pada sistem pencernaan
  • rasa mual

Masalah pencernaan ini juga menimbulkan berbagai gejala yang ternyata juga berpengaruh terhadap selera makan. Mulai dari peningkatan terhadap jantung, tekanan darah, hingga otot merasa tegang.

Sementara itu, dilansir dari Cleveland Clinic, orang yang tidak selera makan biasanya terlalu berfokus pada stres yang dialami. Akibatnya, mereka tidak begitu memperhatikan tanda-tanda tubuh sudah mulai butuh asupan makanan, alias tidak peduli terhadap rasa lapar.

Bagaimana mengembalikan nafsu makan saat cemas

nafsu makan bertambah saat PMS

Pikiran cemas yang membuat Anda tidak selera makan adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Hal terpenting yang perlu Anda ingat adalah bagaimana stres ini tidak berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

Oleh karena itu, agar tubuh tetap mendapatkan kebutuhan nutrisi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengembalikan nafsu makan.

1. Cari tahu penyebab cemas

mengalami gangguan kecemasan

Salah satu cara mengembalikan selera makan saat stres adalah mencari tahu apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mencoba mengendalikan pemicu stres yang menyebabkan tidak selera makan.

Apabila cara ini efektif tetapi Anda tidak tahu harus berbuat apa, sebaiknya datangi terapis atau berkonsultasi dengan ahlinya untuk membantu mengelola rasa cemas dan stres.

2. Mulai coba mengendalikan rasa cemas

menghilangkan kecemasan energi positif

Setelah berhasil mengetahui apa yang membuat Anda cemas dan menyebabkan tidak selera makan, sudah saatnya untuk mengendalikan perasaan negatif tersebut. Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan ketika merasa cemas berlebihan, seperti:

Rasa cemas dan stres mungkin tidak akan hilang sepenuhnya. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mengelola perasaan tersebut agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

3. Pilih makanan yang bernutrisi dan mudah dicerna

makanan untuk pasien penyakit ginjal

Selain mengelola stres dan rasa cemas, konsumsi makanan bergizi dan mudah dicerna pun ternyata perlu agar tubuh tidak kehilangan selera makan, yaitu:

  • makanan berkuah dengan sayuran dan protein tinggi
  • yogurt shakes pengganti makanan
  • smoothies dengan kandungan buah, sayuran, dan protein
  • konsumsi protein tanpa lemak dan sayuran yang dikukus

Cara ini bertujuan agar tidak memperparah sistem pencernaan yang sudah terganggu. Sementara itu, orang yang mengalami gangguan kecemasan sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan lemak, garam, dan gula yang tinggi.

Jangan lupa untuk tetap makan teratur agar tubuh dan otak terhubung dengan baik ketika Anda merasa lapar. Selain itu, bukan masalah jika Anda hanya mampu mengunyah beberapa gigitan ketika makan dibandingkan tidak makan sama sekali.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah porsi setiap kali makan. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi untuk tubuh.

4. Konsultasi ke dokter

cara memilih dokter internis terbaik

Cobalah untuk berkonsultasi ke dokter jika gangguan makan yang disebabkan oleh kecemasan ini sudah sangat mengganggu.

Dokter akan memberikan beberapa pilihan untuk mengatasi masalah ini, seperti terapi, konsultasi dengan ahli gizi, atau minum obat-obatan serta suplemen.

Apabila Anda merasa masalah tidak selera makan akibat rasa cemas masih bisa dikendalikan, usahakan untuk tetap makan bergizi dan teratur. Namun, ketika tidak diobati dengan baik, rasa cemas tersebut bisa berubah menjadi gangguan kecemasan dan memiliki efek jangka panjang pada tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ans, A., Anjum, I., Satija, V., Inayat, A., Asghar, Z., Akram, I., & Shrestha, B. (2018). Neurohormonal Regulation of Appetite and its Relationship with Stress: A Mini Literature Review. Cureus. doi: 10.7759/cureus.3032. Retrieved 24 April 2020. 

Eating disorders. Anxiety and Depression Association of America. Retrieved 24 April 2020, from https://adaa.org/understanding-anxiety/related-illnesses/eating-disorders

How stress can make you eat more – or not at all. (2016). Cleveland Clinic. Retrieved 24 April 2020, from https://health.clevelandclinic.org/how-stress-can-make-you-eat-more-or-not-at-all/

Leonard, J. (2020). Anxiety and loss appetite: what is the link?. Medical News Today. Retrieved 24 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/327437

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 09/05/2020
x