home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Cepat Mengatasi Mata Perih Kena Shampoo

7 Cara Cepat Mengatasi Mata Perih Kena Shampoo

Keramas merupakan bagian penting dari rutinitas mandi sehari-hari. Tapi sesi mandi pagi untuk mengawali hari bisa berubah total menjadi bencana ketika mata perih kena shampoo. Meski tampaknya remeh dan bisa pulih seiring waktu, pernahkah Anda penasaran apakah kecerobohan ini akan memengaruhi penglihatan Anda ke depannya? Bagaimana cara yang tepat mengatasi mata yang perih kena sampo? Simak informasinya di sini.

Kenapa busa shampoo terasa pedih di mata?

Rasa panas terbakar ketika mata kena shampoo disebabkan oleh kandungan bahan-bahan kimia sabun yang ada dalam shampoo itu sendiri. Bahan kimia merupakan zat iritan yang dapat menyebabkan iritasi, sementara itu ada banyak saraf halus nan sensitif yang bermukim di mata. Terkena rangsangan sedikit saja, mata dapat menjadi bengkak dan berubah kemerahan. Akibatnya sensasi mata perih bisa diikuti dengan atau tanpa gejala lain, seperti rasa gatal pada mata, sakit mata, hingga mata berair.

Mata merah yang perih dan berair sebenarnya merupakan usaha tubuh untuk mempertahankan diri dari kemasukan zat asing. Saraf-saraf mata yang terserang busa sampo dengan cepat mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Otak kemudian memerintahkan kelenjar air mata untuk mengeluarkan air mata demi membilas bersih residu sabun dari mata.

Namun reaksi mata perih kena sampo memang pada umumnya timbul lebih parah dibandingkan hanya kemasukan debu atau asap rokok saja. Pasalnya, bahan kimia sampo dan sabun memiliki sifat yang mudah melekat pada air dan juga pH yang lebih tinggi (lebih basa) dibandingkan pH normal air mata (pH 7). Karena itu sabun lebih mudah melekat pada mata yang memiliki kelembapan tinggi dibanding dengan kulit yang kering.

Apakah mata perih kena shampoo dapat membahayakan kesehatan mata?

Sebagian besar zat yang masuk ke mata Anda yang membuat mata terasa perih tidak akan menyebabkan masalah mata serius. Setelah dibilas, biasanya mata akan terasa sedikit sakit atau gatal, namun gejala ini dapat cepat hilang.

Bagaimana cara mengatasi mata yang perih kena shampoo?

Satu-satunya perawatan yang dibutuhkan untuk mata yang kemasukan zat asing, seperti sabun, shampo, dan parfum adalah dengan segera menyiram mata dengan air. Tapi Anda tidak boleh melakukannya sembarangan. Ikuti instruksinya di bawah ini

  1. Tenangkan diri. Jangan biarkan diri Anda jadi panik kalang kabut saat mata perih terkena sampo. Tarik napas dalam dan perlahan, tenangkan diri Anda.
  1. Jangan gosok mata Anda. Menggosok mata justru akan menyebabkan sampo makin masuk ke dalam mata.
  1. Tutup mata Anda. Dengan menutup mata, Anda memblokir lebih banyak buasa sampo yang akan bisa masuk mata. Jangan buka mata sampai Anda siap untuk membilas sampo tersebut.
  1. Bilas mata Anda dengan air dingin selama 2-3 menit. Buka mata Anda dan tengadahkan wajah Anda ke shower sehingga mata Anda terbilas dengan air mengalir selama 2-3 menit.
  1. Teteskan mata dengan air mata buatan/tetes pelembab mata. Hal ini dapat membantu untuk mengeluarkan sisa sampo dari mata Anda.
  2. Pergi ke dokter apabila mata Anda terasa perih atau terbakar terus-menerus, atau jika penglihatan Anda menjadi buram meski sudah membersihkan mata dengan air.

Adakah cara-cara mencegah sampo masuk mata?

Terapkan cara-cara berikut untuk mencegah mata perih kena shampoo di lain waktu Anda mandi.

  1. Posisikan kepala Anda condong ke belakang saat keramas.
  2. Tutup mata Anda saat keramas.
  3. Jangan langsung menggosok mata Anda dengan tangan atau jari setelah menggunakan sampo.
  4. Cuci tangan Anda setelah menggunakan sampo.
  5. Gunakan sampo bebas air mata (tears-free shampoo), contohnya adalah sampo bayi. Sampo bayi memiliki pH yang mendekati pH normal air mata dan juga lebih encer, hal ini menyebabkan jika mata Anda terkena sampo bayi, mata Anda tidak terasa perih.
  1. Gunakan pelindung mata.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Burns to the Eye. http://www.webmd.com/eye-health/tc/burns-to-the-eye-topic-overview Diakses pada 21 Juli 2017.

Burning Eyes: Causes And How To Get Relief. http://www.allaboutvision.com/conditions/burning-eyes.htm Diakses pada 21 Juli 2017.

Burning Eyes: Causes, Symptoms, and Treatment. http://www.eyehealthweb.com/burning-eyes/ Diakses pada 21 Juli 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh dr. Elita Mulyadi
Tanggal diperbarui 04/09/2017
x